Iklan
Oleh: masshar2000 | 7 Juni 2016

Kisah Milyarder Arab Saudi Yang Memilih Hidup Tanpa Harta Di Hari Tuanya

image

M2000 – Siapa yang tak ingin kaya raya ?
Secara logika manusiawi , setiap orang pastilah berlomba-lomba mengumpulkan harta untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dan sedikit untuk bersenang-senang.

Ya , itu memang tidak salah jika mendapatkannya dari jalan yang benar .
Dengan kekayaan materi , seseorang bisa mendapatkan apa yang diinginkan .

Namun berbeda dengan kebanyakan orang yang bekerja banting tulang untuk menebalkan kantong pribadi, Sulaiman Al-Rajhi malah menyumbangkan seluruh harta yang dimilikinya.
Miliarder Arab Saudi ini memilih untuk jatuh miskin dengan memberi semua hasil jerih payahnya, termasuk uang tunai, saham dan properti kepada yang lebih membutuhkan.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (27/5/2016), Sulaiman Al-Rajhi merupakan pendiri bank Islam terbesar di dunia bernama Bank Al-Rajhi dan perusahaan terbesar di Arab Saudi. majalah Forbes pernah menobatkan Sulaiman Al-Rajhi sebagai orang ke-120 terkaya di dunia. Kekayaannya sampai dengan tahun 2011, tercatat berjumlah US$ 7,7 miliar.

Namun , yang perlu diketahui , ia hanya sempat mengenyam pendidikan hingga sekolah dasar. Akan tetapi dengan tangan dinginnya, Sulaiman Al-Rajhi mampu mengelola saham utama di Bank Al-Rajhi. Melalui bank itu, Sulaiman Al-Rajhi berupaya melawan segala bentuk kemiskinan terhadap rakyat kecil.

Saham tersebut kemudian dibagikan kepada anak-anaknya, yakni Saleh, Sulaiman, Abdullah dan Mohammed untuk dibagikan lagi ke keturunan selanjutnya. Sulaiman Al-Rajhi tidak sukses dalam hitungan malam. Hampir 30 tahun lamanya dia berupaya untuk menghubungkan nilai-nilai Islam dari Arab Saudi dengan Kristen dari negara barat dalam prinsip ekonomi.

Selain sukses di dunia perbankan, Sulaiman Al-Rajhi juga memiliki kebun kurma terluas di daerah Qasim dekat Riyadh, Arab Saudi. Kebun seluas 5.466 hektar yang ditumbuhi sekitar 200 ribu pohon kurma ini bahkan masuk Guinnes World Book Record.

Akan tetapi, pria berusia 96 tahun ini memilih mewakafkan ladang nan luas ini kepada Yayasan Al Khairiyyah. Menariknya setiap bulan Ramadan, buah-buah kurma dari ladang ini dibawa ke Masjidil Haram Makkah dan Masjidil Al Nabawi Madinah untuk menu buka puasa.

Kebun ini bukanlah satu-satunya kebun yang dimiliki oleh Al-Rajhi. Ada tiga perkebunan kurma lainnya yang juga ia wakafkan untuk bulan Ramadan.

Setiap hari Sulaiman Al-Rajhi harus bekerja keras dan tidak pernah lupa memulai serta menutup harinya dengan beribadah. Dia juga senantiasa berkegiatan sesuai jadwal sehari-hari yang sudah disusunnya sebagai pedoman aktivitas.

Dia juga pernah dianugerahi penghargaan King Faisal International Prize oleh Kerjaan atas segala kerja kerasnya. Akan tetapi, siapa nyana jutawan ini pernah jatuh miskin sebanyak dua kali dalam hidupnya. Akan tetapi, kondisi melarat yang pernah dialaminya itu justru kian mengubah pandangan Sulaiman Al-Rajhi.

Ia pun memantapkan diri untuk melepas semua harta untuk hidup bahagia, tenang dan damai. Baginya, seluruh kekayaan materi yang dia miliki semata-mata titipan Tuhan yang kapan saja bisa ditarik kembali.

Oleh karena itu, tanpa beban atau berat hati Sulaiman Al-Rajhi melepas semua kekayaan yang dimiliki kepada anak-anaknya yang berjumlah 32 orang. Tanpa sepeser pun uang yang tersisa pada dirinya hanyalah pakaian sehari-hari.

Meski demikian, Sulaiman Al-Rajhi dapat menikmati hidupnya dengan tentram. Bahkan dia yakin dengan cara seperti inilah dirinya dapat mengikat tali persaudaraan dengan keluarga.

Iklan

Responses

  1. saya butuh donatur untuk mengembangkan usaha di bidang pendidikan anak-anak yang putus sekolah, apabila ada yang berminat untuk membantu saya dalam bentuk materi.

    tolong transfer ke rekening
    a/n. Bpk AHMAD HAKIM MTD
    Bank BNI. 0363413641

    SAYA UCAPKAN RIBUAN TERIMA KASIH KEPADA DONATUR YANG MEMBAGI-BAGI REZEKINYA UNTUK JALAN YANG BAIK. SEMOGA ALLAH MEMBALASNYA BERLIPAT-LIPAT SEBAGAI GANTINYA. AMIN YA RABBAL ALAMIN.

    Suka

    • Assalammualaikum . Saya Euis Qadarsih sedang dalam.kesulitan memvayar hurang bank kurang lebih 80 jutaan . Uang pensiun suami ditipu biro perjalanan haji Yayasan assuryaniah milik hj suryani thohir almarhum. Sementara saya juga masih punya 2 orang anak lg yg masih kuliah dan sma yg akan masuk kuliah tahun ini . Semoga ada jalan dari Allah bantuan dr hamba2 Allah kepada saya . Ini no rek. Mandiri saya an. Euis Qadarsih 132 000 5872 669

      Suka

  2. Sy sekarang dalam kesulitan yg sangat besar menghadapi hutang yg jumlahnya jutaan dgn posisi tdk punya apa2 tuk d jual buat byr utang ke rentenir.sy mohon kerendahan dn keiklassan bpk untuk bantu sy..sy bersedia mengembalikan dgn mengangsur dgn gaji sy..sy mohon bantuannya

    Suka

  3. Assalamualaikm wr wb, saya sangat mendesak dlm urusan keuangan, saya punya tanggungan bebab keluarga anak 3 sedangkn saya hanya mengandalkn menjadi imam di mesjid di kampung saya,mudah2an ada donatur yg menginfakn sebagian hartanya kpd keluarga saya insyaAllah saya akan memanfaatkn harta itu di jln Allah, ( rek BRI 408201016977534 A/N : FACHRY DAULAH ,جزاكم الله خيرا كثيرا

    Suka

  4. Tuan bantu hutang saya 800 jt tolong di

    Suka

  5. Tuan bantu hutang saya 800 jt tolong d transfer 0072956204
    BCA terima kasih

    Hubungi 0812956204

    Suka

    • Tolong saya transfer secepat saya sudah lelah

      Suka

    • IBU RINA TINGGAL DIMANA….

      Suka

      • Di pulo jahe saya lelah

        Suka

      • Kapan sayA di bantu tuan biar saya tenang 081316878644 no telpon BCA 0072956204
        Saya mau bayar kan bantu saya

        Suka

      • SayA di jakarta tolong secepatnya saya di bantu dana hibah

        Suka

  6. Tadi saya tinggal di pulo gadung sekarang di pulo jahe saya takut di kejar orang menangguh saya sampai sekarang belum bayar mohon bantuan nya untuk melunasi hutang ku

    Suka

    • Tadi saya tinggal di pulo gadung sekarang di pulo jahe saya takut di kejar orang menangguh saya sampai sekarang belum bayar mohon bantuan nya untuk melunasi hutang ku saya lelah hidup seperti ini apakah bisa dana hibah di transfer ke rekening saya jujur saya mau bayarkan semua .

