MASANGIN – misteri beringin kembar alun-alun jogja

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

m2000 – Massbro…tahu malioboro…stasiun tugu..klik ini jika belum tahu :
https://masshar2000.wordpress.com/2013/11/11/benarkah-logo-yahudi-ada-di-jogja/
…atau kaos dagadu ( matamu )…nah itu nama-nama ikon jogja.

image

Namun ada lagi yang perlu massbro dan miss bro tahu juga yaitu beringin kembar..yaitu beringin yang ada di alun-alun jogja….tepatnya di alun-alun kidul jogja.
Menurut sejarahnya..dahulu di Alun – Alun ini terdapat sekitar 64 pohon beringin dan dua pohon yang berada di tengah dianggap paling keramat.
Di antara ke-64 pohon beringin ini, beringin di tengah alun- alunlah yang dianggap paling keramat.

image

Konon tidak ada seorang pun yang
berani lewat di antara kedua beringin di
tengah Alun-Alun itu.

Saat ini alun-alun kidul ( alkid ) selalu ramai dikunjungi muda-mudi dan anak-anak kecil ( sama orang tuanya yg jelas…hehe ) juga pedagang makanan terutama pada malam hari…bahkan selalu penuh sesak di malam minggu…tumpek blekodong-odong kabeh isine.

Selain berwisata kuliner malam hari disini..mass-miss bisa naik odong-odong tentunya.
Kalau waktu siangnya memang tidak begitu ramai… Biasanya orang yang datang ke Alun-alun ini melakukan sebuah permainan yang bernama ‘masangin.’
Permainan ini dilakukan dengan cara berjalan melintasi pohon beringin kembar… ini dilakukan dengan mata tertutup menggunakan kain.

Mitos masyarakat Yogyakarta tentang permainan ini adalah siapa pun yang berhasil melintasi pohon ini secara lurus berarti hati kita bersih.
Biasanya Alun-alun Kidul digunakan sebagai lokasi Sowan para abdi dalem Keraton pada malam ganjil ramadhan yaitu 23, 25, 27, dan 29 Ramadhan.

Masangin (dua beringin) awalnya berasal dari tradisi topo bisu yakni ritual yang dilakukan dengan berkeliling benteng pada malam 1 Suro atau hari jadi berdrinya Keraton Yogyakarta.
Kalau yang di solo …silahkan klik tautan ini :
https://masshar2000.wordpress.com/2013/11/05/malam-1suro-live-at-solo/
Aturan saat mengelilingi benteng termasuk melintasi beringin kembar ini, semua pelaku ritual harus dalam keadaan diam ( mbisu ).
Bagi masyarakat Yogyakarta , konon katanya ada semacam rajah atau jimat di antara kedua pohon beringin tersebut, apabila bala tentara berhasil berjalan di antara kedua beringin itu maka kekuatan musuh bisa hilang ( menurut legenda ).
Jimat tersebut memiliki fungsi yang sama dengan benteng Keraton hanya dalam bentuk gaib. Sayangnya…
makna budaya yang sakral tersebut kini bergeser dan hanya menjadi permainan untung-untungan saja…alias hiburan semata…yah ..namanya juga jaman sudah berubah massbro…

Mengenai asal mula pohon beringin kembar tersebut, terdapat berbagai versi sejarah yang terdapat didalamnya.
Ada yang mengatakan Sultan Hamengkubuwono I mempunyai putri yang cantik jelita yang membuat banyak lelaki terpikat akan kecantikannya serta ingin melamarnya.
Untuk itu, Sultan pun memberi.tantangan bagi siapa saja yang ingin melamar putrinya, yaitu harus melewati pohon beringin kembar dengan mata tertutup. Menurut Sultan, hanya orang yang memiliki hati baik dan tulus yang dapat melewati beringin kembar dengan mata tertutup. Konon, yang berhasil melewatinya dan menjadi menantu Sultan hanyalah Prabu Siliwangi.
Versi lain dari pohon beringin ini mengatakan beringin kembar digunakan sebagai pertahanan gaib untuk mengecoh pasukan Belanda yang ingin menyerang keraton agar mereka kehilangan arah.

