JATUH KARENA HINDARI LUBANG – tuntut saja yang punya jalan

Assallamu’allaikum mass n’miss sadayana.

image

m2000 – Massbro…tentunya hampir setiap hari kita beraktifitas dengan yang namanya kendaraan operasional entah itu motor atau mobil.
Dan sebagai pengguna jalan, kita kerap kali dipersalahkan bahkan dicari-cari kesalahan, termasuk dituntut untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan marka atau rambu-rambu jalan…iya kan..???

Apakah pengguna jalan saja yang bisa dituntut jika bersalah ???

Ternyata tidak massbro  !!!
Sebagai warga negara dan di sebuah negara yang berlandaskan hukum, ternyata sebagai pengguna jalan raya kitapun bisa memperkarakan penyelenggara jalan yang membuat
kita celaka di jalan. …gampangnya yang punya jalan…biar simpel.
Bahkan kita dihalalkan mendapat kompensasi jutaan rupiah sekaligus mempidanakan penyelenggara jalan sesuai UU No 22/2009.

Sebagaimana tertuang dalam pasal 273 UU LLAJ/2009…sebagai pengguna jalan, kita berhak menuntut penyelenggara jalan, bila kita mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh kerusakan fasilitas jalan dan ketiadaan rambu lalu lintas. Misalnya ,pengendara motor terjatuh
akibat menghindari lubang di jalan. Kesalahan bukan pada pengendara saja, tapi penyelenggara jalanlah yang lalai memperbaiki fasilitas jalan.

image

Berikut pasal yang mengaturnya :

* Dalam ketentuan pidana pasal 273 ayat 1 disebutkan, setiap penyelenggara jalan yang tidak dengan segera dan patut memperbaiki jalan yang rusak yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam pasal 24 ayat 1, sehingga menimbulkan korban luka ringan atau kerusakan kendaraan atau barang dipidana dengan penjara paling lama 6 bulan atau denda paling banyak Rp 12 juta.

* Sementara dengan pasal 24 ayat 2 juga dapat menjerat pelaku pidana penjara paling lama 1 tahun jika mengakibatkan luka berat akibat kerusakan jalan raya, atau denda kepada penyelenggara jalan paling banyak Rp 24 juta.
Pada pasal yang sama ayat 3, pelaku dapat dipidana penjara paling lama 5 tahun jika menyebabkan pengendara
meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh jalan yang dibiarkan rusak tanpa perbaikan. Dalam hal ini pelaku juga bisa dikenai denda Rp 120 juta.

Ya ibaratnya pada beberapa kasus yang serupa misalnya : jembatan runtuh atau bangunan gedung yang roboh bukan karena bencana alam tentunya pihak kontraktor ikut berperan ..dan kalau dari investigasi terbukti lalai atau bersalah maka akan dikenakan sanksi pidana…bisa juga denda.

Bagaimana dengan ketiadaan dan kerusakan rambu-rambu ???

image

Tuntutan pidana dan denda pun siap menjerat penyelenggara jalan.
* Pada pasal 277 ayat 4 ,  menyatakan bahwa penyelenggara jalan yang tidak memberi tanda atau rambu pada jalan yang rusak dan belum diperbaiki sebagaimana dimaksud dalam pasal 24 ayat 2 ( baca pasal diatas * ) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 bulan atau denda paling banyak Rp 1,5 juta.

Kalaupun pemerintah atau petugas meminta kewajiban- kewajiban yang harus kita patuhi sebagai pengendara,
pemerintah juga punya kewajiban dan tanggung jawab kepada pengguna jalan.
Hal ini diatur dalam pasal 238 tentang kewajiban dan tanggung jawab pemerintah.
* Pada pasal 238 ayat 1 , mewajibkan pemerintah menyediakan atau memperbaiki pengaturan, sarana, dan prasarana lalu lintas yang menjadi.penyebab kecelakaan.
Dan pemerintah pun wajib menyediakan alokasi dana untuk pencegahan dan penanganan kecelakaan lalu lintas ( pasal 238 ayat 2 ).

Setelah membaca ini pasal diatas , kita sebagai pengguna jalan setidaknya mengetahui hak-haknya jika mengalami kecelakaan akibat jalan yang tidak layak berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam UU tersebut.

Bagaimana kecelakaan akibat gangguan infrastuktur ???

image

Kecelakaan yang disebabkan gangguan infrastruktur, seperti pohon tumbang yang menimpa pengendara motor, juga dapat menyebabkan instansi terkait
dituntut secara hukum.
” Pengendara motor yang tewas tertimpa pohon dapat menyebabkan instansi terkait, seperti dinas pertamanan, dituntut dan dimeja hijaukan.

Jadi agar seimbang harusnya pengendara mematuhi peraturan yang berlaku dalam berkendara dan pemerintah harus memerhatikan
keselamatan warga ,sementara polisi yang menjalankan aturan….klop kan kalau gini…???

Kalau menurut m2000 sendiri , semisal ada kecelakaan yang disebabkan oleh jalanan yang rusak, apakah ada korban jiwa atau luka2, sebaiknya polisilah yang membantu korban untuk mendapatkan ganti rugi dan bantuan hukum , dengan demikian bisa mengangkat citra kepolisian di mata masyarakat….bener ‘gak massbro…atau barangkali punya pendapat lain..???

* Kata Mutiara Hari Ini *

Kadang kala, jalan yang sedang kita lalui, tidak sepenting arah yang kita tuju “.

Wassallamu’allaikum..


÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

40 thoughts on “JATUH KARENA HINDARI LUBANG – tuntut saja yang punya jalan

  1. Bener bgt….
    Maaf numpang nyampah….
    Gembel bgt tuh pemerintah….
    Motor ane hancur… Gara2 jalanan bergelombang…. Terbang sekitar 1 meteran….
    Sampai akhirnya dijual murah-semurahnya….
    Sayang YLKI ga bisa mendampingi…

    Suka

  2. Nuntut..?? Di bantu polisi…? Hadeeh… Ngga salah tuh mas.. lha wong laporan kehilangan wae di jaluki duit kok.. Urusan karo polis ki UUD.. Ujung ujunge duit… Udah jatuh .. Sakit.. Motor rusak.. Urusan ribet isih kelangan duit..
    mending buat ke bengkel karo pinjet.. 🙂

    Suka

    • wah kl ini susah jg..soalnya blm pernah denger ada yg nuntut….harusnya sih lapor ke polisi…kalaupun salah alamat toh itu memang tugasnya polisi utk melayani masyarakat…minimal membantu….” harusnya “.

      Suka

  3. masshar bikin juga artikel terkait soal cara-cara pengajuan tuntutan itu. cari-cari info dulu mas biar kita tahu.

    suwun ngih

    Suka

  4. maunya sih begtu kang,tp thu sendiri dinegri ini birokrsinya compleks pake banget…..alih alih dpt kompensasi mlh dituntut blk……

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s