GENG JOGJA : QZRUH vs JOXZIN ( SEJARAH )

image

M2000 – Disetiap daerah pasti ada yang namanya Genk atau kelompok pemuda yang aktif berkumpul.
Ada yang namanya geng motor, club motor ataupun geng yang asli-asli geng atau anak berandalan yang suka bikin onar.

Kali ini admin akan menceritakan sebuah sejarah yang pernah melegenda di Jogja. Tentu saja ini rangkuman dari berbagai sumber , termasuk tetangga admin yang waktu itu ikutan geng jogja ini..waktu dianya masih muda tentunya.
Sejarah Geng Legendaris Yogyakarta:

QZRUH Versus JOXZIN

image

Hampir di setiap kota pada setiap jaman tertentu ditemukan fenomena gank (genk) atau kelompok’organisasi yang sering dikatakan ‘liar’ yang kerap kali diikuti oleh para pemuda dan remaja.

Di Kota Yogyakarta sekitar tahun 80-an hingga 90-an, bahkan sampai sekarang masih sering ditemui genk-genk yang berisi remaja lengkap dengan dinamika kenakalannya.
Dua genk besar yang sempat menguasai jalanan KotaYogyakarta berhati nyaman yang melegenda adalah QZRUH ( baca : kisruh ) dan JOXZIN.

QZRUH adalah singkatan dari Q-ta Zuka Ribut Untuk Hiburan.
Entah siapa yang pertama kali mendirikan geng bernama QZRUH yang sering disingkat dengan QZR ini. Geng ini berdiri di awal tahun 1961 dengan tujuan melawan ketidakadilan yang melanda di era itu. Terdiri dari sekumpulan pemuda yang tak peduli arah dan tujuan hidup, secara teritori QZR menguasai wilayah utara Kota Yogyakarta.
Tongkrongan yang diyakini tempat awal terbentuknya QZR adalah di bioskop President (sekarang Galeria Mall) dan wilayah Terban.
Pentolannya (ketua) disini adalah seseorang yang berinisial DRT (almarhum), nama yang hingga kini melegenda di Kota Yogyakarta.

image

Sedangkan JOXZIN adalah singkatan dari frasa ‘Joxo Zinthing’. Tetapi konon nama Joxzin pada mulanya berawal dari frasa ‘Pojox Benzin’, atau pojokan pom bensin (pojokan alun-alun) yang diyakini dulunya adalah tongkrongan para anggota genk atau anak-anak daerah Kauman.
JOXIN sering disingkat dengan JXZ yang kerap dituliskan di berbagai tembok sudut-sudut kota…bahkan ada yang menyebutkan JOXZIN sebagai Jogja Zindikat.

Secara teritori, daerah selatan Kota Yogyakarta mulai dari daerah malioboro ke selatan dikuasai oleh JXZ. Sebutan yang cukup populer bagi JXZ adalah “cah 14” (yang sebenarnya berawal dari huruf JXZ yang mirip dengan angka (7X2, ‘tujuh
kali dua’). Pentolan-pentolan JXZ berasal dari Kauman dan Kota Gede.
Beberapa nama yang melegenda adalah SRGT, CA, H dan masih ada lagi beberapa yang lainnya.

QZRUH sering diidentikkan dengan kaum berada, kaum berpunya, walaupun tidak semua anggotanya dapat dianggap orang ‘mapan’.
Salah satu tongkrongan mereka yang elit adalah di diskotik Crazy Horse (CH) sekarang menjadi Jogja Jogja (JJ). Jalan Solo sempat menjadi kekuasaan QZR sementara. Meskipun anggota QZR yang mendominasi adalah para pemuda muslim, tetapi pemuda-pemuda non-muslim
konon cenderung memihak atau bergabung
dengan QZR. Mungkin karena kebetulan warga nasrani memang lebih banyak yang tinggal di daerah utara.
Selain itu dapat juga dikarenakan pergaulan.

image

JOXZIN adalah kebalikan dari Q-ZRUH.
Kebanyakan anak-anak JXZ adalah kaum
menengah ke bawah walaupun banyak juga
anggota yang berada. Basis utama JXZ adalah para santri, mengingat daerah selatan memang terdapat banyak pesantren.
Dengan latar belakang seperti itulah maka anak-anak JXZ dikenal nekat dan kadang tanpa perhitungan notabene melakukan jihad. Tongkrongan utama mereka adalah Kota Gede dan Kauman.
Warna kebanggaan QZR adalah putih atau
merah. Dulunya, jika motornya beratribut putih dapat dipastikan itu adalah motor QZR. “Jika ada konvoi motor berwarna putih, minggir saja ketimbang kena sangkur,bung!“, kalimat yang sering diserukan warga masyarakat pada waktu bentrok itu.

Namun seiring berjalannya waktu, atribut mereka berubah dengan warna hitam dan
merah karena dulunya banyak dari anggota QZR yang beraliran Death Metal (seperti Q-Zruh Molo Death, Q-Zruh Ghost Gate, dll). Sedangkan atribut berwarna hijau pupus identik dengan JXZ.
QZRUH sering diidentikkan dengan pendukung PDI atau Golkar pada masa ‘tiga partai politik’ di Indonesia.
Beberapa pentolan QZR memang menjadi anggota satgas partai tersebut. Bahkan
pentolan-pentolan salah satu ormas Golkar, PP (Pemuda Pancasila) kabarnya adalah pentolan- pentolan QZR juga, tetapi untuk kebenarannya tidak begitu diketahui dengan pasti.
Tetapi memang untuk partai PDI, satgasnya rata-rata adalah pentolan QZR. Sedangkan JXZ identik dengan partai hijau alias PPP. Kantung massa Joxzin adalah di Kauman, Kota Gede dan Karangkajen yang mayoritas adalah pendukung PPP. Satgas PPP adalah pentolan-pentolan JXZ.
Tetapi sebagian anggota JXZ ada yang masuk ke PDI dan jarang sekali JXZ yang aktif di Golkar.

Bentrokan atau perkelahian QZR vs JXZ sering terjadi secara frontal. Biasanya mereka memanfaatkan momen tertentu seperti tahun baru, takbiran, dan lain sebagainya.
Dengan berkonvoi dan tentunya siap senjata tajam mereka sering bertemu dan pastinya akan terjadi perang. Yang sering terjadi adalah konvoi QZR yang sering memasuki wilayah kekuasaan JXZ
dan jarang sekali terjadi geng JXZ menyerang wilayah kekuasaan QZR terlebih dahulu.
Cara yang sangat popular digunakan di kalangan genk dengan sebutan ninja juga saling diterapkan oleh kedua gang ini. Dengan kata lain mereka membacok musuhnya dari belakang (Jawa : dininja ).

Cara paling dasar untuk menunjukkan eksistensi mereka yaitu dengan menulis grafitti nama genk mereka di tembok sudut-sudut kota dengan cat atau spray cans (pylox). Mereka berkonvoi dan menulis tag genk dengan huruf besar serta nama sendiri atau inisialnya di bawah atau di samping nama gang, misalnya QZR kuda, JXZ
kuntet, dan lain-lain.
Ketika melakukan konvoi dan secara kebetulan menemukan tulisan genk musuhnya di wilayah yang mereka anggap
mereka kuasai, maka mereka akan mencoretnya atau diberi tanda silang dengan cans dan diganti dengan nama gengnya sendiri serta nama anggota yang melakukannya.

Warna pyloxnya seringkali berwarna hijau untuk JXZ dan hitam atau merah untuk QZR. Slogan yang sering diteriakkan oleh QZR adalah, “1 liter bensin 10
kepala Joxzin, Sekali tebas MATI cah 14 (pat- belas)”.
Sedangkan JXZ sering meneriakkan
slogan, “Sekali kayuh 10 kepala QZRUH“.

image

Kecamatan Wedi,Klaten pernah diobrak abrik oleh puluhan atau ratusan pemuda bermotor yang ditengarai adalah anggota QZR Prambanan.Gara- garanya ketika anggota QZR ngapel diganggu pemuda setempat.
Di Muntilan juga seperti itu kejadiannya.
Pernah terjadi keributan di diskotik CH yang
mengakibatkan ditembaknya seorang pemuda yang ternyata anggota WARKOP (Warung Kopi/Warung Koboi)

Underbouw QZR adalah genk sepeda ZARAF
(ZRF) yang seterusnya dikenal dengan sebutan NEO ZARAF(NZRF) sedangkan underbouw JXZ sebelum HUMORIEZT (HRZ) muncul adalah geng sepeda KEPROEX (KPX). SMA yang dulunya sebagian besar basis massa QZR adalah BOSA (Bopkri I), BODA (Bopkri II), SMA Negeri 6 Yogyakarta dan SMA Negeri 9 Yogyakarta.
Sedangkan SMA yang dulunya sebagian besar basis massa JXZ adalah MUHI/MOEHI (SMA Muhammadyah I Jogjakarta), MUHA/MOEHA (SMA Muhammadiyah II Yogyakarta) dan masih banyak lagi.

Kesamaan QZR dan JXZ adalah rata-rata dari mereka anti dengan etnis tionghoa.
Menurut sumber yang ada, pada tahun 2010 kedua genk ini resmi dibubarkan, entah apakah berita ini benar, yang jelas ,jika saat ini pemirsa berkunjung ke jogja , sudaq tidak ditemui lagi grafiti tentang kedua genk besar ini….

Iklan

11 tanggapan untuk “GENG JOGJA : QZRUH vs JOXZIN ( SEJARAH )”

  1. joxzin saat ini masih ada dan menyebar ke berbagai kota tak hanya jogja ex; temanggung,magelang,dll saat ini jxz juga masih aktif di tunjukan dgn kampanye PPP pasti ada joxzin,,,,,
    JXZ NEVER DIE

    Suka

  2. JOXZIN skrang lbih bsar dri yg dlu. . . Nama Geng JOXZIN lbih besar dari nama2 Anggotanya. . . JOXja iZlamIc Never die.!

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s