Kisah The Legend Koruptor Eddy Tansil Yang Masih Misterius

image

M2000 – Bicara soal korupsi atau apapun namanya yang berhubungan dengan kejahatan keuangan , kita tentu tidak akan lupa dengan sosok yang satu ini .
Ya , biarpun saat itu kita masih kecil dan tidak tahu apa-apa , tapi karena namanya selalu disebut-sebut , maka hampir semua orang pasti ingat dengan nama Edy Tansil .

Ia bisa disebut sebagai legenda karena sampai sekarang ini kasus pelariannya tidak pernah bisa ditangkap oleh pihak kepolisian. Eddy Tansil adalah seorang koruptor kelas kakap yang terbukti telah merugikan uang Negara hingga sebesar 565 juta dollar ( 1,4 triliun , kurs : 2500 per dolar ) , kalau dirupiahkan saat ini setara 7,5 triliun .
Uang haram itu didapatnya melalui kredit Bank Bapindo melalui grup perusahaan Golden Key Group.

Saat itu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menghukum Eddy Tansil 20 tahun penjara, denda Rp 30 juta, membayar uang pengganti Rp 500 miliar, dan membayar kerugian negara Rp 1,3 triliun.
Ia pun dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, tapi tepat pada 4 Mei 1996 ia berhasil kabur dari tahanan.

Kasus pelarian Eddy Tansil pun menyeret kurang lebih 20 petugas penjara yang terbukti membantu pelarian Eddy Tansil. Namun ibarat nasi sudah menjadi bubur, meski ke 20 orang tersebut dijatuhi hukuman, pelarian Eddy tidak pernah terungkap.

Sempat dikabarkan jika petugas Indonesia tengah mengendus keberadaan Eddy Tansil di Tiongkok. Pihak Indonesia pun telah melayangkan surat kepada pemerintah Tiongkok untuk membantu proses penangkapan Eddy Tansil. Pemerintah setempat pun memberikan kabar baik, pihak kepolisian Macau mengatakan jika pihaknya akan mendukung penuh upaya pihak Indonesia untuk meringkus Eddy.
Sayangnya hingga detik ini penangkapan Eddy pun masih menjadi misteri, tidak pernah ada yang tahu kapan ia akan ditangkap.

Kasus pelarian Eddy pun sangat menyita perhatian banyak kalangan, pasalnya banyak yang percaya jika kasus korupsi yang dilakukan oleh Eddy Tansil melibatkan sejumlah nama-nama penting di era Suharto ,  sehingga ia sengaja dikaburkan…Apalagi di era tersebut belum ada KPK , sehingga pejabat dari semua level seakan bebas berkorupsi tanpa takut ditangkap .

Ya , jika menilik kasusnya ,
koruptor ini memang bisa dibilang rekor , bayangkan 7,5 triliun dibawa sendiri , E-KTP gak ada apa-apanya bro …

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s