image

Tata cara permainan Masangin :

1. Permainan Masangin dilakukan dengan cara posisi berdiri tegak lurus, sekitar 25 meter dari pohon beringin kembar dekat Gedung Sasana Hinggil.
2. Dalam keadaan mata tertutup kain hitam, badan pemain diputar lebih dahulu 360 derajat berkali-kali…biar mumet kali…hahaha…

image

3. Setelah dirasa cukup, tubuh pemain diarahkan pada posisi
lurus ke depan.
4. Setelah ketiga proses tersebut dijalankan barulah pemain mulai berjalan lurus menuju arah tengah pohon beringin kembar tanpa bantuan orang lain.

Mitos dalam permainan Masangin :

Jika peserta dalam permainan Masangin dapat berjalan tepat di tengah-tengah pohon beringin kembar dan mampu melewati dengan posisi lurus tanpa menabrak atau berbalik arah , maka dia akan mendapatkan
keberkahan dalam hidup.

Namun, jangan sekali-kali kita mencoba mengikuti permainan
ini dengan curang, yaitu dengan mengintip…konon jika hal ini dilakukan maka diri kita akan memasuki dunia lain, yaitu dengan mendapati diri kita di alun-alun dalam keadaan sepi sendirian, dan sulit untuk kembali ke alam nyata lagi….idihh..ngerih…

Konon katanya…bagi yang bisa melintas masuk di dua pohon beringin itu, maka kelak apa yang diinginkan
akan terwujud. Antara percaya dan tidak, tapi kenyataannya atraksi ini selalu saja menarik minat wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri.
Karena itulah seringkali di Alun-Alun Kidul ini diadakan lomba Masangin.
Resiko permainan Masangin adalah jika kita tidak berhasil karena salah arah, menabrak orang atau menabrak pedagang kaki lima …bisa jadi ditabrak odong-odong…. maka kitalah yang akan menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang yang melihatnya….hitung-hitung menghibur penonton…hehehe…

Oke massbro…anggap saja tradisi masangin ini sebagai hiburan saja…jangan ada lagi unsur klenik didalamnya…biarlah mitos atau legenda saja yang mengabarkannya.

* Kata Mutiara Hari Ini *

hidupmu tak seburuk yang kamu pikirkan dan masalahmu tak sebesar yang kamu takutkan…”

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Iklan

33 tanggapan untuk “MASANGIN – misteri beringin kembar alun-alun jogja”

  1. Pernah coba.. Beda doa beda hasilnya.. Percaya ngga percaya…. Sing berhasil aku percoyo, sing nubruk” percoyo ora yo…?? Heheee…
    Klu berhasil seneng ae krn banyak yg ngga berhasil… Klu ngga berhasil itung” menghibur jd bahan tertawaan yg lain…. Heheheee….

    Suka

      1. Weeh.. Doaku.. Semoga proposal pertama yg aku ajukan tentang proyek konspirasi di acc lho … Dan aku berhasil … Hehehee… Nah loe… Hehehee…

        Suka

  2. Bukannya memang dulu hutan beringin ya? Sebelum Sultan Hamengku Buwono I membangun Yogya, katanya dulu penuh pohon beringin. Makanya disana ada pasar Beringharjo, asal katanya beringin.

    Suka

  3. Permainan masangin..
    Konon kabarnya salah satu test calon prajurit di Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat di test lari dari kraton sampai sasono hinggil dengan MATA TERTUTUP..

    Benarkah demikian???

    Suka

  4. Kemarin pas suami aq bimtek di jogja.Ikutan nyobain jg tuh ngelewatin 2 pohon beringin dgn mata trtutup.Dan alhamdulilla bs lolos melewatinya.

    Suka

    1. wah…..anakku yg masih kls 4 SD langsung bisa sukses melewatinya, apa karena memang masih bersih hati ya?? belum mikir yg aneh-aneh, gitu? he..he….

      Suka

  5. Kadang kalo nongkrong disana suka nyobain, seru lah. Suasananya jg ga terlalu mistis 😀
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.com

    Terimakasih.. 🙂

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s