Toleransi dalam Islam Menurut Al Qur’an dan Hadist

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

Masshar2000.Com – Islam adalah agama terakhir yang dibawa nabi terakhir Muhammad saw . Islam lahir sebagai sebuah kabar gembira dimana pada masa itu di jazirah arab di kenal dengan masa jahiliyah .

Seperti agama-agama sebelumnya, Islam mengajarkan kasih sayang dan perbuatan baik terhadap sesama manusia dan lingkungan sekitar dan sudah jelas bahwa semua agama mengajarkan perbuatan baik pada pemeluknya dan juga kasih sayang kepada sesama .

 Tuhanmu telah menetapkan atas diri Nya kasih sayang”.(QS 006 : 54). “Tuhanmu mempunyai rahmat yang luas”. (QS 6 :147). 

“Sayangilah manusia sebagaimana engkau menyayangi terhadap dirimu sendiri”. (HR Bukhori, Muslim).

“Sesungguhnya Allah akan menyayangi hamba-hambanya yang dikarunia sifat kasih sayang”. (HR. Bukhari 7448, Muslim 2132, Ahmad). 

Agama memberikan petunjuk bagaimana sebaiknya kita saling toleransi dalam hal agama, beberapa hal yang dijelaskan dalam Al Qur’an antara lain :

1. Jangan mencampur aduk dan saling Menggangggu.

Orang yang beragama lain, tidak menyembah Tuhan orang muslim, juga seorang muslim tidak menyembah Tuhan dari agama lain, kita diminta tidak mencampur aduk agama dan tidak saling mengganggu. Batasannya jelas :  “Untukmu agamamu, dan untukku, agamaku” (QS, 109:6)

2. Islam mengutamakan perdamaian, perbuatan baik dan keadilan.

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS,  60:8)

3. Agama meminta kita menghindari konflik, Jika dihina, tinggalkan saja.

“Dan apabila kamu melihat orang-orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka sehingga mereka membicarakan pembicaraan yang lain……. ” (QS 6:68).

“Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik”.(QS, 73:10).

Tidak perlu berkomentar atau menyanggah, lebih baik menghindar, terutama jika kita tidak menguasai materi , karena siapapun orangnya pasti tidak akan setuju pada ajaran yang tidak dipeluknya .

4. Jangan menghina/memaki agama lain.

Agama islam juga melarang kita menjelekkan/ menghina  agama lain.

“Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah (agama lain) , karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan…… ” (QS,6:108).

5. Memaafkan akan lebih baik. 

Jika kaum muslim diperlakukan jahat, agama tidak menganjurkan membalas yang berlebihan.

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (QS, 42:40).

Dalam hal ini agama menganjurkan kita agar memaafkan dan tetap berbuaat baik.

6. Jika diserang (akan dibunuh), harus membela diri, tapi tidak boleh berperang berlebihan.

Di beberapa tempat muslim mengalami penindasan bahkan dibunuh, jika tidak ada  aparat yang melindungi, muslim berhak untuk membela diri/ melawan.

“Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. (QS,6:108).

Jika memang harus berperang ,  seorang muslim tidak  boleh merusakak rumah ibadah agama lain, membunuh wanita,jompo dan anak-anak, membakar pohon dan menghancurkan fasilitas umum dll.

7. Kita juga tidak boleh memaksa orang agar pindah ke agama Islam.

Jika kita mengenalkan islam, kita tidak boleh memaksa untuk masuk islam :

“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat……” (QS 2:256).

8. Tugas kita hanya menyampaikan saja, urusan hidayah milik Allah.

Allah swt menegaskan bahwa tugas kita hanya mengenalkan saja.

“Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya…….” (QS, 2:272).

image

“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun“ (HR. Muslim).

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Library : thestraighway.info

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s