Inilah Bentuk Wajah Manusia 9000 Tahun Yang Lalu Versi Ilmuwan

image
Bentuk wajah wanita 9000 tahun yang lalu versi ilmuwan

M2000 – Sudah dari dulu sains dan agama banyak perbedaan . Contoh nyata adalah bahwa menurut agama , manusia pertama yang ada di bumi adalah nabi Adam sekitar 7000 tahun yang lalu , tapi para ilmuwan berdasarkan ilmu sains yang mereka miliki , manusia berasal dari kera yang usianya sudah ratusan ribu tahun yang lalu dan lambat laun berubah bentuk menjadi seperti sekarang ini .

Dikutip dari Reuters, setelah 9000 tahun, akhirnya setiap orang di dunia dapat melihat wajah Dawn kembali. Dawn adalah wanita remaja yang hidup di periode Mesolitik, sekitar 7000 SM yang dikonstruksi oleh para ilmuwan agar mereka dapat melihat rupa orang-orang yang hidup di masa itu.

1. Dawn diperkirakan meninggal karena masalah pinggul dan sendi yang ia derita

Berdasarkan analisis tulang dan giginya, para ilmuwan memperkirakan Dawn berusia antara 15 hingga 18 tahun. Dawn memiliki rahang yang menonjol, dimana hal ini diduga disebabkan oleh karena kebiasaan mereka untuk mengunyah kulit hewan sehingga menjadi lembut dan ekspresi wajah cemberut diperkirakan menjadi praktik umum di kalangan masyarakat pada periode tersebut.

2. Dengan bantuan 3D printing dan pasak-pasak yang dipasang pada replika tengkorak, wajah Dawn dibentuk

image

Untuk merekonstruksi wajah Dawn tidaklah mudah karena diperlukan bantuan tangan dari ahli endokrinologi, ahli ortopedi, ahli saraf, ahli patologi, dan ahli radiologi; dimana projek ini dipimpin oleh Papagrigorakis.
Oscar Nilsson, seorang arkeolog Swedia dan seniman patung ikut serta dalam projek ini. Oscar mengkhususkan dirinya dalam bidang rekonstruksi telah banyak menghidupkan kembali wajah-wajah kuno.

Nilsson memulai proses rekonstruksi wajah Dawn dengan melakukan CT scan dari tengkoraknya dan dengan 3D printer membuat replika yang tepat dari pengukuran tengkorak tersebut. Pada replika tengkorak Dawn dipasanglah pasak-pasak yang mencerminkan ketebalan daging wajah pada titik-titik anatomis tertentu. Dengan cara ini, ia menyempurnakan wajah Dawn, otot demi otot. Beberapa fiturnya didasarkan pada pengukuran tengkorak, sedangkan warna kulit dan mata Dawn dipilih berdasarkan ciri-ciri populasi umum di wilayah tersebut.

3. Setelah berabad-abad, Nilsson menemukan bahwa bentuk wajah wanita lambat laun semakin melembut setelah

image
Instagram @syimaeima

Seteleh merekonstruksi banyak wanita dan pria dari Zaman Batu, Nilsson melihat bahwa fitur wajah, terutama para wanita terlihat semakin lembut dan tidak lagi terlihat maskulin , terutama jika dibandingkan dengan wajah wanita pada masa sekarang.

Jika berkaca dari para ilmuwan tersebut , tampak bahwa wajah manusia semakin lama semakin lembut dan mengecil .
Kira-kira bagaimana wajah wanita pada abad-abad yang akan datang ya , apakah semakin lembut , selembut sutera kah ?

Library : IDN Times

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s