KONTROVERSI KETUA DPR BARU – SETYA NOVANTO

image

M2000 – Dengan terpilihnya Setya Novanto dari partai Golkar sebagai ketua DPR yang baru…dimata rakyat Indonesia, DPR malah semakin mendapatkan citra buruk di masyarakat.
Karena apa ?
Ternyata Setya Novanto adalah sosok yang dekat dengan KPK.
Dekat dalam hal ini, karena Novanto sudah beberapa kali diperiksa KPK terkait kasus-kasus korupsi , walaupun sampai saat ini memang belum terbukti.

Menanggapi terpilihnya Setya Novanto sebagai ketua DPR , ICW sebagai lembaga yang berkecimpung di dunia per’korupsi’an Indonesia turut prihatin dan memberikan pernyataannya.
Indonesia Corruption Watch (ICW) menyatakan penolakannya terkait dipilihnya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto untuk periode 2014-2019.
( baca : SETYA NOVANTO – ketua DPR RI 2014-2019  )

image

ICW mempersoalkan integritas Setya karena politisi Partai Golkar tersebut diduga terlibat kasus korupsi sejak tahun 1999.
“Kami menduga, jangan-jangan dia (Setya),
statusnya (sebenarnya) tersangka korupsi,” ujar anggota badan pekerja ICW, Emerson Yuntho, dalam konferensi pers di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (2/10/2014).

Dari data yang diperoleh ICW, Setya diduga
pernah menjadi tersangka dalam skandal cessie Bank Bali senilai Rp 546 miliar. Pada tahun 2010, Setya juga diberitakan diduga terlibat dalam penyelundupan beras impor dari Vietnam, sebanyak 60.000 ton.
Selain itu, mantan Wakil Bendahara Partai
Demokrat M Nazaruddin, yang menjadi tersangka dalam kasus proyek pembuatan E-KTP, menyebutkan keterlibatan Setya dalam kasus itu.

Tak hanya itu, nama Setya juga disebut dalam perkara korupsi proyek pembangunan lapangan tembak PON Riau 2012, yang melibatkan Rusli Zainal, mantan Gubernur Riau.
Menurut Emerson, hingga saat ini belum ada
penjelasan resmi dari kejaksaan soal status
hukum Setya, termasuk apakah kasus yang
menjeratnya pada tahun 1999 tersebut tidak
dilanjutkan lagi.

Sementara itu, Koordinator ICW Abdulah Dahlanmengatakan, pemilihan ketua DPR kali ini seharusnya menjadi momentum perubahan untuk mengatasi permasalahan korupsi yang pada pemerintahan sebelumnya melibatkan banyak
anggota Dewan.
“Harusnya, masa sekarang ini digunakan untuk membangun citra dan trust parlemen, perlu mengubah atau menurunkan aktor-aktor penting untuk menjawab problem korupsi,” ujar Abdulah.

Dengan dipilihnya Setya sebagai ketua DPR,
menurut Abdulah, hal itu justru membuat
komitmen DPR dalam memberantas korupsi
dipertanyakan.
“Bagaimana mungkin bisa memberantas korupsi kalau nama pimpinannya saja disebut-sebut dalam kasus korupsi,” kata Abdulah.
Dalam waktu dekat, ICW menurut rencana akan segera mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menanyakan status pimpinan DPR yang
diduga terkait kasus korupsi.

Library : kompas

Iklan

One thought on “KONTROVERSI KETUA DPR BARU – SETYA NOVANTO”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s