Iklan
Oleh: masshar2000 | 19 Januari 2017

Hina Soal Pangkat Jendral Otak Hansip , Rizieq Shihab Dipolisikan Warga , Ini Komentar Kapolri

image

Masshar2000.Com – Lagi-lagi kasus lapor-melapor terjadi , sepertinya akan menjadi trend dalam beberapa waktu kedepan .
Tak ada asap maka tak ada api , begitulah peribahasa menjelaskan .
Kasus lapor-melapor ini dipicu oleh hujatan atau saling hina-menghina sekelompok orang dan bisa juga karena merasa dirinya diatas , jadi tersinggung sedikit saja merasa dinistakan atau di dholimi.

Kali ini menimpa pimpinan FPI , Rizieq Shihab.
Penyidik Polda Metro Jaya akhirnya menyelidiki laporan yang disampaikan warga terkait ucapan Rizieq Shihab yang dinilai merendahkan martabat hansip.
Hal ini masuk dalam pasal menebar kebencian .

Laporannya masih dalam penyelidikan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Selasa.

Argo menuturkan seorang warga bernama Edy (ketua Linmas /ketua Hansip ) melaporkan Habib Rizieq terkait video isi ceramah menyebutkan “Jenderal Hansip” yang tersebar melalui Youtube.

Argo mengatakan penyidik akan mendalami laporan tersebut dengan memeriksa saksi pelapor dan ahli sebelum meminta keterangan Habib Rizieq sebagai saksi terlapor.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/193/I/2017/PMJ/Ditreskrimsus tertanggal 27 Januari 2017, Edy melaporkan Rizieq dugaan pelangaran Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Edy melaporkan Habib Rizieq yang menyampaikan ceramah menyinggung soal jenderal hansip sehingga dianggap menyebarkan kebencian.

Dalam ceramah Habib Rizieq menyinggung soal logo palu arit di mata uang rupiah. Namun ia mengatakan, gara-gara mengungkap persoalan ini , Kapolda di Jakarta mengancam akan mendorong Gubernur BI melaporkan Habib Rizieq.
.”Pangkat Jenderal otak hansip,” kata Rizieq.

Hingga berita ini diturunkan, Habib Rizieq dan juru bicara FPI, Munarman belum ada klarifikasi .

Apa Pendapatk Kapolri ?

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengomentari pernyataan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq terkait ‘Jenderal otak hansip‘.
Menurut Tito, kasus ujaran kebencian tersebut akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Begini ini kan makanya kita kembali ke hukum. Kalau memang kita melakukan lidik apakah ini ada unsur penghinaan terhadap seseorang tertentu. Apakah ada pencemaran. Kalau ada, kita lakukan lidik dan sidik,” ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/1).

Tito mengatakan, pihaknya tidak dapat menolak jika ada pihak tertentu yang melaporkan kasus tersebut. Pasalnya, pihak tersebut telah merasa dirugikan dengan pernyataan Rizieq.

Kemudian kalau nanti juga ada merasa terhina dan direndahkan karena dianggap hansip otaknya dianggap lebih rendah dan dianggap low class dan mereka kemudian membuat laporan kita tidak bisa tolak,” ucap dia.

Tito pun mengingatkan kepada Habib Rizieq bahwa di Indonesia juga banyak yang memiliki pendidikan tinggi dan bergelar sarjana. Karena itu, ia meminta agar semua pihak hati-hati dalam berkomentar di zaman UU ITE.

Itu mereka (hansip) otaknya nggak bodoh bodoh amat. Dan jangan lah gitu karena mereka saudara kita. Makanya, kita jangan buat komentar yang seolah-olah mereka menjadi lebih rendah daripada yang lain,” kata dia.

Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut menambahkan, profesi hansip juga harus dihargai lantaran mereka merupakan bagian komponen dari negara. Bahkan, kata dia, telah diatur dalam UU bahwa mereka bagian dari sistem keamanan negara.

Jadi mereka penting bagi bangsa. Prinsip kalau mereka membuat laporan, dan mereka ada di mana-mana seluruh indonesia, kami tidak ada hak melarang mereka,” jelas dia.

Seperti diketahui, pernyataan ‘Jenderal otak hansip‘ tersebut dilontarkan Rizieq saat dirinya berceramah dan sekaligus menanggapi peluncuran uang cetakan baru yang diduga berlogo palu arit. Kemudian, seorang warga bernama Eddy Soetono (62 tahun) melaporkan Rizieq ke Polda Metro Jaya atas tuduhan menyebarkan kebencian berbau SARA melalui media elektronik.

Laporan tersebut terdaftar dan diterima oleh pihak Polda Metro dengan nomor LP/193/I/2017/PMJ/ Dit.Reskrimsus tertanggal 12 Januari 2017. Dalam laporan itu, Rizieq disangkakan melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Library : republika

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: