Jadi Rebutan , Inilah Fakta Kota Yerusalem

image
Kota Yerusalem

Masshar2000.Com – Apa yang pertama kali kamu pikirkan tentang kota Yerusalem ?
Banyak orang memikirkan Yerusalem adalah kota suci , ada juga yang langsung kepikiran sebagai kota sengketa dan lain-lain .

Yerusalem menjadi topik perbincangan hangat beberapa waktu lalu . Hal ini sehubungan dengan aksi Donald Trump, Presiden Amerika Serikat yang mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Aksi Trump ini tentu saja mendapatkan kecaman banyak pihak, termasuk Indonesia yang mengecam aksi Trump tersebut.

Seperti yang dilansir oleh batamnews.co.id (25/07/2017) sebenarnya perebutan kota Yerusalem bukan hanya terjadi kali ini.
Jauh sebelum konflik Palestina dan Israel terjadi, kota Yerusalem sudah menjadi rebutan banyak bangsa sejak ribuan tahun yang lalu. Mulai dari Babilonia, Romawi, Arab hingga Israel. Bukan tanpa alasan kota ini menjadi incaran banyak pihak, mengingat Yerusalem adalah kota tua berusia lebih dari ribuan tahun dan pastilah menyimpan sejarah penting.

Selain alasan tersebut, ada banyak fakta lain yang membuat Yerusalem jadi rebutan.
Dan berikut ini 4 fakta mengangumkan tentang kota Yerusalem yang harus kamu ketahui :


Kota Suci 3 Agama

image

Salah satu alasan mengapa banyak pihak menginginkan Yerusalem adalah karena di kota ini merupakan kota suci bagi tiga agama. Di Yerusalem terdapat Masjid Al-Aqsa yang merupakan tempat bersejarah bagi umat islam di seluruh dunia mengingat Masjid Al-Aqsa ini adalah kiblat pertama umat islam, masjid tertua kedua yang dibangun di dunia, hingga menjadi tempat Nabi Muhammad SAW singgah sebelum naik ke Sidratul Muntaha saat peristiwa Isra Mi’raj.
Bagi agama kristen, di Yerusalem terdapat Gereja Makam Kudus yang diyakini sebagai lokasi Bukit Gorgota. Sedangkan bagi kaum yahudi terdapat Tembok Barat yang dikenal dengan nama Tembok Ratapan.

Kaya akan Sumber Arkeolog

image

Yerusalem memiliki usia yang panjang membuat kota ini kaya akan peninggalan sejarah. Seperti yang dilansir oleh boombastis.com (31/01/2016) di Yerusalem terdapat 2.000 situs arkeologi dengan nilai sangat tinggi. Seperti City of David yang menjadi tempat pembuangan di era Babilonia. Selain itu Yerusalem juga memiliki Selwan Necropolis yang menjadi tempat pemakaman kuno bangsa Yahudi yang banyak digunakan sejak abad 7 sampai 9 Masehi.
Selain kaya akan peninggalan sejarah, disini juga terdapat banyak museum. Tercatat terdapat 60 museum yang menyimpan banyak koleksi sejarah. Mulai dari Yad Vashem yang menjadi museum tempat memorabilia pembantaian yahudi di masa lalu. Lalu ada L.A. Mayer Museum for Islamic Art yang menyimpan artefak-artefak dan benda seni dari kebudayaan islam di masa lalu.

Memiliki Banyak Taman

image

Berada di wilayah dengan cuaca panas, tidak membuat Yerusalem menjadi kota yang tidak nyaman. Pasalnya kota ini tetap hijau dengan keberadaan banyak taman di setiap sudut kotanya. Salah satu taman yang populer adalah Yerusalem Botanical Garden. Taman seluas 30 acre ini menjadi rumah bagi 10.000 spesies tanaman dari seluruh dunia. Di Yerusalem juga terdapat Garden of Tomb yang diyakini sebagai lokasi Bukit Golgota.

Dikeliling Tembok Tinggi

image

Yerusalem dilindungi oleh tembok tua yang mengelilingi kota tersebut. Tembok ini sudah ada sejak abad ke 16. Tembok ini memiliki panjang sekitar 4 km dengan tinggi 12 meter dan ketebalan sekitar 2,5 meter. Pada saat Kesultanan Turki Ottoman menguasai wilayah ini, Sultan Suleiman kemudian memperbaiki tembok ini agar semakin kokoh dan tinggi.

Ada yang ingin menambahkan ?

Library : dari berbagai sumber

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s