Kenapa Jazirah Arab dipilih sebagai tempat lahirnya Islam , ini penjelasannya…

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana

image

M2000 – Seperti yang sudah kita pelajari , agama Islam lahir dan tumbuh berkembang dari jazirah Arab.
Banyak yang ingin tahu dan bertanya-tanya , kenapa Allah memilih tanah Arab sebagai lahirnya Islam hingga tumbuh berkembang  seperti sekarang ini.Allah bisa saja memilih daerah lain seperti Indonesia, Malaysia , ataupun negara-negara lain , tapi tetap Arab yang dipilih, dan ini pastilah punya tujuan atau rahasia dibalik dipilihnya Arab.
Ini juga sama dengan ” kenapa nabi semua berasal dari bangsa Arab “.

Nah , untuk mengobati rasa penasaran anda , berikut penjelasan kenapa Islam lahir di Jazirah Arab :

1. Arab negara yang damai dan fitrah
Pada saat itu negara Arab merupakan negara yang memiliki penduduk yang hidup dengan damai dan tenang dibandingkan dengan negara lainnya. Bangsa Arab hidup dengan sederhana, tenang, dan jauh dari kemewahan seperti bangsa Persia yang memiliki kemewahan dan juga kecerdasan yang tinggi yang dapat merusak moral dengan membungkusnya dengan kedok agama. Bangsa arab tidak memiliki kekuatan militer seperti bangsa Romawi yang menyalahgunakannya untuk ekspansi negara lainnya.
Bangsa Arab juga tidak memiliki keunggulan dalam filosofis dan dialektika seperti bangsa Yunani sehingga menjadi bangsa yang kaya akan mitos dan khurafat. Bangsa Arab merupakan bangsa yang masih menjaga fitrahnya sehingga mereka memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi dan mulia, tetapi mereka tidak memiliki ma’rifat atau pengetahuan yang benar untuk jalan hidup mereka, sehingga bangsa Arab masih hidup dalam kebodohan dan kegelapan. Hal ini telah dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah ayat 198.

2. Arab terletak diantara dua peradaban
Salah satu alasan tempat kelahiran dan pertumbuhan Islam kenapa di Arab adalah Jazirah Arab secara geografis terletak diantara dua peradaban yang sangat berbeda yaitu peradaban pertama merupakan peradaban barat yang lebih mementingkan materi sehingga nilai-nilai kemanusiaan mereka tidak utuh, sedangkan peradaban yang kedua adalah peradaban timur yang penuh dengan nilai-nilai spiritual dengan khayalan.
Jadi secara logika jazirah Arab merupakan garis yang memisahkan dua peradaban yang sangat bertolakbelakang, sehingga Islam lahir dan tumbuh di tempat ini untuk merubah kedua peradaban menuju jalan yang benar. Dengan adanya letak strategis ini maka dapat memudahkan dakwah dari Arab ke seluruh penjuru dunia.

3. Bahasa Arab merupakan bahasa yang istimewa
Bangsa Arab berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab, ternyata setelah dikaji lebih dalam bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki keistimewaan dibandingkan dengan bahasa lain yang ada di dunia ini.
Jadi tak heran jika kalam Allah diterjemahkan dalam bahasa ini sebagai pedoman hidup manusia di dunia dan menjadi bahasa pertama yang harus dipelajari oleh setiap umat muslim.

Nah, demikian penjelasan singkatnya, ada juga yang berpendapat dipilihnya Arab karena memang disana saat itu sedang berada pada masa-masa jahiliyah, sehingga diutuslah nabi dan Rosul yang berasal dari Arab juga.

Ya, banyak pendapat yang menyebutkan alasan dipilihnya Jazirah Arab sebagai tempat lahirnya Islam karena ini dan karena itu.
Anda juga bisa menambahkan pendapat atau sumber yang bisa dipercaya tentang ini.

Dan yang jelas ,rahasia dipilihnya Jazirah Arabia sebagai tempat lahir dan berkembangnya Islam merupakan kehendak Allah SWT. Semua keistimewaan yang dimiliki oleh jazirah Arab merupakan rencana Allah sebagai tempat lahir dan tumbuhnya Islam dengan baik.
Jika Allah menghendaki daerah lain seperti Indonesia , Malaysia dan lain-lain sebagai tempat lahir dan tumbuhnya Islam maka daerah itu akan memiliki keistimewaan yang telah dirancang Allah SWT.
Jadi semua yang terjadi di dunia ini baik itu mengapa Islam lahir dan tumbuh di Jazirah Arab merupakan kehendak Allah yang harus diimani oleh setiap umat Islam di dunia ini.

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum, …

library : kumpulan misteri

_______________________________
Powered by : M2000 production
_______________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s