Iklan
Oleh: masshar2000 | 3 November 2017

22 Tahun Mangkrak , Tol Becakayu Dibuka Jokowi Hari Ini

image

Presiden Jokowi bersama dua jagoannya

M2000 – Inilah bukti presiden Jokowi tidak main-main dengan uang rakyat.
Banyak yang mengkritik bahkan menghujatnya karena banyak hutang untuk pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia .

Semua mata para haters tertuju pada angka 3700 triliun hutang pemerintah di era Jokowi apalagi jika dirata-rata per kepala rakyat Indonesia bahkan yang baru lahirpun harus dibebani tanggungan hutang 13 juta rupiah , namun Jokowi tak bergeming , untuk menjadi maju semua negara besar memang harus hutang .
Jokowi bersikukuh , hutang untuk pembangunan yang berkelanjutan dan tidak dikorupsi , bukan untuk subsidi yang memanjakan rakyat sementara keadilan tidak merata .
Jokowipun bahkan dengan berani mencabut subsidi BBM dan TDL bagi warga mampu untuk dialihkan ke megaproyek infrastruktur di luar jawa .

Tanpa mengabaikan pembangunan di luar jawa , Jokowi juga menggenjot infrastruktur di pulau jawa .
Kita yang tinggal di Jawa pasti hampir setiap hari melihat pembangunan jalan atau setidaknya truk-truk yang lalu lalang membawa material untuk dibawa ke proyek .
Ya inilah program Jokowi selama 5 tahun yang tidak bisa di ganggu gugat .

Seperti yang terjadi hari ini , Jokowi meresmikan Tol Becak ayu setelah 22 tahun mangkrak .
Jalan tol layang yang membentang sepanjang saluran Kalimalang mungkin menjadi pemandangan biasa orang-orang yang melalui jalur Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Tol tersebut sudah dibangun sejak 1995, namun tak kunjung usai penyelesainnya.
Saya adalah salah satu saksi mata dimana di era 2000an tinggal disekitar tol mangkrak ini .
Saya tahu benar bagaimana tiang-tiang beton tak bertuan menjadi teman sejati kali malang yang membentang dari Bekasi ke Jakarta Timur .
Jalanan hancur dan becek serta air meluap sampai menutup jalan bahkan masuk ke pekarangan rumah sepanjang kalimalang bukan pemandangan aneh kala itu . Bahkan kalau hari senin , jalan di samping Kalimalang yang rusak dan becek itu macet juga , sementara kalau malam gelap tanpa ada penerangan yang memadai .

Tapi hari ini, jalan tol tersebut akan dioperasikan setelah 8,26 kilometer (km) bagian dari jalan tol tersebut rampung penyelesaiannya. Meski belum bisa beroperasi seluruhnya, namun bagian dari Tol Becakayu yang menyambungkan Cipinang Melayu hingga Jakasampurna, hari ini bakal dibuka dan bisa dirasakan manfaat pembangunannya setelah tertunda belasan tahun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan langsung pengoperasian tol yang disebutnya mangkrak selama 22 tahun ini. Jokowi akhirnya kembali lagi ke tol ini setelah terakhir kali meninjaunya setahun yang lalu, atau tepatnya 6 November 2016 lalu.

Berdasarkan data PT Waskita Karya Toll Road yang dilansir detikFinance, Jumat (3/11/2017), secara keseluruhan tol ini memiliki panjang 23,8 km yang terdiri dari 2 seksi. Seksi 1 sendiri dibagi lagi menjadi A, B dan C, sedangkan yang akan diresmikan pengoperasiannya hari ini adalah seksi 1B dan 1C.

Awal pintu tol dimulai dari gerbang tol atau ramp on Cipinang di Jakarta Timur hingga ramp on di Jakasampurna. Kendaraan nantinya bisa melaju hingga kecepatan 80 km/jam dengan jumlah lajur 2×3, lebar 3,5 meter.

Sebagai informasi, rencana pembangunan jalan tol ini sudah diinisiasi sejak 1995 dengan tujuan mengurangi kemacetan di jalur Bekasi-Jakarta. Setahun kemudian, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga yang merupakan patungan empat perusahaan yang menjadi investor jalan tol Becakayu mendapatkan konsesi pengelolaan ruas tol ini.

Dua tahun berselang atau pada 1998, Indonesia didera krisis moneter yang memporak-porandakan berbagai aspek ekonomi di tanah air. Proyek jalan tol ini menjadi salah satu yang terkena imbasnya hingga akhirnya mangkrak.

Di 2013 kementerian yang waktu itu masih bernama Kementerian Pekerjaan Umum (PU), menggelontorkan dana Rp 350 miliar untuk membantu proses pembebasan lahan jalan tol ini. Tujuannya menstimulus dilanjutkannya kembali pembangunan jalan tol ini.

Tapi ternyata imbas krisis ekonomi 1998 ditambah krisis ekonomi 2008 ke Investor Jalan tol Becakayu masih terasa. Sehingga proses pembangunan pun masih tersendat.

Akhirnya, pada Oktober 2014, Waskita Karya lewat anak usahanya PT Waskita Toll Road mengambil alih sebagian besar saham Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga.

Lewat akuisisi saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 240 miliar itu, BUMN konstruksi tersebut langsung menguasai kepemilikan sebesar 60% atas PT Kresna Kusuma Dyandra Marga.

Surat Izin Mulai Kerja (SIMK) pun dikeluarkan pada 5 Februari 2015 untuk pengerjaan seksi 1B dan 1C sepanjang 8 km. Secara keseluruhan, tol ini ditarget bisa beroperasi secara penuh pada 2019 mendatang.

Masih mengelak dengan pencapaian kerja Jokowi ?…Anda jalan lewat mana …Sungai ?

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: