UMR JATENG dan DIY 2014

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

M2000 – Sebagai orang bayaran atau pekerja ataupun pegawai tentunya kita berharap mendapatkan upah yang layak…nah kategori yang layak itulah yang selalu menjadi polemik dari dulu sampai saat ini.
Tentunya para pekerja yang diwakili oleh SPSI akan memperjuangkan nasib buruh mati-matian…walaupun kadang ada nuansa politik bermain disini.
Perusahaan dalam hal ini pengusaha tentu juga akan berusaha menggaji buruh karyawan sesuai kemampuan perusahaan…nah kata sesuai kemampuan perusahaan ini yang perlu digaris bawahi.
Dan dimana-mana sama saja , ‘gak orang kebanyakan , ‘gak perusahaan kebanyakan ngomong gak mampu kalau ngomongin duit…ya ‘gak ?
… , ibarat orang mampu disuruh sedekah atau zakat susahnya minta ampun dan bilangnya gak mampu atau belum lapang…tapi disaat lebaran borong apa aja di mall dan gayanya kaya’ toko mas berjalan…

Oke deh mass dan miss semua…itu hanya sekedar opini pribadi saja kog.
Dan artikel sebenarnya hanya mau share aja besaran UMK / UMR JATENG dan DIY tahun 2014 ini.
Monggo disimak ,
Melalui Keputusan Gubernur Jateng Nomor 560/60 Tahun 2013 tanggal 18 Nopember 2013, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) Jawa Tengah tahun 2014.
Berikut rinciannya:

1. Kota Semarang – Rp 1.423.500
2. Demak – Rp 1.280.000
3. Kabupaten Semarang – Rp 1.208.200
4. Kendal – Rp 1.206.000
5. Kota Salatiga – Rp 1.170.000
6. Kota Pekalongan – Rp 1.165.000
7. Kabupaten Magelang – Rp 1.152.000
8. Kudus – Rp 1.150.000
9. Sukoharjo – Rp 1.150.000
10. Batang – Rp 1.146.000
11. Kab Pekalongan – Rp 1.145.000
12. Kota Surakarta – Rp 1.145.000
13. Cilacap Kota – Rp 1.125.000
14. Boyolali – Rp 1.116.000
15. Pemalang – Rp 1.066.000
16. Karanganyar – Rp 1.060.000
17. Temanggung – Rp 1.050.000
18. Kota Tegal – Rp 1.044.000
19. Kota Magelang – Rp 1.037.000
20. Klaten – Rp 1.026.600
21. Purbalingga – Rp 1.023.000
22. Pati – Rp 1.013.027
23. Blora – Rp 1.009.000
24. Banyumas – Rp 1.000.000
25. Jepara – Rp 1.000.000
26. Tegal – Rp 1.000.000
27. Brebes – Rp 1.000.000
28. Wonosobo – Rp 990.000
29. Rembang – Rp 985.000
30. Kebumen – Rp 975.000
31. Cilacap Timur – Rp 975.000
32. Sragen – Rp 960.000
33. Wonogiri – Rp 954.000
34. Cilacap Barat – Rp 950.000
35. Grobogan – Rp 935.000
36. Banjarnegara – Rp 920.000
37. Purworejo – Rp 910.000

Dari 37 kabupaten kota di Jawa Tengah ,  UMK tertinggi ada di kota Semarang ( Rp.1.423.500 ),dan terendah di kabupaten kota Purworejo dengan Rp.910.000.

UMK DI Yogyakarta

Berikut daftar UMK 2013 ( sebagai perbandingan ), beserta usulan dewan pengupahan ( DP ), usulan Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) dan UMK 2014 yang ditetapkan.

1.Kota ( kodya ) Jogja :
   * UMK 2013 – Rp1.065.247
   * Usulan DP – Rp1.170.000
   * Usulan ABY – Rp. 2.091.521
   * UMK 2014 Ditetapkan Rp.1.173.300

2. Sleman :
    * UMK 2013 – Rp1.026.181
    * Usulan DP – Rp1.165.000
    * Usulan ABY – Rp2.084.542
    * UMK 2014 Ditetapkan Rp.1.127.000
3. Bantul :
    * UMK 2013 – Rp.993.484
    * Usulan DP – Rp.1.125.000
    * Usulan ABY – Rp.2.067.264
    * UMK 2014 Ditetapkan Rp.1.125.500

4. Kulonprogo :
    * UMK 2013 – Rp.954.339
    * Usulan DP – Rp.1.160.000
    * Usulan ABY – Rp.1.906.029
    * UMK 2014 Ditetapkan Rp.1.069.000
5. Gunungkidul :
    * UMK 2013 – Rp.947.114
    * Usulan DP – Rp.1.007.000
    * Usulan ABY –  Rp.1.893.326
    * UMK 2014 Ditetapkan Rp.988.500

Ternyata UMK solo dibanding yogya bedanya ‘gak jauh-jauh amat…selisih Rp.28.300 saja (masih tinggian yogya ).
Dan yang menarik disini adalah UMK solo ternyata dari segi prosentase mengalami kenaikan yang signifikan, yaitu 25%..dari Rp.915.900 (2013) menjadi Rp.1.145.000, sedangkan untuk kota yogya hanya naik 10%.

image

Gimana mass bro..sudah sesuai harapankah ???.
Saya yakin belum
Ya sudah kalau masih kurang ya cari usaha sampingan…atau buat usaha sendiri malah lebih bagus…
Disyukuri saja massbro…
nrimo ing pandum

Maaf artikelnya telat, kirain udah pada tahu…ternyata banyak teman yang belum tahu juga..

* Kata Mutiara Hari Ini *

Hidup itu seperti drama, dan kamu bisa memilih untuk menjadi penonton atau pemainnya “

Library : suaramerdeka,tribunjogja

Wassallamu’allaikum.
™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™
Beritanya sih sama…penyampaiannya yang bikin beda

motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat

Saran ,kritik ,masukan atau kirim artikel ke :
email : masshar2000@gmail.com

™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™

27 tanggapan untuk “UMR JATENG dan DIY 2014”

  1. Umk gedhe biasane harga nasi/makanan/jajanan skitarnya mahal,umk rendah murah rego pakanane.
    Macam2 nasi=
    nasi beras,jagung,tewol..gobret.dan nasi paling terkenal adalah nasi AKING

    Suka

  2. Wah nek mundak aq melu seneng…kesejAhteraan masyarakAt pekerja naik…klo ud naik..daya beli masyarakat meningkat….dagangangku jadi laris deccccchhh

    Suka

  3. jateng DIY emang UMR paling paling rendah se-jawa, tapi mmg harga2 kebutuhan shari2 di jateng-DIY paling rendah kok, ya jadinya sama aja….

    Suka

  4. Tidak masalah UMK segitu
    Tapi terkadang da pengusaha yang masih membayar karyawannya itu kurang dari UMK kabupaten
    Kan sangat miris
    Klo g bisa bayar sesuai UMR g sah buka usaha j

    Seandainya ada yg bisa bayar sampe UMR tpi jam kerjany itu pagi smpe malam 12 jam

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s