Assallamu’ allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Seperti kita ketahui…di berbagai media lagi hangat-hangatnya memberitakan tentang demo burung buruh di jakarta…sepertinya ini adalah agenda tahunan bagi para buruh untuk menyuarakan haknya…lha piye to…lha wong UMR udah tinggi kog minta dinaikkan lebih tinggi lagi…yahhh…namanya juga manusia massbro…pasti akan selalu merasa kurang..
Perlu diingat bahwa semenjak JOKOWI menjadi gubenur DKI, UMR jakarta tahun 2013 naik kisaran 40% dari tahun 2012..dari 1,6 jt menjadi 2,2 jt …
Kenaikan ini menjadi kenaikan terbesar dalam 10 tahun terakhir…walaupun berjalan alot sebelumnya ….biasanya kenaikan di kisaran 10-15%.
Dan kenyataan itu dirasakan buruh masih dibawah standart jakarta……oalahhh… yen nuruti buruh yo raono entek’e.
Dalam beberapa hari terakhir Konfederasi Serikat Pekerja
Indonesia (KSPI) terus menyuarakan tuntutannya perihal kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) sebesar 50 persen pada 2014. Artinya UMR jakarta 2014 harus minimal 3,7 juta.Jika tuntutan tersebut tidak dipenuh, KSPI bersama dengan konfederasi buruh
lainnya mengancam melakukan demo besar-besaran pada bulan ini dan oktober  mendatang.
Menurut Presiden KSPI Said Iqbal ancaman demo besar-besaran akan dilakukan selama tiga gelombang.
“Puncaknya rencana mogok nasional akan diikuti sebanyak 3 juta buruh pada Oktober atau November
mendatang dengan isu naikan upah minimum 50 persen,” tegas Said melalui keterangan tertulisnya.
Said menjelaskan, tuntutan kenaikan upah sebesar 50 persen itu telah melalui perhitungan tepat. Salah
satunya berdasarkan perhitungan turunnya daya beli buruh sebesar 30 persen terhadap kenaikan upah tahun
lalu karena kenaikan harga bahan bakar minyak, inflasi kebutuhan pokok 10 persen yang meningkat dua kali
lipat, serta pertumbuhan ekonomi.tahun depan sebesar 6,2 persen.
“Maka totalnya dari ketiga indikator tadi menjadi 46,2 persen. Sehingga wajar buruh menuntut kenaikan UMP
sebesar 50 persen, yang sesungguhnya hanya untuk mempertahankan daya beli buruh,” ungkap Said.
Menanggapi itu Wagub Basuki ….alias ahok tidak bisa berjanji bisa memenuhi tuntutan tersebut.
Ahok menambahkan bahwa jika itu tetap dilakukan maka diprediksi banyak perusahaan kecil yang akan gulung tikar…diperkirakan puluhan ribu buruh akan di PHK masal.
Mmmm…menurut masshar sih masuk akal..untuk perusahaan kecil alias karyawan tidak lebih dari 50 orang ini sangat memberatkan…rata-rata pemilik adalah perorangan atau perusahaan keluarga yg notabene nya blm main saham.
Sebagai contoh nyata masshar punya temen yg bekerja di ibukota..pada tahun 2012 gaji pokoknya 1,8 jt…artinya sekitar 200rb diatas UMK.
Setelah kenaikan UMK menjadi 2,2 jt..ternyata perusahaan tempatnya mencari nafkah menyatakan tidak sanggup membayar sebesar itu…artinya dia dibayar dibawah standar hidup layak…berbanding terbalik kan..???..ya udah…daripada nganggur merantau…jalanin dulu aja sembari nyari kerja yg lbh baik…yupz…semangat massbro..
Contoh nyata lagi adalah saudara masshar sendiri yg bekerja di pabrik TV bekasi…biarpun UMR jg masih diatas rata-rata , tapi temen-temennya udah banyak yang di PHK…dan ternyata lemburanpun semakin dikit dan isunya malah dihapus…padahal tahu sendiri kan…di jakarta tanpa ada tambahan uang lembur…hidup semakin susah bro….semua jg butuh kehidupan yang layak…menjadi lebih baik lagi…

image

Oke massbro …itu hanyalah contoh sebagian kecil kehidupan kaum buruh di ibukota..
berikut sebagai perbandingan :
1.UMR jakarta naik …orang berbondong-bondong ke jakarta…walaupun …bayangkan UMR solo aja tahun ini masih di bawah 1 jt…jogja…sama aja ..beda tipis…( ini kl standar worker lho ya..kl yg punya ijasah sarjana beda lagi ).
2.UMR jakarta naik..sebagian buruh sejahtera.
3.UMR jakarta naik…PHK massal…
4.UMR jakarta naik…mmmm…pengangguran tambah banyak…lha wong banyak PMA yg takut berinvestasi di indonesia ( jakarta ).
5.UMR jakarta naik…harga pokok pasti naik gila-gilaan…ingat mass bro ibukota jakarta adalah barometer ekonomi di negri ini.

Nah….dari beberapa kesimpulan diatas bisa diartikan bahwa UMR yg naik pesat/terlalu besar tidak serta merta menyelesaikan masalah…

Kalau menurut masshar sendiri, UMR tidak naik gak apa-apa…ASALKAN
1.harga kebutuhan pokok tidak ikut naik, kalau bisa diturunkan.
2.biaya kesehatan dijamin pemerintah
3.biaya pendidikan murah…syukur-syukur gratis..minimal sampai setingkat SMU.
4.silahkan ditambahi….

Gimana massbro…punya opini atau pendapat lain..? ? ? ….

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan berikanlah masukan atau kritikan yang membangun.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

43 responses »

  1. Otoradians berkata:

    wahh, bukannya barang2 di Jakarta relatif murah ya?
    Cuma mungkin sayur2 aja yang mahal

    http://otoradians.blogspot.com/2013/09/7-anggapan-yang-salah-dari-pemilik-motor.html?m=1

    Suka

  2. utami newseries berkata:

    Artikel yg ini menarik mas bro….. Menarik saya untuk bertanya Heheee….
    Klu mas bro di jakarta opininya msh sm ngga yaaaa….???

    Suka

  3. inline4 berkata:

    woooooo……….gitu to?

    Suka

  4. orong-orong berkata:

    sebenarnya yg namanya rejeki tidak perlu di hitung2, karena sudah diatur. untuk apa demo bikin kemacetan aja. kalau pengusaha pindah ke luar negeri mau apa lagi. banyak juga sarjana yg nganggur, lha buruh keahlianmu apa? ane dukung kalau soal outsorching.
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/09/07/siapa-yang-mau-isi-bensin-coba/

    Suka

  5. tqnku berkata:

    saya sbg buruh pabrik jg kurang stuju dgn tuntutan yang di dengungkan KSPI, so kenaikan UMR tidak menjamin kesejahteraan bagi buruh… bisa jadi ini akan jadi bumerang yang membunuh nafkah buruh…apalah artinya kenaikan UMR 50% tapi semua harga kebutuhan juga naik 50%, bagi buruh yang bekerja di pabrik besar mungkin masih bisa tersenyum tapi bagi buruh pabrik2 level menengah ke bawah & buruh-buruh kasar (kuli bangunan,pedagang asongan dll….bagaimana dia bisa menghidupi keluarga jika semua kebutuhan hidup juga naik….jadi kesimpulan saya adalah KSPI terlalu egois “mementingkan kesejahteraan kalangan buruh mapan tapi melupakan nasib buruh lain yang yang berada di ujung tanduk PHK”… kunci dari hidup layak adalah rasa bersyukur atas rezeki yang di terima, sedangkan jurang kehancuran adalah akhir dari sikap “tamak”

    Suka

    • masshar2000 berkata:

      wah..mantab ulasannya…kita sepemikiran ..KSPI terlalu egois untuk menuntut upah yg terlalu besar…bagaimana jika mereka yg punya usaha…ini kasusnya gak beda jauh ama kasus waduk pluit yg melibatkan HAM kemarin…cuman beda topik aja.

