MANFAAT TEMBAKAU DAN PLUS MINUS MEROKOK

Assallamu’allaikum mass n’ miss semua-mua.
Jumlah perokok di indonesia semakin banyak saja dewasa ini , padahal berbagai peringatan akan bahaya merokok sudah tidak kurang didengungkan oleh pemerintah ,dan mewajibkan para pengusaha rokok untuk mencantumkan bahaya merokok di setiap bungkus atau kemasan rokok…( padahal di di lain sisi ,rokok adalah salah satu penyumbang tertinggi pendapatan pemerintah lewat cukai rokok).
* Kalo rokok dilarang, pabrik rokok di tutup => ribuan
buruh di PHK, banyak rakyat semakin miskin?
itu hanya alasan para perokok saja. Menang nya yang memberi
rejeki itu para pabrik rokok?
*  Tembakau hanya bisa di olah untuk membuat rokok?
itu sih hanya alasan para perokok saja!

image

Terus apa dong kegunaan tembakau kalo ga cuma buat rokok?
Pasti nya Justru jauh lebih baik dan bermanfaat daripada
untuk membuat rokok.
Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui Nicotiana Tabacum atau yang dikenal sebagai tembakau sebagai bahan baku utama rokok, dan tentu saja banyak yang menganggap daun ini hanya memiliki dampak negatif.
Karena ketidaktahuan ini, sering kita mendengar para petani tembakau yang demo ketika pemerintah mencanangkan pengurangan rokok atau anti rokok.
Tapi tahukah mass bro semua, sebenarnya ada banyak manfaat lain dari daun ini tembakau ini, dan berikut diantaranya:
1. Hasilkan Protein Anti Kanker
Tembakau tidak selalu berkonotasi negatif sebagai penyebab kanker, ternyata tanaman tersebut dapat pula menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker, kata peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),
DR Arief Budi Witarto MEng, demikian seperti dikutip Antara.
“Protein dibuat oleh DNA dari tubuh kita, kita masukkan DNA yang dimaksud itu ke tembakau melalui bakteri, begitu masuk, tumbuhan ini akan membuat protein sesuai DNA yang dimasukkan. Kalau tumbuhan itu panen, kita dapat cairannya berupa protein,” katanya.
Selain untuk protein antikanker, GSCF, ujarnya, bisa juga untuk menstimulasi perbanyakan sel tunas (stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang sudah rusak.
Mencegah kanker mulut rahim :Tembakau mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi antibody terhadap human papilloma virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.
2. Melepaskan Gigitan Lintah
Manfaat tembakau, selain bisa diekstrak dan diambil bagian tertentu seperti nikotin yang digunakan di berbagai macam produk baik makanan maupun minuman, tembakau juga bisa kita gunakan untuk melepaskan gigitan lintah kalo lagi di dalam hutan, tembakau juga bisa digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk serangga. Serangga aja mati …. pantes aja kalo manusia bisa mati karenanya…waduhh…
3. Obat Diabetes & Antibodi
Para ilmuwan berhasil menggunakan tembakau yang dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi obat diabetes dan kekebalan tubuh. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal BMC Biotechnology, awal Maret lalu.
4. Anti Radang
Ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian Eropa berpartisipasi dalam proyek bertajuk “Pharma-Planta” yang dipimpin Profesor Mario Pezzotti dari Universitas Verona itu. Mereka membuat tembakau transgenik yang memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang ampuh. Cytokine adalah protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar aktif.
Kode genetik (DNA) yang mengode IL-10 ditanam dalam tembakau, lalu tembakau akan memproduksi protein tersebut. Mereka mencoba dua versi IL-10 yang berbeda.
Satu dari virus, yang lainnya dari tikus. Para peneliti menemukan, tembakau dapat memproduksi dua bentuk IL-10 itu dengan tepat. Produksi cytokine yang aktif cukup tinggi, yang mungkin dapat digunakan lewat proses ekstraksi dan pemurnian.
Langkah selanjutnya, IL-10 hasil tembakau itu diberikan kepada tikus untuk meneliti seberapa efektif ia membangkitkan kekebalan tubuh. Penelitian menggunakan IL-10 hasil tembakau dalam dosis kecil dapat membantu mencegah kencing manis atau diabetes melitus tipe 1.
Diabetes melitus tipe 1 atau diabetes anak-anak dicirikan dengan hilangnya sel beta penghasil insulin pada pankreas. Sehingga terjadi kekurangan insulin pada tubuh.
Diabetes tipe ini dapat diderita anak-anak maupun orang dewasa.
5. Obat HIV/AIDS
Tembakau juga bisa menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin. HIV adalah virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.
6. Pemelihara Kesehatan Ternak
Ekstrak tembakau (nikotin 1,68%) mempunyai potensi untuk membasmi cacing H. contortus. Sebagai akibatnya hasil pengobatan akan memberikan keuntungan bagi para pemelihara ternak, sebab kesehatan ternak tersebut makin baik.
7. Penghilang Embun
Tembakau bisa juga digunakan untuk menghilangkan “embun” pada kaca dalam mobil pada waktu hujan
dengan cara menggosokkan tembakau pada kaca tersebut.
8. Obat Luka
Untuk obat luka dipakai ± 25 gram daun segar Nicotiana tabacum, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. ditambah minyak tanah ± 25 ml diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka.
9.Sebagai Biofuel
Baru-baru ini, para peneliti dari Laboratorium Bioteknologi Universitas Thomas Jefferson telah mengidentifikasi beberapa teknik untuk meningkatkan kadar minyak nabati dalam daun tanaman tembakau, hal tersebut merupakan langkah awal dalam memanfaatkan tanaman ini untuk keperluan biofuel. Hasil penelitian mereka ini kemudian dipublikasikan di Jurnal Plant Biotechnology.
Menurut Vyacheslav Andrianov, Ph.D., asisten profesor di bidang Biologi Kanker di Lab. Jefferson Medical College of Thomas Jefferson University, tembakau dapat menghasilkan biofuel lebih efisien daripada produk pertanian lainnya. Namun, sebagian besar minyaknya hanya terkandung di dalam biji/ benih tembakau (sekitar 40 persen minyak per berat kering).
Meskipun kandungan minyak nabati biji tembakau telah diuji dan dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel, namun produksi biji tanaman tembakau masih sangat rendah, yakni sekitar 600 kg biji per hektar. Dr Andrianov dan rekan-rekannya kemudian berusaha untuk merekayasa gen penghasil minyak nabati biji tembakau ini
agar pembentukan minyak nabati pada tajuk tanaman tembakau seoptimal kadar minyak dari biji tembakau. bisa jadi alternatif energi ngurangin global warming.