      Suka

      • Kapan sayA di bantu tuan biar saya tenang 081316878644 no telpon BCA 0072956204
        Saya mau bayar kan bantu saya hubungi saya bila sudah di bantu

        Suka

      • PUNYA USAHA APA BU RINA…

        Suka

  7. Bantuan Tuan secepat nya

    Suka

  8. Saya dagang nasi di rumah saya bangkrut total buat bayar rentenir saya mohon bantua nya

    Suka

    • Kapan saya bisa tenang Saya sudah tua saya umur 50 thun saya harap secepatnya hutang saya lunas sebelum ajal menjemputnya Hubungi saya segeralah bila di bantu dana hibah ke rekening saya

      Suka

  9. Saya berharap donatur bantuan nya boleh datang ke tempat ku allah yg balas amal baik sodara amin saya mohon terjepit saya tak lg berbuaat hutang sama rentenir

    Suka

    • Tuan tolong Hubungi saya biar tenang 081316878644 segera bantu masalah saya tuan

      Suka

    • Tuan tolong Hubungi saya biar tenang Tuan saya bingung bila ada sisa saya bagikan ke fakir miskin dan menambah modal usaha saya minta no telpon pak dani

      Suka

      • berapa hutangnya

        Suka

      • Tolong tuan negera bantu

        Suka

      • Sebanyak 800 juta pak bantu saya secepat nya ini rekening BCA saya 0072956204

        Suka

      • 800 juta an tolong saya

        Suka

      • Bantu pak beban saya biar tenang

        Suka

  10. Tuan bantu secepatnya saya pengen tenang tentram bersama keluarga sekarang saya cuma hidup 2 dengan anak saya sd kelas 4 tolong bantu saya

    Suka

  11. Tuan bantu
    Saya tolonglah kirim bantuannya saya berharap

    Suka

    • hutang sebanyak itu bekas apa bu rina,,harus jelas…

      Suka

      • Uang yg saya pinjaman buat belanja kebutuhan bahan poko dan uuntuk di kapal seperti beras da. Lainnya dan sebangun di bayar sebagian di hutang dan uang tersebut beranak 30 % dan keuntungan pun di 50% sedangkan pendapatan tidak seimbang kadang barang di tolak kadang jd busuk akhir nya rugi buat ku yg punya Uang gk mau tau yg akhir4 numpuk hutang ke yg lain buat tutup hutang gali lobang tutup longbang jadi terjerat tolong tuan secepat saya tobat

        Suka

      • SUAMI BEKERJA SEBAGAI APA….

        Suka

  12. Jujur saya sudah tobat skrng hari hari saya dgang nasi di depan rumah itu pun cuma ikut .numpang makan aja bantu saya kapan tuang masukkan me rekerning BUAT buat hutang lelah saya

    Suka

    • SUAMI BEKERJA SEBAGAI APA…

      Suka

      • Supir yg pendapata n pas pas san bantu tuan saya lelah

        Suka

      • Kalu memang mau bantu saya ada dermawan lah keadaan ku kondisi ku sakit sakit ta. Jadi khan mati sebelum a
        Hutang umur ku 50 tahun

        Suka

  13. assalamualaikum…maaf sebelumya kami saat ini lagi butuh dana yang cukup banyak untuk membangun sarana pendidikan di dalam pesantren kami sudah menggajukan proposal kesana sini tapi belum juga membuahkan hasil, jika kiranya berkenan mohon di bantuanya.. ni no rek ya…754901001769537..BRI.. terimakasih …waslamualaikum…

    Suka

  14. Assalamualaikum wr wb, saya sangat mendesak dlm urusan keuangan, saya kelilit hutang hingga 500 Jt(Lima Ratus Juta Rupiah),-
    saya mohon bantuannya tuan,untuk melepaskan smua hutang saya,atas ijin Allah.SWT semoga tuan sudi untuk membantu saya,karena dalam hal ini hanya Allah.SWT yg tau bahwa saya benar2 terlilit hutang,jika saya dusta maka Allah.SWT akan mengazab saya di dunia maupun di akherat.
    semoga tuan diberikan Rezeky yg melimpah karena sudah banyak membantu orang lain yang tertimpa musibah atau terlilit hutang.
    Mohon maaf jika tuan bersedia membantu saya, maka saya juga ada Nazar tersendiri.

    Maaf Tolong kirim ke Nr.AC BCA : 6290048395 – a/n Bambang Sucipto.

    Suka

  15. selamat malam.
    nama saya Tri Hendramurti..
    saya butuh dana 10 juta rupiah..
    tolong sekali…bila ada yg mau bantu..tolong transfer di rekening saya…
    BCA capem Kapas Krampung Surabaya Indonesia..
    nomer rekening..1010359534
    atas nama : Tri Hendramurti Rahayu..

    Bila ada yg membantu saya…saya berterima kasih…
    God Bless You.

    Suka


gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: