Darimana datangnya rezeki…? , apa saja amalan-amalan pembuka pintu rezeki ?

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana

image

M2000 – Setiap manusia pasti ingin mendapatkan rezeki yang berkecupan, namun kadang kita tidak tahu darimana atau bagaimana caranya mendapatkan rezeki tersebut.
Ya , kita memang tidak akan pernah tahu bagaimana Allah memberikan rezeki kepada kita, namun sebenarnya Allah sudah menunjukkan kepada kita bagaimana mendapatkan rezeki yang baik dan berkah melalui beberapa firmannya dan juga dari beberapa hadist yang disampaikan Rosulnya :

Mari kita pelajari satu persatu , amalan-amalan apa saja yang akan membukakan pintu rezeki kita :

1. Taqwa (Mentaati perintah dan menjauhi larangan Nya).  
“Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan jadikan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertwakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya”.(QS, 65 : 2-3).
 
2. Sholat Subuh, dan juga sholat lain. ”Barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan Nya kepada kalian dengan sebab apapun”..(HR Muslim).
 
3. Berbakti kepada orang tua. 
“Bersyukurlah (berterima kasihlah) kepada KU dan kepada orang tuamu, niscaya AKU akan menjagamu dari berbagai macam bencana, memanjangkan usiamu, menghidupkanmu dengan kehidupan yang baik dan membalikan keadaanmu kepada yang lebih baik dari sebelumnya”. (HR. Asakir, Jabira).

4. Shalat  dhuha.  
“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (solat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.” (Riwayat al-Hakim dan Thabrani).

5. Perbanyak Istighfar. 
“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirim-kan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS Nuh: 10-12).

6. Silaturahmi.  
 “Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), hendaknyalah ia menyambung (tali) silaturahim.”

7. Sedekah.  
“Sedekah itu tidak akan menyebabkan sesuatu pada harta, kecuali hanya akan memperbanyaknya. Karena itu bersedekahlah kamu sekalian, pasti Allah akan mencurahkan rahmatnya” (HR Ibnu Abiddunya).

8.  Berdagang / bekerja.
 “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu di negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagian duniawi dan berbuat baiklah, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi”. (QS, 28:77).

 “Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan” (Riwayat Ahmad ) … jika belum mampu berniaga, bekerjalah yang baik. 

Dan bahwasannya seorang manusia tidak akan memperoleh selain apa yang telah diusahakannya”. (QS Najm: 39).

“ Allah memberi rezeki kepada hambaNya sesuai dengan kegiatan dan kemauan kerasnya serta ambisinya. (HR. Athusi).

9. Bangun Pagi. 
Bangunlah pagi-pagi untuk mencari rezekimu dan melakukan tugasmu, karena hal itu membawa berkah dan kesuksesan. (H.R. At-Tabarani)

10. Berdoa dan bersyukur. 
“Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tedntang Aku, katakanlah bahawasanya Aku adalah dekat, Aku mengabulkan permohonan orang-orang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka memenuhi segala perintahKu dan hendaknya mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada di dalam kebenaran (QS, 2:186).

11. Umrah dan Haji. 
“Orang-orang yang mengerjakan ibadah haji dan umrah adalah tamu-tamu Allah, Allah memberi kepada mereka apa yang mereka minta, dan Dia mengabulkan semua do’a mereka; kemudian Dia akan mengganti semua harta yang mereka belanjakan untuknya….)

12. Menghidari perbuatan dosa.
“Dan seorang laki-laki dienyahkan baginya rezeki karena dosa yang dibuatnya (HR At Tarmizi).

13. Selalu berada dalam kondisi berwudhu
Seorang Arab Badui menemui Rasulullah s.a.w. dan meminta petunjuk mengenai beberapa hal termasuk mau dimurahkan rezeki oleh Allah (SWT). Beliau s.a.w. bersabda:
“Sentiasalah berada dalam kondisi bersih (dari hadas) niscaya Allah (SWT) akan memurahkan rezeki.” (Diriwayatkan dari Sayidina Khalid al-Walid)

Demikianlah, amalan-amalan pembuka pintu rezeki yang dapat admin sampaikan .

Semoga bermanfaat,

   “Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun“ (HR. Muslim).

Wassallamu’allaikum, …

library : thestraightway.info
 

_______________________________
Powered by : M2000 production
_______________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s