BELiLAH KESULITAN DENGAN SEDEKAH

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

m2000 – Kali ini kita akan membahas sebuah topik tentang keiklasan bersedekah…
Sedekah berasal dari bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu.pemberian yang.diberikan oleh.seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata.

”Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka
kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS An Nisaa : 114).

Mass dan miss …kita semua tentu sudah mengetahui bahwa kekayaan tidak akan membawa arti tanpa ada keberkahan.
Dengan adanya keberkahan, harta dan rezeki yang sedikit akan bisa terasakan mencukupi. Sebaliknya, tanpa keberkahan rezeki yang meskipun banyak akan terasakan sempit dan menyusahkan.
Agar rezeki yang Allah swt berikan kepada kita menjadi berkah, Rasulullah saw menganjurkan kepada umatnya
untuk memperbanyak sedekah.
Sabda Rasulullah saw, ” Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah ” .
Dalam hadis lain, Rasulullah saw menjelaskan, ‘’Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, ‘Ya Tuhanku,
karuniakanlah ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah’. Yang satu lagi menyeru.’‘Musnahkanlah orang yang menahan hartanya.
Banyak yang bilang kalau orang kaya sedekah itu biasa …tapi kalau orang miskin sedekah itu baru luar biasa…bisa jadi ada benarnya massbro…bayangkan disaat dirinya masih serba kekurangan …dia masih sempat bersedekah….
tapi ada juga pada saat miskin dia suka bersedekah tapi disaat sudah kaya dia jadi lupa bersedekah…banyak kasus tentunya.

image

Mass n’ miss , sedekah itu walaupun kecil tetapi amat berharga di sisi Allah
swt. Orang yang bakhil dan kikir dengan tidak menyedekahkan sebagian hartanya akan merugi di dunia dan akhirat karena tidak ada keberkahan. Jadi, sejatinya orang yang bersedekah adalah untuk kepentingan dirinya sendiri, bukan untuk Allah…sekali lagi ..untuk dirinya sendiri, bukan untuk Allah…Allah maha kaya.
Sebab, menginfakkan (belanjakan) harta akan memperoleh berkah, dan sebaliknya menahannya adalah celaka.
Dari segi bentuknya sendiri, sedekah sebenarnya tidak dibatasi pemberian dalam bentuk uang saja, tetapi sejumlah amal kebaikan yang dilakukan seorang Muslim, termasuk sedekah ,sebagaimana hadist dari Abu Musa r.a. berkata bahwa nabi
saw, “Tiap Muslim wajib bersedekah.”
Sahabat bertanya, “Jika tidak dapat?” Nabi menjawab, “ Bekerjalah dengan tangannya yang berguna bagi dirinya dan ia dapat bersedekah “.
Sahabat.bertanya lagi, “Jika tidak dapat,” jawab Nabi, “ Membantu orang yang sangat membutuhkan “.
Sahabat bertanya lagi, “Jika tidak dapat?” Jawab Nabi, “ Menganjurkan kebaikan “.
Sahabat bertanya
lagi, “Jika tidak dapat?” Nabi menjawab, “ Menahan diri dari kejahatan , maka itu sedekah untuk dirinya sendiri “.

Dari penjelasan hadist di atas, sedekah tidak mesti dengan hanya mengeluarkan sejumlah materi atau uang, tetapi semua amal kebajikan yang dilakukan seorang Muslim,
seperti menciptakan kebersihan lingkungan, bersikap santun, memberikan pendidikan agama kepada anak dan istri dan bahkan memberikan senyuman pun adalah sedekah (H.R. Baihaqi).
Bersedekah merupakan aktivitas seorang Muslim yang memiliki sifat keutamaan, karena ketinggian derajat seorang muslim ditentukan oleh sebesar dan sejauh mana ia
memiliki kepedulian dan kepekaan sosial kepada Muslim yang lainnya.

Mass dan miss semua…mari kita bersedekah semaksimal mungkin rezeki kita saat ini … sekarang juga ( semampu kita ), anggap saja ini adalah sedekah rapelan dari beberapa rezeki yang sudah diberikan Tuhan sebelumnya , namun ketika itu kita lalai atau lupa menyisihkan untuk sedekah agar kita tidak ketinggalan dengan rombongan-rombongan orang-orang yang sukses dari bersedekah.

So…tidak akan miskin seseorang dengan bersedekah , malah sebaliknya Allah akan menggantinya dengan rezeki yang tidak kita duga…salah satunya adalah kesehatan yang tidak ternilai harganya.
….Saat kita di masjid , jangan biarkan kotak infak lewat begitu saja didepan kita ……

image

* Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya. (HR. Bukhari) *

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

33 tanggapan untuk “BELiLAH KESULITAN DENGAN SEDEKAH”

  1. Semoga Tuhan menjadikan kita manusia yg ikhlas dlm memberi…
    Minimal memberi senyuman lah… Udah bikin yg senyum tambah manis… yg di kasih senyum seneng… Masih Dapat pahala….. Subhanalloh…..

    Suka

  2. banyak kejadian, bahwa kekaya’an membuat orang jadi pelit,,! Semoga kami bukan bagian dari mereka! Dan semoga kami termasuk orang-orang yang selalu bersyukur! Amin…

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s