Begini Cara Memprediksi Cuaca Dengan Sederhana – Ada 8 Cara , Silahkan Dicoba Dan Dibuktikan !

image

Masshar2000.com – Saat ini kita tentu sering dibuat bingung dengan kondisi cuaca yang tidak menentu , kadang pagi cerah, siangnya panas , malamnya hujan , bahkan sering cuaca panas atau cerah tapi hujan , orang jawa bilang udan kethek.

Masyarakat pada umumnya mengetahui ramalan cuaca dari pemberitaan media elektronik yang bersumber dari sebuah badan khusus yang meninjau perubahan cuaca di negara ini. Namun, ternyata anda sendiripun dapat memprediksikan cuaca yang akan datang dengan melihat gejala alam yang ada disekitar kita.
Caranya pun sangat sederhana dan tanpa teknologi-teknologian dan hasilnya pun mendekati nilai kebenaran.

Setidaknya ada 8 cara yang bisa anda praktekkan nantinya .
Dan berikut 8 Cara Memprediksi Cuaca Sederhana dengan Melihat Gejala Alam :

1. Mengecek embun yang ada di rumput
Pada saat matahari terbit, anda dapat memprediksi cuaca dengan mengecek keadaan embun yang ada di rumput. Jika ada embun yang berada di rumput maka dapat dipastikan pada hari itu tidak akan turun hujan, tetapi jika tidak ditemukan mebun dalam rumput atau rumput dalam keadaan kering maka dapat dipastikan adanya angin dan hari itu akan turun hujan.

2. Melihat cahaya merah
Melihat cahaya merah dapat dilakukan ketika matahari terbenam yaitu disebelah barat. Jika terlihat cahaya merah pada saat itu maka dapat dipastikan adanya udara kering yang telah lewat dan udara yang bertekanan rendah telah membawa udara lembab.

3. Melihat pelangi disebelah barat
Jika terlihat pelangi disebelah barat maka dapat diprediksi bahwa hari itu akan turun hujan, tetapi jika terlihat pelangi disebelah timur maka dapat diprediksikan bahwa hari itu cuaca akan cerah dan tidak turun hujan.

4. Mendeteksi arah angin
Cara memprediksi cuaca secara sederhana berikutnya adalah dengan mendeteksi arah angin. Jika terdapat angin timur maka dapat diprediksikan akan terjadi badai sedangkan angin barat memprediksikan sebaliknya. Tetapi jika ada perbedaan tekanan udara yang sangat tinggi maka dapat diprediksikan akan adanya badai besar yang terjadi.

5. Mencium aroma udara
Pada saat udara bertekanan rendah maka tumbuhan akan mengeluarkan zat buang yang beraroma seperti kompos, hal ini menandakan hujan akan turun. Selain itu, aroma wangi bunga pun juga dapat sebagai tanda bahwa hari akan hujan.

Jika rawa mengeluarkan bau yang tidak enak, maka dapat dipastikan akan terjadi sebuah badai yang diakibatkan oleh rendahnya tekanan udara.

Selanjutnya…

Dengan melihat awan…

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s