MENGAPA PRIA DILARANG MEMAKAI PERHIASAN EMAS – INI DIA PENJELASAN ILMIAHNYA

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

M2000 – Apakah anda pria dan suka memakai emas ?
Mulai sekarang, lepas dan jangan dipakai lagi , biasa anda jual atau berikan kepada orang yang anda sayangi.
Seorang Pria pantang rasanya jika menggunakan perhiasan baik berupa cincin, kalung ataupun gelang. Dalam Islam juga mengharamkan seorang pria mengenakan emas atau sutra.

Dari sebuah riwayat disebutkan, suatu hari Rasulullah SAW bertemu seorang lelaki yang memakai cincin emas di tangannya. Beliau mencabut cincin tersebut lalu melemparnya, kemudian bersabda:

“Seseorang dari kalian telah sengaja mengambil bara api neraka dengan meletakkan di tangannya” ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Pada kesempatan lain Rasulullah bersabda:

“Emas dan sutra dihalalkan bagi umatku yang wanita, namun haram bagi lelakinya” (HR. Ahmad).
“Barangsiapa yang mati dari ummatku sedang (di masa hidupnya) ia minum khamr, maka kepadanya Allah mengharamkan meminumnya di surga. Dan barangsiapa yang mati dari ummatku, sedang (di masa hidupnya) ia memakai perhiasan emas, maka kepadanya Allah mengharamkan memakainya di surga”. (HR. Ahmad).

Lalu, setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pergi, ada yang mengatakan kepada lelaki tadi, “Ambillah dan manfaatkanlah cincin
tersebut.”
Ia berkata, “Tidak, demi Allah. Saya
tak akan mengambil cincin itu lagi selamanya karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah membuangnya,” ( HR Muslim No. 2090, dari hadits ‘Abdullah bin ‘Abbas).

Dasar kajian agama yang admin sajikan di sini memang berdasarkan kajian Islam. Karena kebetulan Penulis sendiri beragama Islam.

Alasan ilmiah mengapa lelaki tidak boleh memakai perhiasan emas

Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia, dan jika lelaki mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas. Peristiwa ini juga dikenal dengan sebutan “migrasi emas”. Apabila hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer.
Alzheimer adalah adalah kondisi neurologis yang ditandai dengan penurunan daya ingat dan penilaian secara bertahap, yang biasanya disertai
dengan perubahan kepribadian dan kemampuan untuk mengekspresikan diri. Hal ini terjadi akibat akumulasi dari gumpalan protein dan kekusutan serabut sel saraf di dalam otak seseorang yang mengakibatkan terjadinya kematian sel saraf di dalam otak, sehingga mengganggu fungsi normal dari otak dan akan menyebabkan ” pikun ” sebelum masanya.

Dan sayangnya, tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit ini.
Sebagian besar perawatan dan intervensi ditujukan hanya untuk mengurangi gejalanya saja.
Itulah yang akan dialami jika anda adalah seorang lelaki dan tetap ngotot memakai perhiasan yan terbuat dari emas. Admin yakin anda tidak ingin menjadi orang pikun ‘kan?

Lalu bagaimana dengan perempuan? Mengapa perempuan boleh mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas?
Penelitian tentang ini menyebutkan bahwa dalam tubuh seorang perempuan, terdapat suatu lemak unik yang tidak dimiliki oleh seorang laki-laki.
Lemak ini akan mencegah unsur senyawa atom emas untuk masuk ke dalam tubuh. Sehingga saat atom ini masuk ia hanya mampu menembus
kulit, namun tidak bisa menembus lemak yang menghalangi jalan menuju daging dan darah.
Penelitian lain menyebutkan bahwa di dalam tubuh seorang perempuan zat emas bisa masuk ke dalam tubuh dan mengalir bersama darah.
Namun, zat ini tidak akan berbahaya karena akan dibuang bersama darah saat haid (menstruasi).

Bagaimana dengan emas putih ?

Adapun apabila emas putih yang dimaksudkan adalah platina maka ia tidaklah termasuk dalam golongan emas (Aurum). Ia memang termasuk
kategori logam yang mahal bahkan ada yang mengatakan bahwa harganya 4 – 5 kali lebih mahal daripada emas. Dengan demikian diperbolehkan bagi kaum pria untuk mengenakannya dikarenakan tidak ada dalil-dalil
syariat yang menunjukkan pengharamannya terhadap laki-laki.

Penamaan masyarakat selama ini bahwa platina adalah emas putih tidaklah menjadikannya haram karena ia hanyalah sebatas penamaan yang pada hakekatnya platina / emas putih yang lazim disebut masyarakat adalah bukan emas, sebagaimana mahalnya harga platina juga tidak menjadikannya
haram untuk dikenakan oleh kaum laki-laki.

image

Jadi jika kebetulan anda tetap ingin memakai perhiasan / cincin kawin misalnya, maka pakailah emas putih / platina.
Kan harganya mahal ?
Solusinya ya jangan seberat emas biasa, bisa setengah atau seperempatnya ..mudah kan ?

Jadi sekarang anda sudah tahu kan alasan mengapa seorang lelaki tidak boleh sedangkan perempuan boleh menggunakan perhiasan yang
terbuat dari emas?

Untuk terakhir kali, admin ingin bertanya sekali lagi bagi anda yang laki-laki,
“Masih berani memakai perhiasan dari emas ?
Apa anda tak takut pikun lebih cepat ?
Bukankah sangat lucu kedengarannya bagi yang laki-laki, tapi tiap bulan mencoba untuk mensturasi.
Apa kata dunia ?

Semoga bermanfaat ,

Wassallamu’allaikum, …

Library : eramuslim.com

Iklan

9 thoughts on “MENGAPA PRIA DILARANG MEMAKAI PERHIASAN EMAS – INI DIA PENJELASAN ILMIAHNYA

  1. Dan senyawa tsb juga terbuang bersama dengan darah haid setiap bulannya pada perempuan. Itulah Islam, sekecil apapun resikonya telah diperingatkan baik dalam Al-Qur’an maupun Hadist. Jadi, jika Islam tidak melarang maka kita tidak perlu takut. Misal menikah di bulan tertentu takut sial, padahal Islam tidak memperingatkan hal tsb dan Islam memperbolehkan semua waktu untuk menikah. Tapi kok masih banyak orang Islam yang takut dengan mitos tsb? Nitip artikel gan, semoga bermanfaat : https://dhukha99.wordpress.com/2015/01/23/artikel-muslim-pengaruh-ajaran-hindu-dalam-islam/

    Suka

  2. Apakah menggunakan perhiasan pada bayi perempuan di perbolehkan ?
    Mengingat seorang bayi belum haid atau terbuangnya kotoran lewat darah .
    Mohon petunjuk min

    Suka

  3. secara agama mengharamkan/melarang tentu ada keburukan di situ
    secara agama menghalalkan/membolehkan tentu ada manfaat dan kebaikan disitu
    tidak perlu dikaji secara ilmiah. toh alquran adalah tulisan ilmiah yang tidak seorangpun mampu meniru walau hanya satu ayat.
    dan perkataan Nabi Muhammad SAW adalah perkataan Allah SWT.

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s