Tuh kan banyak banget manfaat tembakau, dan berikut alasan iseng para perokok :

1. Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah merokok.
2. Menghindarkan dari perbuatan jahat karena tidak
pernah ditemui orang yang membunuh, mencuri dan
berkelahi sambil merokok…..tapi mungkin aja habis
membunuh merokok ataupun sebelum membunuh
merokok dulu…(maksa banget kalo ini ).
3. Baik untuk basa-basi / keakraban
Kalau ketemu orang misalnya di Halte, kita bisa tawarkan rokok. Kalau basa-basinya tawarkan uang kan nggak lucu.
4. Memberikan lapangan kerja bagi buruh rokok, dokter, pedagang asongan dan perusahaan obat batuk..( ada mental sosialnya juga rupanya ).
5. Membantu program KB dan mengurangi penyelewengan karena konon katanya merokok bisa menyebabkan impoten.
6.Melatih kesabaran dan menambah semangat pantang menyerah karena bagi pemula merokok itu tidak mudah, batuk dan tersedak tapi tetap diteruskan (bagi yang lulus).
7. Untuk indikator kesehatan
Biasanya orang yang sakit pasti dilarang dulu merokok. Jadi yang merokok itu pasti orang sehat.
8. Menambah kenikmatan
Sore hari minum kopi dan makan pisang goreng sungguh nikmat. Apalagi ditambah merokok!
9. Anti maling, waktu perokok batuk berat di malam hari..maling akan mengetahui kalau penghuni rumah masih melek.
10. Lebih gaya dan percaya diri kalau merokok.
Film Koboy pasti lebih gaya kalau merokok sambil naik kuda…dan pasti jagoan…( emang kamu koboy… koboy junior kali bro).
11. Bagi yang berjiwa seni, rokok adalah teman sejati mencari inspirasi.

image

Saya sih nggak ngelarang mass bro untuk tidak merokok, lha wong saya sendiri juga perokok…lagian saya juga bukan dokter.

Nah, jika massbro juga perokok aktif, apa sih alasan mass bro merokok ?

Powered by : m2000 production

Iklan

14 tanggapan untuk “MANFAAT TEMBAKAU DAN PLUS MINUS MEROKOK”

  1. aku sedang berusaha stop merokok…
    wis mulai jauh (kalau dulu sehari semalam habis 2 bungkus surya 16,kini sebungkus saja nggak habis)

    Suka

  2. Alasanny sudah terjebak mas bro…hahaha dh pernah brenti 2x slma 2 bln tetep aj balik lg…manfaat memang sedikit tapi yah memang begitulah ciri khas negara berkembang,butuh doping buat cari cara untuk maju,wkwkwkw ngeles lg

    Suka

  3. sadis. tembakau banyak manfaatnya. cuma cara mengolahnya yg keliru. kalau diolah jadi asap, tembakau justru bikin orang jd sakit. asap rokok bikin anti kanker. lalu dokter ramai isap asap rokok. perokok pasif lalu isap kembali asap yg berterbangan. sadis bener.

    Suka

  4. Tadi pagi baca artikel kaya gini tapi mau di share ga bisa,eh nemu lagi,izin share ya.
    Saya dan keluarga(bapak dan adik2 saya) alhamdulillah ga ada yang merokok,sampe kadang2 ada orang heran Kok bisa ya sekeluarga ga da yg merokok.

    Suka

  5. Halaahh … dampak positif yang nggak banget .. nggak perlu tembakau juga ada kok bahan lain yg fungsinya sama . Contohnya aja melepaskan gigitan lintah, pake aja garam . Gitu aja kok repot … Kalau anda (dan anda perokok) menyetujui dampak positifnya itu wah ..selamat deh anda pecandu rokok berat dan selamat menikmati masa tua yg sakit2an

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s