Indonesia Malam Hari Dilihat Dari Satelit , Duh Gelapnya

image

Masshar2000.Com – Sekilas jika kita perhatikan gambar diatas memang tidak ada yang aneh pada foto hasil jepretan National Aeronautics and Space Administration atau yang biasa dikenal dengan NASA ini.
Namun jika kalian perhatian lebih dalam, Foto tersebut seperti mengungkapkan perataan penduduk di Indonesia.

dalam foto tersebut memang tampak aneh karena ada garis-garis batas wilayah seperti pada google map atau peta .
Tapi jangan heran , bisa jadi itu memang disengaja dan bertujuan untuk mempermudah pemetaan .

image

Dari foto diatas dapat dilihat bahwa pulau Jawa saja yang sangat menonjol pencahayannya. Hal ini memang disebabkan karena hampir 130 juta lebih penduduk di Indonesia itu memadati pulau Jawa. Jadi kalian tidak perlu heran jika pulau Jawa lebih terang karena pencahayaannya, baik itu pencahayaan lampu diperkotaan maupun di desa.

image

Foto diatas adalah pulau Kalimantan di Indonesia, memang rata-rata di Kalimantan itu terdiri dari hutan dan perkebunan. Seperti yang kamu lihat caya yang muncul pada foto tersebut antara lain berasal dari Banjarmasin (kanan bawah), Balikpapan, Samarinda dan Bontang (kanan atas). Adapun pencahayaan paling terang itu berasal dari kota Pontianak dan satu-satunya di wilayah barat (kiri atas).

image

Diatas ini adalah foto pulau Sumatera di Indonesia. Bisa kalian perhatikan bahwa masih banyak bagian gelap pada pulau Sumatera, dan sangat jauh berbeda sekali dengan negara tentagga yaitu Malaysia.

image

Yang satu ini cukup jelas sekali untuk dikenali. Ya, ini adalah foto pulau Sulawesi di Indonesia. Jika kita tilik lagi dari besarnya kota, harusnya kota Makasar-lah yang menjadi kota terbesar di pulau Sulawesi. Namun faktanya adalah Tanah Luwu yang terletak antara kota Palopo dan Bonebone yang paling terang. Pasalnya kota ini memiliki kurang lebih 2 juta penduduk yang mayoritas hidup dari pertanian.

image

Yap, ini masih di pulau Sulawesi, Indonesia. Bisa kalian perhatikan cahaya yang cukup terang pada bagian atas pulau Sulawesi ini? Benar, itu adalah kota Manado di Sulawesi Utara. Satu-satunya kota yang mampu menyaingi pencahayaan kota tersebut hanya Gorontalo (pada bagian tengah) dan Tertante di Maluku Utara.

image

Untuk yang satu ini tidak perlu bertanya-tanya lagi, kalian semua pasti menyadari bahwa itu adalah pulau Papua di Indonesia. Bisa kalian perhatikan dan bayangkan betapa gelapnya pulau Papua yang memiliki luas pulau terbesar di Indonesia ini sangat gelap.

Hanya sedikit sekali cahaya yang dapat terlihat di pulau ini, yaitu hanya di kota Jayapura, Oksibil, Marauke, Timika, Sorong dan Manokwari. Fakta yang harusnya memliki area paling gelap adalah puncak Jaya, sangat menjadi ironi sekali bahwa puncak Jaya justru menjadi paling terang di Papua karena cahaya yang berasal dari tambang Grasberg milik Freeport.

image
Jawa Timur , Bali dan sekitarnya
image
Nusa tenggara dan sekitarnya

Dari foto yang beredar ini , banyak yang mengatakan bahwa Indonesia harus membenahi lagi pemerataan pembangunan, termasuk juga listrik.
Namun ada juga yang mengatakan lebih baik begini saja , karena menunjukkan bahwa hutan dan lahan pertanian di Indonesia masih sangat  luas . Pendapat ini tentunya masuk akal karena memang di persawahan dan hutan memang tidak ada listrik jadi tidak akan tampak terang saat malam .

Atau pendapat ini , Indonesia ini elok jika dilihat siang hari karena warna hijau terhampar luas artinya indonesia tanah yang subur dan tidak perlu semuanya jadi pemukiman atau kota .

Bagaimana pendapatmu ?

Library :
http://dw.com/id/citra-satelit-gelap-membekap-indonesia/g-38462167

http://internasional.kompas.com/read/2017/04/20/11380721/citra.satelit.malam.hari.nasa.gelap.gulita.membekap.indonesia

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s