      Suka

  6. sinjo berkata:

    masalahnya “ASALKAN” itu yg tdak jelas….
    coba kalo misalnya umr gak naik tp bbm pertengahan taun malah naik lagi trus sdah pasti sembako,rumah sakit,sekolah,rumah tinggal bakal ikut naik. opo ra mumet ndase?
    soalnya tdk ada yg brani menjamin kebutuhan di atas tdk akan naik tahun dpan apalagi pemprov dki, pemerintah pusat juga mlengos kalo di susuh jamin th dpn kebtuhan di atas tdak naik!!!! piye hayo….

    Suka

  7. masshar2000 berkata:

    sori ada “miss ” disini…yg saya maksud kenaikan yg besar 50% jadi 3,7jt itu….kl naik sih pasti tiap tahun jg pasti naik…tapi standart…saya tulis artikel ini jg sudah saya tanya ke beberapa teman di perusahaan yg berbeda…dan ternyata byk yg tdk setuju dgn kenaikan yg terlalu besar…alasannya ya sama..tentang PHK masal ..gampangnya mending naik dikit tp tdk “deg-degan ” soal PHK…apalagi yg sudah berkeluarga dan umur sdh tidak muda lagi…nyari kerjaan lagi kan susah… ..kl mau usaha sendiri …tdk semua orang punya modal dan tdk semua orang berbakat jadi pengusaha…btw thx sudah mau beropini.

    Suka

  8. Mas Huda berkata:

    pemerintah jadi galau

    minta like atau komentar panjenengan semua, setiap like atau komentar yang anda berikan akan memberikan kesempatan mendapatkan motor TVS Apache

    Suka

  9. toyomaron berkata:

    q asal jawa merantau di papua bro.
    tepatnya di abepura jayapura papua.
    ump disini aja 1,7sekian. padahal tau ndiri kebutuhan biaya hdup disini bagaimana.mahal masbro.
    nasi telur rata2 10rb
    kalo ayam ada yg 15 – 20rban
    es teh 5rb
    bakso 10 – 15rban
    bayangin shari makan 3x mkan paling murah anggap aja 10rb.
    minum aer putih biar gratis.kalo sebulan berapa? mau masak juga sayuran ma sembarang kalire larang.
    tapi disini gak ada demo2 naek gji bro.anteng2 aja.bbm naek aja gak rame kyak dijawa.
    kalo umr jakarta jadi naek sgitu, egois bget yg demo. investor kabur, phk masal, mampus. tobat ko. mau kaya punya usaha sendiri.

    Suka

  10. masboy berkata:

    iroisnya yg demo rata2 pke mtor mahallll nkluaran ter baru…bahkan kuat untuk beli aksesoris mtor … pke knapot racing pula,..pdhl bensin mhal…aplagi klo perokok tmbah bnyk suit yg di buang2…ckckckckckck….
    ump naik seperti bkn untuk khdupan tp trlhat sprti tuntutan gaya hidup n gengsi smata…..

    Suka

  11. johan berkata:

    Mungkin cari kerja tambahan juga bisa membantu mas, dulu juga bapak sy gajinya hanya 1jt di thn 2007 di sebuah CV udah kerja 20thn di sana.. Bapak sy di bantu sama CV utk uang muka rumah BTN thn 1994 .. Kalo di hitung2 itu semua pas2an , krn sy 2 bersaudara.. Sampai akhirnya ibu sy buka usaha jahit di rumah, juga jual kue bawang, kue pelintiran, kue cakar ayam.. Jadi tiap malam sy dan bapak sy nitip di kios2 .. Jadi ada bantuan kemasukan kami juga sangat berhemat .. Sampai akhirnya sy lulus SMK thn 2009 dan sy langsung kerja di bengkel, dari tabungan ortu itu sy beranikan diri utk jadikan modal usaha, dan juga gadai rumah satu2nya ini ke bank utk pinjaman tambahan modal usaha.. Yah bersyukur smuanya sudah terlewat, 3th ini sudah mulai ada nafas bagi keluarga saya.. Kalau bisa tinggalkan rokok dan hdup santai .. Thx mas semoga berguna (‾ʃƪ‾)

    Suka

  12. IDMaspur berkata:

    Wah saya dibawah sendiri nich..?? Mau komentar apa ya….Mmmmm…Jadi serba susah nich..?disisi lain ada yg bilang harga bahan pokok semua mahal,disisi komentar lain yg demo pada naik moge..?
    Zaman sekarang susah sekali cari pekerja yang injeh? Bayaran murah kerja lelet,bayaran mahal klo main harian di ulur-ulur?
    Ya….ada baiknya teliti dan cari karyawan yang suka demo,lalu dipecat!
    Jadilah orang jawa yang selalu nerimo sperti zaman dahulu,meskipun zaman dah modern, nerimo bukan berarti kita harus bodoh tidak, diskusikan dahulu kepada pengusahanya itu sendiri, jangan yg kerja di pabrik kecil ikutan demo yang di perusahaan bonafid donk..?Elu kepecat nantinya?
    Jika bayaran 1 bulan sudah cukup untuk hidup sehari-hari,dan bahkan bisa nyelengi itu udah berkah! udah bisa beli motor untuk berangkat kerja dan ngantar anak sekolah alhamdulilah?:) Banyak pengusaha ditahun 2013 ini yang gulung tikar,ini malah demo minta gaji naik 😀
    nanti bisa bosnya yang jadi gelandangan,bukan buruhnya.

    Kerjalah yang rajin dan diiringi rasa besyukur dan berdoa, insya Allah, tuhanmu akan memberkahi apa yang kamu perolah,sebesar dan sedikit apapun,klo berkah sudah pasti cukup dan bermanfaat untuk semua orang,khususnya keluarga ( Amin )

    Wes mas,kepanjangan komenku..:D

    Suka

    • masshar2000 berkata:

      hahaa…yg panjang lebih asik ( eh yg belang ya..)….nerimo ing pandum massbro…salah satu ciri orang yg beruntung adalah orang yg pandai bersyukur…menjadi selayaknya manusia seutuhnya …itu aja cukup…dan lebih dari cukup menurut saya…kuncinya ya itu tadi “bersyukur “.

      Suka

  13. gc133hijrah berkata:

    Ane juga buruh,
    gaji pokok, 2,4jt.
    Cicilan rumah 800an, ane maksain ambil rumah, karna cape ngontrak2 terus.
    Cicilan motor ane,
    Belum lagi keperluan makan dan sekolah…
    Ongkos…????
    Entahlah… Hanya Allah yg atur.
    Ane dukung perjuangan buruh itu.
    Tp ane juga ga tega sama para pengusaha….
    Kurang…?? Jelas
    tapi minta lebih juga ga tega….

    Suka

  14. gc133hijrah berkata:

    Ane juga buruh,
    gaji pokok, 2,4jt.
    Plus lemburan ini, itu total 3jt
    Cicilan rumah 800an, ane maksain ambil rumah, karna cape ngontrak2 terus.
    Cicilan motor ane,
    Belum lagi keperluan makan dan sekolah…
    Ongkos…????
    Entahlah… Hanya Allah yg atur.
    Ane dukung perjuangan buruh itu.
    Tp ane juga ga tega sama para pengusaha….
    Kurang…?? Jelas
    tapi minta lebih juga ga tega….

