Fakta Yang Tidak Banyak Diketahui Tentang Proklamasi 17 Agustus 1945

image

M2000 – Kita sebagai warga negara yang baik dan cinta terhadap bangsa, pasti tidak akan melupakan hal paling bersejarah bagi bangsa ini.

Tepatnya pada tanggal 17 agustus 1945 Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia dibacakan Ir .Sukarno , dan itu menjadi tonggak sejarah perjuangan bangsa.
Naskah proklamasi Indonesia yang tidak hanya untuk dihapalkan, tetapi menjadi peringatan untuk bangsa tentang bagaimana pedihnya dijajah bertahun-tahun dan pada akhirnya perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan Republik Indonesia berhasil dengan memproklamirkan proklamasi.

Naskah proklamasi sendiri dirumuskan oleh Mr. Ahmad Subarjo & Drs. Moh. Hatta, sedangkan penulisnya adalah Ir. Soekarno , setelah sebelumnya pada tanggal 15 agustus malam , Sukarno-Hatta ” diculik ” sekumpulan pemuda yang dipimpin oleh Sukarni untuk dibawa ke Rengas Dengklok.
Tentu tujuan penculikan tersebut adalah bertujuan baik , karena memang bertujuan untuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan secepatnya pada tanggal 16 agustus sehari sebelum teks dibacakan.

Baca : Jangan lupakan sejarah , ingat 16 agustus 1945 , ingat Sukarni ( biografi Sukarni )

Konsep proklamasi sebelum mengalami perubahan seperti pada gambar berikut:

image

Teks naskah tersebut dinamakan teks naskah Proklamasi Klad yakni asli tulisan tangan Ir. Soekarno sebagai pencatat & merupakan hasil karangan Drs. Moh. Hatta & Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo dan atas usul Sukarni yang akhirnya mengalami beberapa perubahan , termasuk didalamnya , siapa yang akan bertanda tangan.

Adapun naskah proklamasi setelah mengalami perubahan disebut dengan naskah Proklamasi Otentik yang diketik oleh Sayuti Melik.

image

Naskah proklamasi tersebut dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Moh. Hatta di tempat kediamannya Ir. Soekarno, jalan pegangsaan Timur No 56 Jakarta, pada hari jumat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.10 WIB.

Pada teks atau naskah proklamasi klad tidak ditandatangani sedangkan naskah proklamasi otentik ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.

Dan berikut kejadian-kejadian yang tidak banyak orang ketahui tentang sejarah proklamasi itu sendiri :

1. Rencana awal dibacakan di lapangan IKADA
Rencananya pada tanggal 17 agustus , naskah proklamasi akan dibacakan di lapangan Ikada , namun tidak jadi karena alasan keamanan dan akhirnya dibacakan di jalang Pegangsaan Timur 56 Jakarta ditempat kediaman Sukarno pada jam 10.00 pagi.
Banyak kelompok pemuda dan tokoh masyarakat yang telat hadir saat pembacaan naskah proklamasi karena tempatnya tidak sesuai seperti rencana semula.
Mereka memaksa Sukarno membacakan lagi naskah proklamasi , namun Sukarno dengan tegas mengatakan bahwa Proklamasi hanya dibacakan sekali saja , pertama dan terakhir tidak boleh diulang lagi.
Namun mereka masih memaksa Sukarno untuk membacakan lagi. Tapi Sukarno tetap pada pendirian ” Proklamasi hanya dibacakan sekali saja “.

Akhirnya Sukarno meminta Hatta untuk memberikan penjelasan dan menyatakan kemerdekaannya melalui pidatonya.

2. Kenapa naskah asli dicoret-coret ?
Dan tahukah anda , kenapa naskah proklamasi ada kata-kata yang dicoret-coret ?

Jawabannya adalah karena terjadi perbedaan saat perumusannya dan perlunya direvisi.
Pada tulisan pertama ada kata diusahakan dan diganti dengan diselenggarakan.
Kemudian dibawahnya ada kalimat ” wakil bangsa Indonesia ” diganti dengan kalimat ” atas nama bangsa Indonesia ” , itulah yang diusulkan Sukarni , karena menurutnya , jika menggunakan kalimat wakil bangsa Indonesia , artinya akan banyak tanda tangan disitu , dan akhirnya menggunakan kalimat ” atas nama bangsa Indonesia ” karena lebih tegas.

3. Kenapa kertas naskah asli Proklamasi terlihat kusam ?
Ceritanya setelah naskah otentik ditulis Sukarno , dan sudah diketik oleh Sayuti Melik , naskah proklamasi klad ini dibuang begitu saja di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Sedangkan yang menyelamatkan naskah bersejarah ini ialah B. M. Diah yang menemukannya di tempat sampah karena sudah dibuang Sukarno . B.M.Diah menyimpannya selama 46 tahun, sampai pada akhirnya diserahkan kepada presiden Soeharto di Bina Graha pada tanggal 29 Mei 1992.

Ya , jika ada pertanyaan kenapa naskah asli terlihat kusam , karena Sukarno langsung meremas-remas kertas dan langsung membuangnya .

Namun , beruntunglah kita sebagai generasi penerus bangsa , karena naskah asli yang sudah dibuang Sukarno tersebut diambil oleh BM Diah dan bisa kita lihat fotonya sampai sekarang dan kita jadi percaya bahwa sejarah itu benar dan tidak dibuat-buat , sehingga tidak ada kalimat ” No Pict Hoax “.

4. Suara Sukarno tidak Live saat proklamasi
Jika anda saat ini menduga suara Sukarno saat membacakan proklamasi adalah suara asli Sukarno pada tanggal 17 agustus 1945 jam 10.00 pagi itu , anda salah.
Perlu anda ketahui , pada saat itu Jepang masih menyegel semua stasiun radio yang ada , sehingga tidak mungkin pihak Radio merekam dan menyiarkannya langsung.
Dan kenyataannya , suara tersebut adalah suara rekaman Sukarno setelah stasiun radio berhasil dikuasai pemerintah lagi.

image

Sukarno saat rekaman ulang membacakan teks proklamasi

Jadi ceritanya para kelompok pemuda dan tokoh-tokoh saat meminta Sukarno untuk membacakan lagi teks proklamasi lagi seolah-olah seperti suasana saat proklamasi, kemudian di siarkan di stasiun radio nasional.

Ya , itulah kenyataan yang ada berdasarkan data dan penuturan para pelaku sejarah dan peneliti sejarah yang beberapa waktu yang lalu ditayangkan di Mata Najwa Metro TV.

Ternyata , banyak hal yang tidak kita tahu sebelumnya kini menjadi lebih terbuka dan semakin lurus .
Memang , sejarah adalah buatan penguasa , karena dimanapun juga penguasa akan menutup rapat fakta sejarah yang sebenarnya jika itu merugikannya apalagi penguasa tersebut adalah musuh politik penguasa sebelumnya.

Dan kini saat demokrasi lebih terasa , fakta sejarah bisa semakin terkuak dan semakin lurus menuju kebenaran yang sesungguhnya.

Dan berikut video suara Sukarno saat membacakan Proklamasi

Baca juga :   Tokoh-tokoh yang terlupakan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia

…Jangan Lupakan Sejarah …

Library : wikipedia , mata najwa dan dirangkum dari berbagai sumber

Iklan

One thought on “Fakta Yang Tidak Banyak Diketahui Tentang Proklamasi 17 Agustus 1945

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s