Pengajian Ustadz Khalid Basalamah Dibubarkan Banser , Ini Penjelasan Polisi

image

M2000 – Beberapa hari lalu , jagad medsos dan media online ramai mengabarkan tentang aksi Banser yang membubarkan pengajian yang menampilkan ustadz Khalid Basalamah .

Banyak protes dari berbagai kalangan atas aksi intoleran pihak Banser ini .
Benarkah Banser membubarkan pengajian ?

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Anwar Nasir menegaskan pihaknya sudah menyarankan agar Khalid Basalamah tak berceramah pada pengajian Sabtu (5/3) pagi di Masjid Shalahudin Sidoarjo. Saran itu disampaikan karena adanya penolakan dari GP Ansor Sidoarjo.

Penolakan tak hanya kali ini terjadi. Pada beberapa pengajian lain di Gresik, Surabaya, dan Mojokerto sekelompok masyarakat juga menolak kehadiran Khalid Basalamah. “Menurut mereka isi ceramah Khalid mendiskreditkan amaliyah Nadhatul Ulama,” kata Anwar kepada Republika.co.id, Ahad (5/3).

Di sisi lain, polisi tidak bisa melarang siapapun yang ingin beribadah atau mengadakan pengajian.
Pada prinsipnya kami menjamin kebebasan beribadah, namun karena ada penolakan dari GP Ansor maka disarankan penceramah diganti ustadz lain,” imbuhnya.
Sebelumnya Khalid Basalamah dijadwalkan mengisi pengajian pagi dan tabligh akbar yang digelar ba’da magrib.

Walau kedua belah pihak sudah berdialog namun pada kenyataannya panitia tetap menghadirkan Khalid Basalamah. Khalid tetap mengisi pengajian yang diadakan di Masjid Shalahudin Perumahan Puri Surya Jaya Land Kecamatan Gedangan Sidoarjo.

Pengajian yang dimulai pukul 09.00 WIB itu pun sempat diwarnai ketegangan lantaran sekitar seratus anggota GP Ansor mendatangi masjid. Tapi Anwar menegaskan tidak ada pembubaran jamaah pengajian. Jamaah tetap di masjid karena panitia hanya meminta Khalid menghentikan ceramah.

Apabila muncul protes dari kalangan jamaah, menurut Anwar, itu adalah sesuatu yang wajar. Apalagi jamaah yang hadir pada saat itu banyak yang berasal dari luar kota.
Kemarin yang tidak jadi melihat Khalid Basalamah di Gresik, Mojokerto, Surabaya, dan kota-kota lain sengaja datang ke Sidoarjo,” jelas Anwar.

Menurut Ketua GP Ansor Cabang Sidoarjo H Riza Ali Faizin,  kenapa GP Ansor dan Banser menolak Khalid Basalamah? Karena pada saat melakukan ceramah, Khalid Basalamah kami anggap sering menjelek-jelekan umat Islam yang lain, dan memprovokasi sesama umat dan rentan menimbulkan konflik.

Yang kami tolak bukan pengajiannya, namun Khalid Basalaman,” terangnya.

Jadi bukannya membubarkan pengajian, namun kami melarang salah satu penceramahnya yakni Khalid Basalamah.
“Setelah penceramat tersebut turun dari mimbar dan diganti penceramah lainnya, pengajian pun berlanjut,” ujar Riza.

Di tempat yang sama, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Sidoarjo H Maskun menyatakan bahwa warga Nahdlatul Ulama tidak melarang amaliyah orang lain. “Yang penting jangan menganggap sesama warga muslim itu kafir, nantinya akan menimbulkan persoalan,” ujarnya.

Nah , sudah clear bukan ?
Fakta dilapangan adalah Banser hanya meminta agar penceramahnya bukan Khalid Basalamah ,karena menurut mereka (NU) , Khalid selalu mendeskreditkan NU , padahal di daerah itu mayoritas adalah warga NU .
Jadi bukan membubarkan pengajian ya ..

Apakah aksi ini termasuk intoleran ?

Beberapa daerah juga memberlakukan aksi penolakan terhadap ustadz atau kyai ataupun ajaran yang dibawanya , sebagai contoh ada Majelis Tafsir Al-Qur’an (MTA) , beberapa daerah juga menolak aliran atau ajaran yang di pimpin ustadz Sukino ini , atau Ustadz Tengku Zulkarnain yang bahkan massa Dayak sampai masuk bandara dan bahkan belum lama di Surabaya , terjadi penolakan terhadap ketua FPI H.Rizieq Shihab .
Semua karena sebab akibat , toh buktinya Ustadz Yuruf Mansur , AA Gym , Gus Mus , Habib Syech dan lain-lain juga tak masalah berdakwah dimana saja …Sekali lagi ini karena hukum sebab akibat.

Library : republika

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s