CIA akhirnya ungkap dokumen rahasia dibalik G30S/PKI

image

M2000 – Jika kita belajar sejarah dan kita mau mengambil data dari berbagai sumber tentunya kita tidak akan tertuju pada satu fakta saja yang mungkin dipelintir kebenarannya oleh salah satu sumber.
Sebagai catatan saja dan sudah menjadi ” rahasia umum ” bahwa sejarah adalah ” bikinan penguasa “.

Kali ini kita akan melihat sedikit data tentang G30S/PKI yang terjadi pada 1965 silam.
Teka-teki dugaan keterlibatan Amerika Serikat terkait Gerakan 30 September 1965 mulai terungkap. Badan Intelijen Amerika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA) telah membuka dokumen rahasia yang terjadi di berbagai negara atas peristiwa sekitar tahun 1961-1969 kepada publik, Rabu 16 September 2015 lalu.
Seperti kita ketahui di wilayah hukum Amerika , kasus akan berhenti atau ditutup setelah 25 tahun, maka tak heran jika rahasia besar Amerika sedikit demi sedikit dapat kita ketahui. Karena setelah 25 tahun , rahasia besar boleh dibeberkan di depan publik.

Mengenai kasus G30S/PKI sendiri, CIA sudah membuka diri untuk membeberkan rahasianya.
Lebih dari 19 ribu halaman memo harian CIA harus dibuka kepada publik, merujuk UU, karena status kerahasiannya sudah kedaluwarsa ( lebih dari 25 tahun ).
Termasuk didalamnya peristiwa peralihan kekuasaan yang terjadi tahun 1965 di Indonesia.

Seperti terungkap di situs CIA.gov, memo singkat seputar G30S 1965 ini terungkap dari ratusan dokumen rahasia CIA yang diungkap ke publik . Memo tersebut masuk dalam Petunjuk Harian untuk Presiden (President’s Daily Brief/PDB), yang merangkum laporan  CIA atas kejadian di berbagai negara di seluruh dunia yang tengah dilanda situasi politik ataupun peperangan.
Dalam memo tersebut, posisi laporan Indonesia paling atas, disusul tujuh negara lainnya, yakni Vietnam, Dominika. Kuba, Brasil, Perancis, Mesir dan Yunani.

Ini Dokumen Rahasia CIA seputar G30S 1965 ( 1961-1969 )

Dalam memo singkat tersebut,dilaporkan situasi Indonesia saat terjadi kudeta 30 September 1965 diikuti kontra kudeta. Dilaporkan situasinya membingungkan, dan hasilnya tidak pasti.
Jika ada peran Sukarno, itu masih merupakan salah satu pertanyaan yang tak terjawab. Kedua pihak mengklaim setia kepada presiden dan mengatakan sama-sama melindungi presiden”.

Disebutkan juga kondisi ibu kota, sangat tenang, meski beberapa aksi unjukrasa menentang partai komunis bermunculan. Sementara di berbagai daerah ketegangan mulai terkadi, terutama di wilayah basis pendukung partai komunis yang mendukung aksi kolonel Untung.

Disebutkan juga Soeharto dilaporkan menguasai mayoritas militer dan kepolisian. Sedangkan Angkatan Udara dibawah komando Jenderal Oemar Dhani mendukung Kol Untung. Meski demikian, dilaporkan tidak ada serangan udara.

Dokumen tersebut juga melaporkan, tindakan Soekarno seperti memutar kembali waktu dan ingin menyeimbangkan kembali dua kekuatan yang berseteru, yakni militer dan kalangan komunis. Aksi ini dinilai mengecewakan kalangan militer.

Sebagian halaman memo ini tidak bisa diakses alias disensor dengan cara kalimat tertentu distabilo putih. CIA mengungkapkan tetap ada informasi yang sensitif  meski sudah melewati masa kadaluwarsa.

Kini teka-teki dugaan keterlibatan Amerika Serikat terkait Gerakan 30 September 1965 mulai terungkap. Badan Intelijen Amerika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA) telah membuka dokumen rahasia yang terjadi di berbagai negara atas peristiwa sekitar tahun 1961-1969 kepada publik, Rabu 16 September 2015 lalu.

Mudah-mudahan admin cepat mendapatkan berita lebih lengkapnya, sehingga kita bisa membacanya bersama disini.

Library: suara.com

Iklan

3 tanggapan untuk “CIA akhirnya ungkap dokumen rahasia dibalik G30S/PKI”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s