Duluan Mana …Ahok Bebas atau Rizieq Pulang

image

M2000 – Nasib Ahok untuk segera menghirup udara bebas tampaknya belum bisa terwujud dalam waktu dekat ini .
Pengajuan Peninjauan Kembali Ahok membuat para pendukungnya bersedih. Ahok tampaknya harus mendekam di penjara sampai dua tahun dan mengubur cita-cita untuk ikut meramaikan bursa cawapres 2019 mendatang seperti yang di dengung-dengungkan pendukungnya di penjuru tanah air .

Namun secara hukum, sebenarnya masih ada satu langkah lagi yang belum diambil, yaitu meminta atau memohon grasi kepada Jokowi. Sebagai presiden, Jokowi berhak untuk memberikan grasi. Ya grasi bisa diajukan Ahok karena kasus yang membelit Ahok bukankan kasus kejahatan luar biasa seperti terorisme , narkoba atau korupsi .

Tapi walaupun Ahok mengajukan grasi kepada presiden , sepertinya untuk menjaga citra dan juga karena tidak mau melukai hati sebagian besar umat Islam yang merasa Ahok telah menodai agama, tentunya Jokowi akan sangat sulit untuk memberikan grasi. Terlalu besar resiko yang akan diambil apalagi untuk menjaga stabilitas negara , Jokowi pastinya juga mengerti akan hal ini , bagaimana demo yang berjilid-jilid tentu akan membuat semua susah termasuk kaburnya para investor .

Tapi secara hitung-hitungan, ternyata, walau PK ditolak dan tanpa minta grasi sekalipun, Ahok ternyata bisa bebas dalam waktu dekat ini.

Begini penjelasannya:

Ahok bisa mengajukan bebas bersyarat setelah menjalani dua pertiga masa tahanan atau 16 bulan saja . Nah masa ini akan jatuh pada September 2018 yang akan datang. Jadi paling lambat Ahok bisa menghirup udara bebas pada Sep 2018.
Dengan adanya remisi Natal 15 hari, plus remisi umum hari kemerdekaan, maka waktu kebebasan Ahok bisa bisa maju paling lambat pada saat peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus nanti.
Selain itu, Ahok mungkin saja mendapat remisi lain, misalnya karena berkelakuan baik selama dipenjara, aau juga karena dianggap bermanfaat bagi napi lain, ataupun pernah berjasa terhadap negara.

Nah , melihat tiga alasan tersebut di atas, bukan tidak mungkin Ahok menghirup udara bebas dalam waktu beberapa bulan mendatang. Tentunya para pendukung Ahok akan bersukacita.

Sementara mereka yang takut akan kebebasan Ahok pasti akan terus berusaha mencari kasus lain agar Ahok tetap mendekam di penjara. Masih ada beberapa kasus yang sempat rampai didiskusikan di media masa , seperti kasus Sumber Waras ataupun reklamasi Teluk Jakarta.

image

Nah kita tunggu saja , mana yang lebih cepat, Ahok dibebaskan Atau Rizeq Kembali ke Indonesia.
Sayangnya ketika Rizieq pulang, dia harus segera berhadapan dengan hukum dan bisa jadi hukuman penjara menanti terkait sejumlah kasus yang menimpanya .

image
Yah ..Cuma editan

Library : tribunnews , cnnindonesia

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s