Tips puasa – hindari makanan ini saat sahur

image

M2000 – Puasa memang wajib bagi seorang muslim yang sudah akil baliq.
Dan ini bukan tradisi melainkan suatu kwajiban.
Mengapa admin bilang tradisi , karena didaerah admin sendiri banyak juga warga non muslim yang ikut berpuasa di bulan ramadhan ini, bahkan ikut merayakan lebaran.
Mungkin bagi mereka, ini sudah tradisi dari leluhur-leluhur mereka…ya biarlah mereka berpuasa menurut tradisi dan caranya masing-masing.
Tapi bagi kita yang muslim, jangan sekali-sekali menganggap bahwa puasa adalah tradisi sebelum lebaran.

Nah , ngomong-ngomong soal puasa, tentu saja kita inginnya agar puasa kita tetap lancar sebulan penuh dan penuh berkah.
Salah satu yang harus diperhatikan adalah makanan yang kita konsumsi ketika sahur.

Ramadan memang sering dijadikan momentum berkumpul bersama keluarga. Jika biasanya anda jarang sekali memiliki ‘quality time‘ bersama keluarga anda, jangan khawatir bulan suci ini dapat memperat hubungan satu sama lainnya.

Waktu sahur merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu, karena seluruh anggota keluarga dapat bertatap muka sembari menikmati masakan lezat buatan ibu.
Makanan rumah sering diidentikan dengan sehat dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan makanan jika anda beli di luar.
Menu sehat menggugah selera seperti sop, gulai, bahkan aneka gorengan memang sangat enak apalagi jika disajikan bersama sepiring nasi hangat…wah bikin mata melek deh pokoknya. Namun, tahukah anda beberapa jenis makanan sangat tidak dianjurkan apabila dikonsumsi saat santap sahur anda.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sahur :

1. Makanan berlemak tinggi atau yang digoreng
Kenapa sebaiknya menghindari makanan berlemak atau yang digoreng ketika sahur ?
Hal ini karena makanan berlemak tinggi atau makanan yang digoreng tersebut memerlukan waktu lama untuk dicerna, sehingga hal ini berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan perut selama puasa.

2. Makanan Kemasan

Kebanyakan makanan kemasan memiliki kandungan garam yang tinggi. Kandungan garam ini dapat mengikat suplai cairan di dalam tubuh. Dan bisa ditebak, kamu pun jadi cepat haus. Kalau cepat haus saat berpuasa, tentu tidak nyaman bukan ?

3. Seledri
Seledri termasuk sayuran yang memiliki kandungan air tinggi. Namun hal ini malah kurang bagus dikonsumsi saat sahur, karena seledri merupakan diuretik alami yang menyebabkan kandung kemih menjadi penuh, sehingga, kita akan selalu buang air. Keseringan buang air bisa menyebabkan dehidrasi saat puasa. Selain seledri, mentimun dan semangka juga merupakan makanan yang tinggi air dan merupakan diuretik alami.

4. Daging
Daging juga termasuk makanan yang membutuhkan waktu cerna yang lebih lama. Jika kita terlalu banyak makan daging ketika sahur, bisa membuat perut jadi tidak nyaman selama puasa.

Selain makanan di atas, soda juga termasuk minuman yang sebaiknya dihindari ketika sahur. Sebab kandungan kimia di dalamnya akan membuat kita merasa cepat haus saat berpuasa.

Semoga bermanfaat,

library : catatan kecilku

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s