PROFESI ANEH DI IBUKOTA

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

M2000 – Siapa Suruh Datang Jakarta ? Bagi anda-anda yang tinggal atau pernah merantau di ibu tiri ibukota , tentunya akan berpikir bagaimana caranya mendapatkan uang dengan gampang.
Dan ,ternyata benar apa kata pepatah bahwa ” ibukota lebih kejam dari ibu tiri.
Walaupun di kota ini lapangan pekerjaan begitu melimpah dibanding dengan daerah lain, tapi ternyata tidak gampang juga untuk mendapatkan pekerjaan secara layak dan halal tentunya.
Kadang orang nekat ke jakarta tanpa berbekal keahlian ( baca : ijazah ), hanya karena melihat tetangga atau temannya sukses di Jakarta ,akhirnya memberanikan diri ( baca: nekat ) merantau di ibukota.
Setelah sampai di ibukota, hmmm….nyari kerja susahnya minta ampun, rebutan juga gan, dan harus rela bersaing dengan ribuan calon karyawan baru yang sama-sama berasal dari daerah.
Padahal untuk mendapatkan pekerjaaan , minimal harus berijazah.
Jika tidak ada ijazah ….no..no ..no…jangan berharap deh bisa tidur nyenyak di kota ini…dengan kata lain ” kolong jembatan siap menampung “.

Oke, berikut profesi warga jakarta yang tidak lazim alias sangat-sangat tidak dianjurkan :

1.Pak Ogah

image

   Namanya juga pak Ogah , pasti mass miss semua tahu siapa pak Ogah…seorang tokoh fenomenal yang dulu ngetop dalam serial si Unyil…yang setiap nongol pasti nyebut ” cepek dulu dong ” .
Nah ,berasal dari nama tersebut , lahirlah profesi yang dulunya hanya ada di ibukota ini, polisi cepek…adalah sebutan yang lazim diucapkan oleh para pengguna jalan di ibukota yang semakin macet aja .
Berawal dari tukang parkir non resmi ( tanpa seragam ) yang membantu para pengendara menyeberang jalan atau keluar dari tempat keramaian dan mendapatkan upah recehan atas jasanya , akhirnya lambat laun berkembang ke seluruh sudut ibukota.
Dan hampir diseluruh jalan ibukota sekarang ini ada pak ogah nya.
Kalau dulu hanya ada di ibukota, sekarang hampir diseluruh kota yang pernah m2000 singgahi ada pak gundul ini, eh gundul apa botak sih…orang jakarta suka aneh ,nyebut gundul aja botak, nyebut ‘ gak tahu aja tauk….tauk ah gelap….nah kan aneh…???
Eh …ngomong-ngomong emangnya masih cepek pak tarifnya ???

2. Joki 3 in 1
   Sebutannya keren gan..joki ” tri in wan “…wadew…
Nyebut joki dalam dunia pemotoran pastinya akan kepikiran joki balap liar yang ada ” cabe-cabeannya “…xixixixi.
Tapi ternyata hampir semua joki 3 in 1 adalah ibu-ibu atau emak-emak dan tante-tante , kadang juga remaja wanita ( dikit )…dari yang pernah m2000 temui saat masih merantau di ibukota…yang cowok…jarang banget.
Profesi ini sangat aneh…waktu kemarin dikupas di salah satu tivi swasta…begini bilangnya , ” kita ini kerja yang halal lho mbak, membantu para bos-bos yang lewat jalan sini, jadi kami minta pada bapak gubenur agar profesi ini jangan dihilangkan “.
Bagi yang belum tahu apa joki 3 in 1 ini…berikut penjelasannya :
* Di beberapa ruas jalan ibukota , kendaraan khususnya mobil, harus minimal berisi 3 orang ,nah biasanya para juragan yang lewat kan sendiri untuk kekantor ( bagi yg tdk ada sopir pribadi )…nah dari pada ribet ngajak anggota keluarga untuk ikut ke kantor, mendingan nyewa jasa orang untuk naik mobilnya diruas jalan yang diberlakukan 3 in 1…nah..lambat laun profesi ini semakin membuka lapangan pekerjaan bagi beberapa warga yang tidak punya pekerjaan,..anehnya gimana sih..???

image

…ya aneh aja ,biasanya orang naik mobil ( taksi ) kan bayar…lha ini malah dibayar…untuk jasanya naik mobil yang hanya berjarak beberapa ratus atau beberapa kilometer saja…asik to…naik mobil gratis broo…dapet uang saku…mayan…
Tarifnya berapa mass bro,..wah kalau ini bervariasi…terserah yang ngasih…mayan lah buat sarapan pagi…ada yang tahu berapa rupiah ???
Kalau ini asli deh,..solo belum ada .

3. Ojek payung
    Namanya juga ojek , pasti ya urusan jasa antar…nah yang ini pasti udah pada tahu kalau profesi ini ada disaat musim hujan ..jadi si tukang ojek payung ini biasanya membawa satu atau beberapa payung untuk disewakan kepada para pengunjung tempat keramaian atau ke mall atau pulang dari mall dan untuk menunggu bis di halte atau tempat ngetem angkot.
M2000 sendiri melihat profesi ini pertama kali saat di mal metropolitan bekasi.
Tarifnya berapa sih ? …Dulu kalau gak salah 1000 – 2000 perak, sekarang tauk deh…eh gak tahu maksudnya ( jadi ikutan logat jakarte ).
Terus yang ngojek gimana ?
Ya rela basah-basahan bro, wong payung nya disewa orang, jadi dia ngikutin di belakang penyewa payung ini, gak mungkin dong anak-anak kecil tukang ojek payung ini ikut payungan dan gandengan sama mbak-mbak cantik SPG…

image

4. Tebar ranjau paku
     Kalau profesi ini sangat-sangat tidak dianjurkan dan harus diperangi.
Yang pastinya semua juga pada sudah tahu, jadi sang aktor perusuh ini profesinya sebagai tukang tambal dan tukang jualan ban merk abal-abal…dan dijual dengan harga diatas harga normal ban berkualitas.
Modus operandinya sudah jelas ,menebar paku atau ranjau paku di jalan-jalan tertentu di ibukota .
Nah ,pastinya beberapa pemotor yang lewat ini, satu dua ada pasti ada yang melindas paku-paku yang sudah ditebar oleh pelaku..lha wong paku yang ditebar bisa kiloan…coba bayangkan berapa ratus atau ribu paku berserakan di jalan-jalan itu….sudah pasti ban akan bocor atau bahkan sobek.

image

Alih-alih menolong dengan membuka lapak tambal ban ,si pelaku ini  biasanya akan bilang bahwa ban sudah tidak bisa ditambal lagi karena sudah robek, dan dia akan menawarkan ban baru dengan merk yang bisa dibilang abal-abal , tentunya dengan harga yang diatas wajar.
Biasanya sih si korban akan mau-mau saja membeli ban ini dengan harga yang sebenarnya kemahalan…gimana lagi mass bro…terpaksa…mau dorong motor pasti jauh .
Jujur m2000 sih alhamdulillah belum pernah ngalami waktu dulu menyusuri jalan-jalan di ibukota …gimana dengan mass-miss sekalian…pernah ngalamin mimpi buruk ini ???

Oke mass bro…selamat beraktifitas , khusus yang di ibukota, hati-hati ya saat riding…alon-alon asal klakson.

” selamat datang banjir jakarta..kog masih gini ya..? ”

* Kata Mutiara Hari Ini *

” 10 poin utama untuk percaya dan membangun diri :
1. Mimpi besar
2. Kepekaan, responsif dan proaktif
3. Spirit of excellence
4. Komitmen
5. Konsistensi
6. Totalitas
7. Kesanggupan dan semangat untuk terus belajar: open will, understanding complexity, dan dialog (open heart and mind)
8. Apresiasi atas kemajuan dan kebaikan
9. Sinergitas, the spirit of taawun
10. Integrity and honesty
( by : kang Yoto- Suyoto bupati bojonegoro )

Wassallamu’allaikum.
™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™
M2000 – Social net Blog …mengupas berita dari sisi yang berbeda
Beritanya sih sama…penyampaiannya yang bikin beda

motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat

Saran ,kritik ,masukan atau kirim artikel ke :
email : masshar2000@gmail.com

™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™

Iklan

46 tanggapan untuk “PROFESI ANEH DI IBUKOTA”

  1. Pengalaman di ibu kota dulu, cuma pernah lihat Three in One. Kalo di surabaya, pak ogah dan ojek payung banyak. Biasanya tarif pak Ogah sekitar 2rb’an dan ojek payung 10rb’an. 😀

    Suka

  2. soal rambu2 ranjau paku mgkn cm ada di indonesa aja,di daerahku jg ada tkng tambal ban pakek sebar paku tp skrng dah tutup kyknya ketauan warga.

    Suka

  3. alhamdulillah saya tlh mendapatkan pekerjaan yg layak, tetap, terhormat dan mempunyai masa depan, jkt emang negeri 1001 masalah, semua sifat, pekerjaan manusia semuanya ada di jkt apalagi godaan wanitanya, hancor dah……., untungnya saya sibuk krja

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s