LEGENDA YAMAHA SCORPIO

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

M2000 – Hallo brother biker…pastinya semua sudah pada tahu kan, bahwasanya motor sport turing yang tangguh Scorpio akan segera menjadi legenda.
Sebelum menjadi legenda ,yuk kita intip kiprahnya di jagad motor sport tanah air.

Generasi Pertama ( 2002-2004 )

image

Pada tahun 2002 yamaha untuk pertama kalinya mengaspalkan motor sport tangguhnya yang berkubikasi 225 cc…sangat besar tentunya kubikasi ini dibanding kompetitornya dari kubu sayap mengepak ,yaitu honda tiger.
Sang jagoan aspal itu diberi nama Scorpio G.
M2000 sendiri kenapa yamaha memakai embel-embel G dibelakang nama scorpio ini…tidak lazim memang…kalau sekarang mungkin lazim karena generasi matic yamaha yang baru menggunakan embel-embel GT..sebut saja mio soul GT, xeon GT dll.
Padahal dulu biasanya hampir semua motor memakai embel-embel R atau Z.
Scorpio-G hadir dengan desain yang menyerupai RX- King . Boleh dikatakan Scorpio-G adalah RX-King bermesin 4 tak. Keduanya punya tenaga yang liar.
Kesamaan lain antara RX-King dan Scorpio-G adalah tampilan depannya dimana Yamaha menyematkan
lampu utama model kotak seperti lampu utama RX- King.
Selain itu, bentuk tangki nya pun menyerupai tangki RX-King yang juga berbentuk kotak.
Scorpio-G didatangkan Yamaha dari Jepang sepanjang 2002-2004.
Model ini termasuk langka karena hanya 10.686 unit atau 4.8 persen dari total Scorpio yang pernah diproduksi Yamaha.

Generasi kedua ( 2005-2010 )

image

Generasi Kedua yamaha Scorpio diberi label Scorpio Z.
Di tahun 2005, Yamaha sedikit memberi sentuhan pada bentuk tangki dan lampu depannya. Generasi kedua ini punya desain tangki dan lampu yang lebih membulat pada sudut-sudutnya untuk mencuatkan tampilan yang gagah dan sporti.
Perubahan tangki itu dikembangkan oleh tim R&D YIMM.
Scorpio-Z generasi kedua ini jauh lebih gagah dan semakin kental aura sport touringnya dari pada generasi pertama scorpio G.
Karena itu, penjualan Scorpio melonjak hingga 400 persen dari model sebelumnya…wow…expected.
Memang sih , menurut analisa m2000 di lapangan banyak yang menyebut bahwa Scorpio Z ini paling mantab desainnya…tinggal ganti pelk tapak lebar dan ban gede aja …ini motor sudah gagah banget…untuk ukuran motor sport turing massal…motor ini layak sebagai motor jalanan nomor satu ,mengalahkan tiger…padahal mimin sendiri malah beli tiger …nah lho..

Generasi ke tiga ( 2010-sekarang )

image

Seperti kebanyakan pabrikan lain , yamaha pun melakukan refresh pada motor ini …masih dengan nama lama Scorpio Z yamaha melakukan ubahan total pada desain…selain headlamp yang mengikuti arus saat ini …tangki pun lebih besar dan sporti.
Lampu depan sendiri mengambil desain dari FZ-8.
Scorpio-Z generasi ketiga memiliki desain yang istimewa dimana desain lampu yang iconic dan dicirikan dengan
pengaplikasian mahkota dari visornya.
Namun apa daya…tampilan yang menurut yamaha pada awalnya akan mendapatkan respon positif dari masyarakat biker, ternyata berbanding terbalik dengan kenyataan di lapangan.
Bahkan penjualannya perbulan pun pernah tidak sampai 1000 unit.
Produk gagal menurut m2000 …gagal dari segi penjualan yamaha pun berinisiatif untuk menyuntik mati yamaha Scorpio.
Coba kalau desainnya kayak gini, tentunya pasar akan berbicara lain.

image

Ternyata nama besar dan juga kubikasi lebih besar dari kompetitor honda tiger…yamaha harus mengakui kehebatan sang legenda jalanan sang cruiser honda tiger.
Tiger menang mutlak dari segi kecintaan rakyat biker ..tercatat tiger sudah setidaknya 4 kali melakukan ubahan desain dalam kurun waktu 20 tahun ( 1993-sekarang )…besuk artikelnya kita bahas.

Dan pada awal tahun 2014 ini Yamaha menghadirkan Scorpio-Z edisi
terbatas yang menawarkan tampilan yang gagah, karismatik dan mewah berkat kombinasi warna hitam
dan emas ( black gold )….kayak kecap aja ya…xixixi…

image

Striping berwarna emas yang membentuk seekor scorpion besar yang sedang memeluk tangki membuat
Yamaha nemamakannya sebagai “The Scorpion King”.
Model ini hanya dijual sebanyak 1.000 unit saja.

Ayo…buat massbro yang pingin meminang motor ini…buruan deh ke dialer kesayangan ,karena hanya diproduksi 1000 unit saja.
jangan ke AHASS yaa….

* Kata Mutiara Hari Ini *

” Kegagalan adalah peristiwa biasa…dan semua belum berakhir sampai benar-benar berakhir “

Wassallamu’allaikum.
™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™
M2000 – Social net Blog …mengupas berita dari sisi yang berbeda
Beritanya sih sama…penyampaiannya yang bikin beda

motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat

Saran ,kritik ,masukan atau kirim artikel ke :
email : masshar2000@gmail.com

™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™™

37 tanggapan untuk “LEGENDA YAMAHA SCORPIO”

  1. Pertama kali liat ni motor yang gen pertama langsung ngeh kalau ini produk Yamaha walau dilihat dari buntutnya..

    Suka

  2. Karena kamu begitu gagah, powerfull dan limited edition, pada akhirnya aku harus merelakanmu di miliki orang lain…. # gur iso mlongo… Hehee… 🙂

    Suka

  3. Kata artikel blog sebelah…scorpio ga di akan di discontinue….kok ini beda ya..katanya akan ada scorpio yg lebih fres lagi malah…..lha piye iki ..jan bingungke tenan….

    Suka

      1. Artikel blog sebelah ada edisi ke 2 nyA mas bro….produk scorpio masih berlanjut.
        Produk limitid di ciptakan sebagai tanda..ud 10th scorpio berpetualang di indonesia…yg betul itu beritanya mas bro…
        Berarti artikel ini ber tentangan dgn berita

        Suka

      2. Artikelnya kang opick ya…maksudnya itu penerus scorpio…jd gen nya dari scorpio…namanya nanti bukan scorpio…ky scorpio kan gen nya di indonesia dr RX king…makanya tangki desain awal sama ky RX king…aku lupa masukin artikelnya…imho..

        Suka

  4. Sebenere aurau scorpio masih di segani ,tergantung yamahanya,pandai gak memberi baju yg lebih cakep dan ganteng,

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s