Iklan
Oleh: masshar2000 | 29 November 2013

HUKUMNYA MENAMBAHKAN NAMA BELAKANG

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

m2000 – Massbro jika kita sering perhatikan akhir-akhir ini kita sering mendengar pemberitaan yang sepertinya sudah banyak dilakukan bahkan di lazimkan tentang penggunaan nama dibelakang nama aslinya…khususnya bagi wanita yang sering menggunakan nama belakang dengan nama suaminya.
”  HATI-HATI PENISBATAN NAMA ”
Dan kejadian ini tidak hanya dilakukan oleh wanita non muslim.
Banyak wanita muslimah setelah menikah, lalu menisbatkan namanya dengan nama suaminya, misalkan: Rina menikah dengan Gunawan,
kemudian ia memakai nama suaminya sehingga namanya menjadi Rina Gunawan.

Bagaimana hukum Islam mengenai perihal penamaan ini?

Dalam ajaran Islam, Hukum Penamaan adalah hal yang penting. Setiap pria ataupun perempuan hanya diperbolehkan menambahkan “NAMA AYAHnya” di belakang nama dirinya dan mengHARAMkan menambahkan nama lelaki lain selain ayahnya di belakang namanya, meskipun nama tersebut adalah nama suaminya.
Karena dlm Islam, nama lelaki di belakang nama seseorang berarti keturunan atau anak dari lelaki tersebut….Sehingga, tempat tersebut hanya boleh untuk tempat nama ayah kandungnya sebagai penghormatan anak terhadap orang tua kandungnya.
Berbeda dgn budaya barat, seperti istrinya Bill Clinton: Hillary Clinton yang nama aslinya Hillary Diane Rodham; istrinya Barrack Obama: Michelle Obama yang nama aslinya Michelle LaVaughn Robinson , atau di indonesia sendiri Ani Yudoyono…si ibu negara kita , yang nama aslinya adalah Kristiani Herrawati.

image

            foto : SBY muda dan Ani

Hadist mengenai perihal penamaan ini sangat SHAHIH. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa yg mengaku sebagai anak kepada selain bapaknya atau menisbatkan dirinya kpd yg bukan walinya, maka baginya laknat ALLAH,
malaikat, dan segenap manusia.
Pada hari Kiamat nanti, ALLAH tidak akan menerima darinya ibadah yang wajib maupun yang sunnah” (HR. Muslim dlm al-Hajj (3327) dan Tirmidzi).
Dan inipun juga sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an :

Allah berfirman yang artinya :

Panggilan mereka dengan menasabkan mereka kepada ayah mereka. Itulah yang lebih adil di sisi Allah. ” (QS al Ahzab:5). ..
Berdasarkan penjelasan di atas maka tidak diperbolehkan menasabkan seorang wanita kepada suaminya sebagaimana kebiasaan orang-orang kafir dan kebisaan sebagian kaum muslimin yang suka ikut-ikutan dengan ciri khas orang kafir”.

* Kata Mutiara Hari Ini *

” “Gajah mati meninggalkan gading, manusia meninggalkan nama…nama baik lebih berharga daripada kekayaan

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Iklan

Responses

  1. Oooow… Ngono to….
    Para istri pejabat.. Politisi… Seleb… Pokoke sing rumongso bojone wong penting harus baca nih… Koyone sih Banyakan dr kalangan mereka soale…
    klu buat pr istri yg suamine biasa” aja… Boro” kepikiran ngikutin nama suami di belakang namane… sing penting rukun duit blonjo ora mandeg kuwi luwih penting….
    # biasanya kan klu mengikutkan nama suami atau keluarga suami dho di sahkan secara hukum… itu jelas hukume.. Mboten pareng… Lha yen gur sekedar buat nama panggilan piye hukume… Podo ora…?? Misale sebut saja namanya melati.. Duwe bojo bejo… Terus di panggil bu bejo…
    Yen ngono kuwi piye…??

    Ngapunten rodo dowo… Heheee…

    Suka

    • ya gak apa-apa…biasanya itu kan yang nyebut orang lain.

      Suka

      • Terus kalo suami sy abdurrahman lalu saya sebut diri saya Mrs.Abdurrahman bgmna?

        Suka

  2. Ngaji maneh,juoozz..

    Suka

  3. Ow gitu omm………salam peace klo gitu

    Suka

  4. wuih juooost….

    http://belalangmerah.wordpress.com/2013/11/29/suzuki-extrigger-sebuah-motor-konsep-bertenaga-listrik/

    Suka

  5. weleh, jadi ikutan marga suami
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/11/29/hukum-chating-dengan-bukan-mahrom/

    Suka

  6. Iua saia jg pernah dpt info begini, lsg tak larang bojoku pake namaku…biarlah yg lain yg memakainya *eh..
    Btw bu ani seksi ya dulu..slurrpp
    http://kobayogas.com/2013/09/28/old-vixy-lebih-tinggi-dari-z250-mosookk/

    Suka

  7. Tp yen mengganti nama dgn nama suami atau keluarga besar suami kan bukan berarti menghilangkan nasab atau garis keturunan.. Bukane itu sekedar ganti nama om…?kecuali dia menghilangkan nasab dgn memakai nama orng yg bukan ayahe… Misale nama ayahe jono dia pake nama belakng binti joni … setauku itu yg ngga boleh…
    klu sekedar ganti nama … Misale mulan jamilah.. Menikah dgn jumadi.. Terus Mengganti nama dgn mulan jumadi… Tp kan klu dlm islam tetep aja di sebute mulan jumadi binti nama bpke.. Bukan mulan binti jumadi……
    sm aja dgn ank yg sakit”an terus di ganti namane… Atau artis yg ganti nama ben ora ketok ndeso…
    Ngapunten lho om… Kayanya kita beda persepsi dgn nama belakang… Heheee…

    Suka

    • ..kan jelas sudah diterangkan….emang gak menghilangkan …tp itu adalah penghormatan kepada ayah..ada kog hukumnya juga….di artikel tidak aku sertakan….lagian kenapa gak menggunakan nama bapaknya…bukankah lebih syar’i….

      Suka

      • Oow… Jd tau…
        Harap maklum om.. Pingin tau Akibat ketidaktauan…..

        Suka

      • dimaklumi…wkwkwkkk

        Suka

      • Weeh…. Tertawa bahagia om..? Turut bahagia ya.. Bahagiamu bahagiaku juga… Wwkwkwkwkkik…

        Suka

  8. Sby waktu muda kok lucu yak?

    Wah, gitu toh. Utg keluargaq tidak.

    http://wongndeso1994.wordpress.com/2013/11/29/motivasiin-pictures/

    Suka

    • lucu gimana…sangar gitu…akik’e gede-gede

      Suka

  9. bu ani waktu masih muda cantik juga ya 😀

    Suka

  10. panggilan bu joko, bu rosidin, bu ahmad, bu haryanto dll (nama suami yg disebut) apakah juga merupakan penisbatan yg salah?

    Suka

    • kl itukan panggilan dr tetangga…kadang kan pake nama anaknya.. anaknya bernama ayu…dipanggilnya ibu ayu…tentu ini beda persepsinya.

      Suka

    • tapi kan mau-mau aja dipanggil

      Suka

      • ya masa kl dipanggilnya baik-baik mau marah…gak lucu kan

        Suka

  11. nah kalo
    nama ortu laki-perempuan digabung.

    contoh :
    faradisa salsabila “AmaRA”

    (alimaksum-Rafanda)

    itu bagaimana hukumnya?
    mohon bantuannya……

    Suka

  12. Lalu bagaimana dengan sekarang nama yg di beri nama yg mencantumkan nama belakang ayah nya..dan kemudian seorang ibu menghilangkan nama belakang seorang ayah di nama belakang anak nya.. karna alasan sudah berpisah…

    Suka

  13. Di hadist di jelaskan “atau menishbathkan selain wali nya” bukan kah setelah menikah walinya seorang wanita adalah suami nya?

    Suka

  14. Assalam’mualaikum.wr.wb
    maf ustad saya mau tanya kalo kita tambahkan nama ayah tiri pada anak itu hukumnya gimn ya?…
    Soalnya nama dari adik2 ny ada nama ayahnya saya bermaksut tidak ingin membedakan takut ada pertanyaan karna sianak tidak tau klo itu ayah tiri karna ayahnya sudah meninggal sejak ia masih kecil. Tapi kelak jika dia menikah bintinya tetap saya pakai nama ayah kandungnya kok ustad.
    terima kasih.
    wassalam’mualaikum.wr.wb

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: