Iklan
Oleh: masshar2000 | 29 Mei 2017

Apa itu Habib dan Berapa Jumlah Habib di Indonesia ?

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

Masshar2000.Com – Habib Rizieq Shihab pendiri dan juga imam besar Front Pembela Islam adalah salah satu habib yang paling populer di Indonesia .
Semenjak mendirikan FPI , nama Rizieq Shihab kian melambung ditanah air , terlebih setelah aksi 212 .
Sebelumnya , secara umum orang Indonesia tidak begitu tahu apa itu habib , baru setelah Habib Rizieq banyak disorot media , barulah orang mencari tahu apa itu habib .

Tak banyak yang tahu darimana asal muasal sebutan Habib. Orang awam hanya paham, Habib identik dengan ustadz keturunan Arab dengan stereotip berjanggut tebal dan bersorban. Publik hanya mengetahui bahwa Habib adalah pendakwah yang harus dihormati seperti ustadz atau da’i pada umumnya .

Jika ditelisik dalam perspektif antropologis, munculnya Habib merupakan fenomena ‘penghormatan’ terhadap keturunan Nabi Muhammad SAW. Sebutan Habib itu dinisbatkan secara khusus terhadap laki-laki keturunan Nabi Muhammad SAW melalui pernikahan Sayyidah Fatimah az-Zahra ra dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra yang berputra Hasan dan Husein serta Zainab.

Istilah Habib umumnya mengacu kepada keturunan Rasulullah SAW yang dari Hadaramaut Yaman. Namun keturunan Nabi Muhammad SAW yang bukan dari Hadramaut umumnya memakai gelar Sayyid atau Syarif. Bagi para perempuan keturunan Nabi Muhammad SAW, di Indonesia umumnya disebut Syarifah.

image

Di Indonesia gelar untuk keturunan Rasulullah SAW menjadi bermacam-macam. Beberapa diantaranya Yek untuk daerah Jawa, Ayip untuk daerah Palembang dan sekitarnya. Ada pula gelar mereka yang sudah akrab bagi warga Banten dan sekitarnya yakni Tubagus. Gelar Tubagus diberikan bagi keturunan Rasulullah SAW dari fam Azmatkhan. Fam ini diambil dari Sayyid Abdul Malik Sayyid Abdul Malik lahir di kota Qasam, sebuah kota di Hadhramaut, sekitar tahun 574 Hijriah.

Ia juga dikenal dengan gelar “Al-Muhajir Ilallah”, karena beliau hijrah dari Hadhramaut ke Gujarat untuk berdakwah sebagaimana kakeknya, Sayyid Ahmad bin Isa, digelari seperti itu karena ia hijrah dari Iraq ke Hadhramaut untuk berda’wah.
Menurut Sayyid Salim bin Abdullah Asy-Syathiri Al-Husaini (Ulama’ asli Tarim, Hadramaut, Yaman), keluarga Azmatkhan yang merupakan leluhur Walisongo di nusantara adalah dari Qabilah Ba’Alawi atau Alawiyyin asal Hadramaut, Yaman, dari gelombang pertama yang masuk di nusantara dalam rangka penyebaran Islam. (sumber : Wikipedia)

Dari trah itulah muncul gelar khusus, yaitu Habib (yang tercinta), Sayid (tuan), Syarif (yang mulia) Tubagus, dan lain sebagainya. Gelar Habib juga berarti panggilan kesayangan dari cucu kepada kakeknya dari golongan keluarga tersebut.

Berdasarkan catatan Rabithah Alawiyah, organisasi yang melakukan pencatatan silsilah para habib, ada sekitar 20 juta orang di seluruh dunia yang menyandang gelar ini. Mereka yang juga disebut alawiyin atau saadah itu terdiri dari 114 marga. Menurut Ar-Rabithah, hanya keturunan laki-laki saja yang berhak menyandang gelar Habib.

Di kalangan Arab-Indonesia, menurut catatan Rabithah Alawiyah, ada sekitar 1,2 juta orang yang ‘berhak’ menyandang sebutan Habib. Mereka memiliki moyang yang berasal dari Yaman, khususnya Hadramaut.

Bagi sebagian orang Indonesia, habib adalah gelar istimewa. Habib lebih dari sekadar keturunan Arab yang berbusana sorban dan menumbuhkan jenggot.
Habib, yang secara harfiah berarti “yang disenangi atau dicintai ” adalah orang-orang yang memiliki pertalian garis keturunan dengan Nabi Muhammad.
Moyang kaum Alawiyin –keturunan Rasulullah dari putrinya, Fatimah, dan mantunya, Ali bin Abi Thalib– datang ke Nusantara ratusan tahun lalu untuk berdagang, kemudian berdakwah.
Para habib lalu menetap di Indonesia dan hidup layaknya pribumi.

Saat ini, terdapat 13.171 habib terdata sebagai warga negara Indonesia. Semua dinaungi Rabithah Alawiyah, organisasi sosial kemasyarakatan untuk menyensus para habib.
Maka para habib di Indonesia didata secara lengkap, mulai di mana mereka tinggal, tingkat pendidikan mereka, dan jumlah populasi berdasarkan marga.
Menurut sejarahnya para pedagang Hadramaut ini banyak yang berdagang di Jakarta , khususnya kawasan tanah Abang , maka tak heran jika di Jakarta banyak sekali habib .
Menurut sumber lain daerah yang banyak habibnya adalah Gresik dan Sidoarjo .

image

Berikut potret data populasi habib di Indonesia yang dihimpun Rabithah Alawiyah khusus untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya ,

image

image

image

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum…
Library : satuislam , wikipedia , rabithah alawiyah

Iklan

Responses

  1. […] Berapa Jumlah Habib Di Indonesia ? […]

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: