Inilah Penyebar Hoax Pertama dan Korbannya

Assalamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Kasus hoax yang semakin menjadi-jadi sekarang ini memang cukup meresahkan masyarakat .
Bagaimana tidak , hampir setiap hari setiap kita membuka medsos isu hoax dan saling menghujat selalu bermunculan seakan berlomba-lomba , mana hoax paling update hari ini .

Entah siapa yang memulainya hoax di medsos ini , yang jelas dia harus bertanggung jawab atas apa yang dibuatnya dan menanggung dosa jariah atau dosa yang terus mengalir setiap orang membaca dan menyebarkannya .
Jika anda setuju dengan pendapat saya tersebut , berarti kita fix menyebut hoax itu haram baik yang membuatnya ataupun yang menyebarkannya .
Mungkin ada yang menyanggah , bagaimana saya tahu apakah berita itu hoax atau tidak … ya sudah kalau anda tidak tahu pastinya , cukuplah berita itu hanya sampai di anda saja dan jangan disebarkan , sederhana saja bukan ?

Nah , bicara soal asal-usul hoax tahukah anda siapa penyebar hoax pertama kali ?
Jika anda menyebut hitler dengan propaganda hoaxnya yang anti Yahudi , maka anda salah walaupun tidak sepenuhnya salah .
Hitler dan menterinya memang tercatat dalam sejarah sebagai penyebar hoax dan propaganda internasional , sehingga kelompoknya yang terancam dengan keberadaan Yahudi menyebarkan isu hoax tentang Yahudi supaya Yahudi dibenci . Dan hasilnya adalah peristiwa Hollocaust yang mana sekitar 6 juta Yahudi dibunuh di daratan Eropa tanpa ada yang menyalahkan Hitler dan kelompoknya sehingga Hitler bisa berkuasa dengan nyaman .
Jadi jawaban soal penyebar hoax pertama adalah Hitler kita abaikan dulu karena jelas kejadian Hitler terjadi belum lama , belum sampai seratus tahun yang lalu .

Tahukah anda , siapa yang menyebarkan hoax pertama kali yang tercatat ?
Jika jawban anda adalah Iblis atau syetan , maka itu sudah tepat .
Dan nabi Adam adalah korban hoax pertama dari bisikan syetan.
Al-Qur’an merangkum kisah ini dalam Al-A’raf 19-22 dengan mengawali kehidupan Nabi Adam dan isterinya di surga:

وَيَا آدَمُ اسْكُنْ أَنتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ فَكُلَا مِنْ حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا تَقْرَبَا هَٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الظَّالِمِينَ . “(Dan Allah berfirman): “Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim”.
.

Peran syetan diawali dengan pemutarbalikan fakta larangan dari Allah dengan bumbu kalimat penuh dusta:

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِن سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَٰذِهِ الشَّجَرَةِ إِلَّا أَن تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ .
“Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: ”
.

Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)”. .

Jadi syetan membuat hoax “Allah melarang kamu makan buah khuldi ini supaya kamu tidak jadi malaikat dan tidak hidup kekal di surga”.

Seperti gaya pembuat hoax syetan pun berlagak sok bijaksana:

.  وَقَاسَمَهُمَا إِنِّي لَكُمَا لَمِنَ النَّاصِحِينَ (21) فَدَلَّاهُمَا بِغُرُورٍ ۚ .
“Dan dia (syaitan) bersumpah kepada keduanya. “Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasehat kepada kamu berdua”, maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya… ”

Dan sekarang yang ahli membuat kebohongan, berita palsu, penebar kebencian adalah manusia , anak cucu Adam sendiri .

Yah , mungkin syetan akan pensiun dini , karena tugasnya sudah diambil alih manusia ?
Semoga manusianya itu bukan anda .

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Artikel tentang Syetan pembuat hoax pertama pernah ditulis oleh Ust H. Ma’ruf Khozin.

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s