    Suka

  15. masshar2000 berkata:

    dilema juga ya…..semua berhak berpendapat…dan mengajukan tuntutannya…
    mengutip kata2 bung karno : ” jangan bertanya apa yg negri ini berikan buat kita…tp tanyalah pada diri sendiri…apa yg sudah kita berikan buat negri ini ‘..

    Suka

  16. Aa Ikhwan berkata:

    yg disayangkan dr pemerintah saat ini memang gak bisa mengontrol harga2 pokok di pasar sehingga cenderung naik gak jelas.

    tapi ya begitulah kenyataan saat ini…serba salah, dilema ..mestinya peran pemerintahlah yg harus ajib 😀

    Suka

  17. Har berkata:

    Mungkinkah salah satu penyebab naiknya harga 2 di ibukota karena umr yang terus terusan naik?

    Suka

  18. masshar2000 berkata:

    kurang berpihak ke rakyat kecil…mengutip kata2 presiden beberapa waktu lalu..
    ” biarlah negara yg menanggung hutang..yg penting rakyat sejahtera ” …sepertinya gk terbukti.

    Suka

  19. frgoes87 berkata:

    kalo misal naeknya 10% engga 50% tapi kesehatan dan KPR disediakan oleh Pemkot saya rasa lebih fair… kan udah ada kartu jakarta sehat, terus bakal ada KPR murah juga… kalo naiknya ekstrem bakal banyak PHK ntar hehehe…. Salatiga malah ga mundak2 gajiku 😦

    http://frgoes87.wordpress.com/2013/09/09/newkia-impian-nokia-rasa-android/

    Suka

    • masshar2000 berkata:

      solo kisaran 10-13% kemarin naiknya…masalahnya yg dijakartanya…soalnya yg bikin kebijakan di negri ini kan orang2nya di jakarta….baromater ekonomi pusatnya di jakarta je…pd mikir gak ya mrk…harga sembako kan sama..beda tipis..kl buruh jakarta bisa beli …blm tentu yg daerah bisa beli…lha wong UMR jg bedanya jauh bgt…

      Suka

  20. wijaya11 berkata:

    yaudah deh tinggal nunggu perusahaan tutup dan melihat mereka yang berdemo2 itu jadi pengangguran nantinya…

    http://kusuma11wijaya.wordpress.com/2013/09/10/test-ride-pertama-nvl-handlingnya-super-sekali/

    Suka

  21. purnawano berkata:

    Reblogged this on CORETAN BAMBANG and commented:
    bagus

    Suka

  22. izkur berkata:

    MasaAllah .. Jangan lah , masa” naik hingga 3,5jt sbelum nya 2.2jt.. sangat serahkah sekalu lah bikin kacau saja.. Kasihan Perusahaan juga Dunk…
    Saya Juga seorang buruh bekerja di PT, tempt di Surabaya. Alhamdulilah msih 1.850jt.

    Buat Sya Lho Yah : ) UMR 2.7 Jt relatif Cukup Itung2 dampak Dri BBM Naik, Yang Terpenting PEMERINTAH Bisa Melakukan 4 Hal :

    1. Sembako Bahan makanan Pokok harus di tetpkan agar tidak naik harganya.
    2. Fasilitas Kesehatan yg Murah Terjamin Bisa terjangkau buat miskin saudara kita.
    3. Fasilitas Sekolah2 perlu biaya Murah, agar Semua pengeluaran sangat mungkin di minimum
    4. Yang terpenting , Pemerintah Memberlakukan Anggaran / Pajak Semua Perusahaan Harus Dipangkas Lebih dari yang sudh pajak. Untuk Memfasilitasi 4 Hal Tsb.

    InsyaAllah TOOOK cEEErrr… : )

    Semua Memang tidak gratis, Hnya meminimkan Saudara kita yg kurang mampu. yh lebih GRATIS Juga ndk papa hehhe. kn dapat Pahala tuh Pemerintah, Supaya Lulus Tanggungan di pertanyakan nya di akhirat Kelak ,.. Allahu”allam Bishowwab.

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s