Iklan
Oleh: masshar2000 | 1 Desember 2017

Pelajaran Bagi Yang Suka Membanding-Bandingkan Ulama

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Dua tahun belakangan ini , banyak orang seperti mabok agama , di sosmed ucapannya seakan-akan pintar atau ahli agama , tapi buntutnya setelah komentarnya didebat netizen lain , kata-kata cacian muncul tak terbendung .
Mereka merujuk pada ulama atau habib idolanya , tapi menghina ulama yang lain …Inikah salah satu tanda KID JAMAN NOW ?

Ya , mereka seakan tidak menyadari bahwa di Indonesia ini banyak sekali ulama dan habib , jumlahnya ribuan , tapi kenapa yang dibuat rujukan cuma satu saja , bukankah para habib pun juga pernah bilang , mereka juga bisa salah , maka ambillah yang baik dan tinggalkan yang buruk dan sepertinya semua habib setuju itu karena bagaimanapun  mereka juga manusia yang pasti bisa salah .

Ada sebuah kejadian yang bisa kita petik dan kita jadikan pelajaran soal ini , bukan karena perbedaan pendapat ulama , tapi yang sudah sependapat malah mau dicari yang tidak sependapat , lucu memang .
Adalah habib Salim bin Jindan yang mengalami kisah itu .
Kisah ini di ceritakan oleh putra beliau, Habib Novel bin Salim bin Jindan :

Dahulu ada seseorang bertanya kepada Habib Ali Kwitang soal hukum, ketika Muslim makan bersama dengan seekor anjing.
Bib apa hukum makan makanan yang ada bekas jilatan anjing bagi seorang Muslim. Sebab di rumah, saya selalu makan bersama anjing ?” Maka dijawab, “Haram.”
ㅤㅤ
Kecewa dengan jawaban Habib Ali Kwitang, orang itu datang kepada Habib Ali Bungur dan bertanya dengan pertanyaan yang sama. Maka dijawab juga oleh Habib Ali Bungur, “Haram.”
ㅤㅤ
Merasa perbuatannya (makan bersama anjing) belum juga mendapat legalitas , orang itu datang kepada Habib Salim bin Jindan dan menanyakan hal yang sama. Maka dijawab oleh Habib Salim, “Boleh dan halal kalau buat ente ?!”
ㅤㅤ
Jawaban Habib Salim tersebut ternyata sampai ke sesama habib temannya tadi .
Mendengar jawaban Habib Salim ini, maka Habib Ali Kwitang dan Habib Ali Bungur berkunjung ke kediaman Habib Salim untuk menanyakan jawabannya tersebut, “Ya Iyed Salim, apakah Iyed menjawab bahwa makan makanan yang ada bekas jilatan anjing itu hukumnya boleh dan halal buat orang yang kemarin menanyakannya?”
ㅤㅤ
Lantas Habib Salim menjawab, “Begini Habibana Ali, orang ini sudah datang ke ente untuk bertanya dan orang ini tidak puas dengan jawabannya. Lalu orang ini datang ke Habib Ali Bungur untuk bertanya lagi, tapi lagi-lagi dia tidak puas. Kemudian datang ke ane, dan ane jawab, kalau buat dia halal. Sebab dia itu bukan manusia, kalau dia manusia, di jawab satu kali pasti paham (puas) apalagi ini dua kali. Maka dia seperti anjing yang makan dengan anjing, ya hukumnya boleh.”

Kisah diatas bisa menjadi pelajaran kita semua , bahwa yang jelas-jelas haram dan dilarang jangan lagi didebat , kecuali memang ada dua pendapat kuat tentang suatu perkara yang memang ada dasar-dasar hadist yang menguatkan sebagai rujukan .
Dan jangan pula , jika ada pendapat yang berbeda , terus kita mengecap habib ini salah , habib itu yang benar .
Ingat ya mereka itu orang yang berilmu lebih dari kita-kita . Mereka pasti punya rujukan atau dalil yang kuat sebelum berbicara kepada umatnya .

Dan hati-hati pula , sekarang ini banyak aliran yang ngakunya paling sunah kemudian menentang pendapat para habib , membid’ah-bid’ahkan apa yang diajarkan para habib dan ulama .
Saya tidak perlu menyebutkan golongan mana mereka itu , pemirsa sekalian pasti juga sudah tahu .
Yang jelas , mereka memang sengaja menjauhkan umat dari masjid , menjauhkan umat dari para ulama dan habib yang kemudian umat pecah dan sebagian umat mengikuti mereka  , syukur-syukur semua mengikuti ajaran mereka .

Ingatlah , Nabi Muhammad berdakwah untuk menyatukan umat .
Jadi jauhi orang yang ngakunya ulama tapi sukanya memecah-belah umat .

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum …

Library : @anonymousantri

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: