Iklan
Oleh: masshar2000 | 26 Oktober 2017

Singapura Akan Larang Mobil Pribadi Melintas di Jalan Raya

image

M2000 – Sebagai negara kaya dan maju , Singapura memang banyak dijadikan rujukan dalam berbagai hal .
Membuang sampah sembarangan saja didenda , dan bukan hanya sebagai spanduk saja , melainkan benar-benar didenda , karena di negara yang tidak lebih besar dari pulau Jakarta ini , di setiap sudut kamera CCTV akan mengawasi selama 24 jam .

Bahkan karena saking ketatnya aturan disana , kedepannya guna mempersembahkan kenyamanan publik , pemerintah akan segera memberlakukan aturan yang melarang mobil pribadi melintas di jalan-jalan utama .
Menurut Otoritas Transportasi Darat Singapura atau LTA, pertumbuhan mobil pribadi dan sepeda motor akan dikurangi dari 0,25 persen setiap tahun hingga 0 persen pada Februari 2018. Pada akhir 2016, jumlah mobil pribadi di Singapura tinggal sekitar 600 ribu unit.

Selama ini, Singapura memberlakukan kuota penjualan mobil, termasuk jumlah mobil yang melintas di jalan rakyat, untuk menghindari kemacetan parah, seperti yang terjadi di sejumlah negara Asia saat ini.
LTA menjelaskan, 12 persen dari seluruh lahan di Singapura telah dipakai untuk jalan raya dan terbatasnya lahan untuk ekspansi.

Untuk menekan jumlah mobil pribadi, Singapura telah meningkatkan biaya untuk pembelian mobil dan membuat aturan yang mengharuskan pembeli pertama memiliki sertifikat hak untuk memiliki mobil yang berlaku selama 10 tahun. Harga satu sertifikat sekitar Sin$ 50 ribu.
Bahkan harga mobil Toyota Corolla Altis berikut sertifikatnya mencapai empat kali lipat dari harga yang dijual di Amerika Serikat.
Dan tahu tidak , kalau disana , harga mobil sekelas Avanza harganya bisa mencapai 1,3 miliar artinya bisa 5 kali harga di Indonesia .

Dan bukan sekedar mengeluarkan aturan tanpa solusi , Singapura pun telah menyediakan anggaran sekitar Sin$ 28 miliar untuk meningkatkan dan memperluas sistem transportasi publik untuk lima tahun.

Library : tempo , infodunia.id

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: