CARA PERPANJANG SIM C – TERNYATA MUDAH DAN CEPAT

image

M2000 – Pemirsa sudah punya SIM ?
Hyo udah kadaluwarsa belum ?

Nah, kali ini admin mau share tata cara perpanjang SIM C…jika kamu mau perpanjang SIM dan belum tahu tata caranya, lanjutin baca artikel ini deh.

Tata caranya (seperti yang admin lakuin awal bulan lalu ).
Kamu mesti siapin SIM lama dulu dan di fotocopy…sekalian KTP…cukup selembar-selembar saja.
Lalu kamu mesti beli map warna biru , tulis nama dan alamat lengkap di map.
Ini berfungsi untuk nantinya dipanggil saat proses pembuatan SIM.

Nah langkah selanjutnya adalah tes kesehatan ( kir dokter ).Dalam hal ini adalah dokter yang sudah ditunjuk…bisa di dalam Polres atau di sekitaran Polres.
Nah , saat kir dokter ini, admin kira ada cek darah , cek tensi dan sebangsanya, ternyata didalam cuma di tes untuk nyebutin angka yang tertera pada kertas ( tes buta warna ) , paling 3 kali saja .

Setelah itu kelar deh…dan dikasih selembar kertas lulus .
Eith jangan lupa ya…Bayar cepek den bayar biaya kir dulu 25 ribu ( tempat lain mungkin beda dikit ).

Setelah itu masukin ke loket 1 untuk minta formulir atau blangko data pribadi.
Setelah itu masukin ke loket pembayaran ( BRI ) yang ada disitu , bayar 75 ribu untuk perpanjangan SIM dan 100 ribu untuk pembuatan SIM baru.

Setelah beres , masukin nomor resi dari bank di blangko tadi, dan di masukkan ke loket 1 tadi , nunggu dipanggil di loket 3 untuk ngisi nomor urut sesi pemotretan.
Kamu harus nunggu sekitar 20-30 menit kalau ngantri ( tergantung nomor urut ya ).
Sembari nunggu kamu bisa berselancar dulu di dunia maya , atau baca-baca blog yang kamu suka.
Atau kamu bisa keluar sebentar untuk nyari angin atau merokok , atau nonton orang yang lagi tes keahlian naik motor , kayak admin waktu itu.

Nah, sekarang giliran nomor urut kamu dipanggil , siap-siap sesi pemotretan , disitu ada kaca dan sisir , dandan yang keren ya, soalnya foto kamu nanti akan selalu ada didompetmu selama 5 tahun.
Buat yang cewek, kamu ‘gak perlu pake rok mini atau sepatu hak tinggi yang keren…soalnya kan fotonya cuma setengah badan ( keatas ya, bukan ke bawah ).

Setelah kelar sesi pemotretan , kamu ‘gak perlu minta bayaran , emang kamu foto model ?

Nah , kamu sekarang tinggal nunggu di kursi yang ada disitu ( maksimal 30 menit, seperti yang tertera di loket 3 ).
Tapi pada kenyataannya, waktu itu admin cuma nunggu sekitar 15 menit…( tumben ya waktunya lebih pendek dari standarnya…biasanya kan ?…hmm…ruar biasa…)

Jadi, kalau dibuat simpel, langkah-langkahnya adalah :
1. Foto copy ktp dan sim lama ( sim lama yang asli ikut dikumpulkan )
2. Siapkan map warna biru dan kir dokter
3. Masukkan berkas ke loket 1
4. Ambil map lagi dari loket satu yang telah distempel ( setempel nya perpanjangan , jangan baru, ..kemarin admin salah stempel soalnya )
5. Bayar biaya administrasi di bank BRI
6. Isikan nomor resi BRI dan masukkan lagi ke loket 1…dan tunggu untuk dipanggil ke loket 3.
7. Isi nama di loket 3 setelah dipanggil
8. Sesi pemotretan di ruangan
9. Tunggu panggilan dari loket 3
10. Eng..ing..eng…SIM baru kamu sudah selesai

Oh.. iya…kalau SIM A gimana ya , saat mau bikin baru…?
Admin sih waktu itu ada yang bawa soalnya…datang jam 05.30 pagi tinggal foto…jam 06.00 selesai…jadi deh SIM A., total biaya 550 ribu ,untuk tahun 2013 lalu.

Oke…gampang kan prosesnya..
Jadi datang aja sendiri , ngapain pake’ calo…

image
Kamu juga bisa mendatangi pelayanan SIM keliling
image
Daripada kena yang ginian ...
Iklan

One thought on “CARA PERPANJANG SIM C – TERNYATA MUDAH DAN CEPAT”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s