Inilah Sosok Putra Mahkota Pengganti Raja Bhumibol Thailand

image

Putra Mahkota Vajiralongkorn dalam upacara di Bangkok pada Mei 2016 © Athit Perawongmetha/Reuters

M2000 – Seperti kita ketahui , Raja Thailand Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada kamis sore ( 13/10 ) waktu setempat.
Raja Bhumibol berkuasa selama lebih dari 7 dekade .
Bhumibol sangat dicintai rakyatnya dan dianggap sebagai manusia setengah dewa , sehingga pemerintah Thailan pun mengumumkan masa berkabung selama setahun.

Kini , setelah Raja Bhumibol Adulyadej dipastikan meninggal dunia pada Kamis (13/10) sore kemarin, pertanyaan besar pasti muncul mengenai sosok penganti raja Thailand itu. Perdana Menteri Prayun Chan pun akhirnya mengumumkan jika satu-satunya anak laki-laki Bhumibol yakni Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn akan jadi raja Thailand baru.

Berbeda dengan Bhumibol yang begitu dihormati bahkan dianggap setengah dewa oleh warga Thailand, sosok Vajiralongkorn tidak terlalu populer di kalangan rakyat.
Pria berusia 64 tahun ini lebih sering menghabiskan waktu di luar negeri dan malah mencuat karena beberapa skandal yang menjeratnya. Tak heran kalau kemampuan Vajiralongkorn dalam menjaga persatuan dan kondisi politik Thailand masih belum teruji.

Semenjak kondisi sang ayah memburuk dan Thailand dikuasai junta militer sejak 2014, Vajiralongkorn mulai sering melakukan tugas kerajaan dan muncul di depan publik. Sekedar informasi, Vajiralongkorn memiliki tiga saudari perempuan yaitu Putri Ubol Ratana, Putri Maha Shakri Sirindhorn dan Putri Chulabhorn Walailak, seperti dilansir The Guardian.

image

Putra mahkota Vajiralongkorn bersama ibu dan ayahnya Raja Bhumibol

Vajiralongkorn diketahui menempuh pendidikan menengah di Inggris lalu mengikuti pelatihan militer di kampus Royal Military Australia dan bergabung ke militer Thailand. Sempat mengambil pendidikan pilot di Amerika Serikat, Vajiralongkorn pernah jadi pilot pesawat tempur Thailand dan pilot maskapai milik negara, Thai Airways. Media dan warga Thailand sendiri tak banyak bicara soal Vajiralongkorn karena terkait undang-undang Anti Penghasutan Kerajaan di mana siapapun yang menghina Raja, Ratu dan anggota keluarga Kerajaan Thailand akan terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Hanya saja kehidupan pribadi Vajiralongkorn lebih disorot media internasional. Vajiralongkorn dijuluki playboy yang gemar pesta dan dia ternyata sudah tiga kali menikah yang semuanya bercerai. Media Amerika Serikat, Daily Beast, menulis kalau saat masih menikah dengan istri pertama, Soamsawali Kitiyakara, Vajiralongkorn punya lima anak dengan perempuan selingkuhannya, Yuvadhida Polpraserth yang akhirnya jadi istri kedua. Lalu istri ketiganya, Srirasmi Suwadee, diusir dari kerajaan dan gelar bangsawannya dicopot karena dituding memanfaatkan hubungan dengan Kerajaan Thailand.

image

Putri Sirindhorn saat tampil di sebuah museum di Paris tahun 2006 Francois Guillot/AFP

Hal lain yang bikin khawatir adalah Vajiralongkorn dikenal dekat dengan mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawarta yang lengser saat kudeta dan kabur ke luar negeri.
Sementara itu pemerintah junta militer begitu membenci Thaksin dan keluarganya. Tak heran kalau beberapa pihak ada yang berharap Putri Sirindhorn-lah yang menggantikan Raja Bhumibol. Hanya saja undang-undang Kerajaan Thailand tidak pernah memiliki Ratu dan ahli waris selalu jatuh ke tangan anak laki-laki.

Library : kapanlagi

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s