Inilah 10 Pekerjaan Yang Diharamkan Nabi

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana
image
M2000 – Bekerja adalah ibadah , namun bekerja seperti apa yang disebut ibadah , jangan karena ketidaktahuan kita ternyata pekerjaan itu di haramkan rosul kita .

Dalam beberapa hadits , rosul melarang jenis pekerjaan yang biasa dilakukan manusia pada umumnya , dan ternyata pekerjaan itu dilakukan orang-orang disekitar kita .
Pada prinsipnya pekerjaan itu kalau tidak dilarang ya berarti diperbolehkan , ini berbeda dengan syarat ibadah yang tidak ada dalilnya maka tertolak .

Nah , supaya lebih paham apa saja pekerjaan yang diharamkan nabi , berikut 10 diantaranya :

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah memperingatkan umatnya untuk mewaspadai pekerjaan-pekerjaan yang haram. Beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam menyebutkan salah satu tanda rusaknya akhlak umat manusia dengan ketidakpedulian mereka terhadap cara mencari harta kekayaan.

Nah , supaya lebih paham apa saja pekerjaan yang diharamkan nabi , berikut 10 diantaranya :

1. Perjudian

” Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamr (minuman keras), Perjudian, Berkurban untuk berhala-berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan, Maka jauhilah oleh kalian perbuatan-perbuatan tersebut agar kalian mendapatkan keberuntungan.
Sesungguhnya setan bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kalian lantaran meminum khamr dan melakukan perjudian serta melalaikan kalian dari dzikir kepada Allah dan dari shalat. Maka mengapa kalian tidak mau berhenti ” .( QS Al-Maidah : 90-91 ).

2. Mencuri, mencopet, menjambret, dan merampok

” Pencuri laki-laki dan pencuri perempuan, Maka potonglah pergelangan tangan mereka sebagai hukuman dari Allah atas kejahatan mereka ” . ( Qs. Al Maidah : 38 )

3. Pedukunan dan Paranormal.

Allah Ta’ala berfirman,

{هَلْ أُنَبِّئُكُمْ عَلَى مَنْ تَنزلُ الشَّيَاطِينُ، تَنزلُ عَلَى كُلِّ أَفَّاكٍ أَثِيمٍ، يُلْقُونَ السَّمْعَ وَأَكْثَرُهُمْ كَاذِبُونَ}

“Apakah akan Aku beritakan kepada kalian, kepada siapa syaitan-syaitan itu turun? Mereka turun kepada tiap-tiap pendusta lagi banyak berbuat jahat/buruk (para dukun dan tukang sihir). Syaitan-syaitan tersebut menyampaikan berita yang mereka dengar (dengan mencuri berita dari langit, kepada para dukun dan tukang sihir), dan kebanyakan mereka adalah para pendusta” (QS asy-Syu’araa’:221-223).

Yang mendatangi dukun saja disebut haram apalagi dukunnya .

4. Pekerjaan yang menuju kesyirikan

Seperti menjadi juru kunci makam, Membuat patung, Melukis gambar makhluk yang bernyawa.
Dalam riwayat lain disebutkan,

إِنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا عِنْدَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمُصَوِّرُونَ

“Sesungguhnya orang yang peling berat siksanya di sisi Allah pada hari kiamat adalah al mushowwirun (pembuat gambar).” (HR. Bukhari no. 5950 dan Muslim no. 2109).

5. Menimbun bahan pokok

Dalam perdagangan , banyak orang berduit yang memanfaatkan situasi . Dia pemodal akan membeli kebutuhan pokok di saat harganya murah dan dibutuhkan oleh masyarakat dengan tujuan meraih keuntungan yang berlipat ganda pada saat harganya melambung tinggi. Ini biasanya dilakukan menjelang bulan puasa dan akhir tahun yang tiba-tiba harga melambung . Jelas bukan karena permintaan saja yang tinggi namun juga permainan oknum yang suka menimbun bahan pokok .

Dari Umar bin Khathab , Ia berkata: ” Saya mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: Barangsiapa menimbun bahan makanan yang dibutuhkan oleh kaum muslimin, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menimpakan penyakit dan kebangkrutan kepadanya ” .

6. Memperjual belikan hal-hal yang diharamkan oleh syariat islam

Salah satu yang sering kita jumpai adalah penjual daging anjing . Saya tidak tahu apakah mereka tahu hukumnya atau tahu tapi mengabaikannya .
Selain anjing ada pula penjual daging babi , darah binatang dan sebagainya .

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ” Semoga Allah memerangi kaum Yahudi. Ketika Allah mengharamkan atas mereka lemak bangkai, Mereka mencairkannya lalu menjualnya dan memakan harganya ” .

7. Memakan harta riba

Hai orang-orang yang beriman, Bertakwalah kalian kepada Allah dan tinggalkanlah riba yang masih ada pada diri kalian, Jika kalian benar-benar beriman. Jika kalian tidak mau melakukannya, Maka terimalah pengumuman perang dari Allah dan Rasul-Nya. Qs. Al-Baqarah : 278-279.
Memakan harta riba adalah meminjamkan uang dengan bunga yang tinggi dan tidak ada kepastian jumlah pembayarannya dan pastinya merugikan si peminjam .
Dalam keterangan lain disebutkan bahwa si peminjam dan yang meminjami termasuk saksi adalah haram . Sehingga selalu terjadi perdebatan , apakah bekerja di bank , termasuk pekerjaan haram .

8. Memakan harta anak yatim secara dzalim

” Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)” . ( QS An-Nisa : 10 ).

9. Korupsi

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda: ” Tidak ada seorang hamba pun yang diberi amanat oleh Allah untuk menjadi pemimpin sebuah masyarakat lalu ia tidak memimpin mereka dengan ketulusan (kejujuran), Kecuali ia tidak akan mendapatkan bau surga ” .

Ini bisa diartikan korupsi karena memakan atau mencuri uang rakyat untuk keperluan sendiri maupun golongannya .

10. Mengurangi timbangan dan takaran.

Ketahuilah para pedagang , bahwasanya dalam berdagang yang disyariatkan adalah kejujuran sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pembeli .
Allâh Azza wa Jalla berfirman :

وَأَقِيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَلَا تُخْسِرُوا الْمِيزَانَ

” Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu “. [ar-Rahmân/55:9].

Beberapa diantaranya adalah mengurangi takaran atau timbangan termasuk mencampur susu segar dengan air , atau bensin yang lebih mahal dicampur dengan yang lebih murah kemudian dijual dengan harga yang lebih mahal .

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Iklan

One thought on “Inilah 10 Pekerjaan Yang Diharamkan Nabi”

  1. “Sesungguhnya orang yang peling berat siksanya di sisi Allah pada hari kiamat adalah al mushowwirun (pembuat gambar).” (HR. Bukhari no. 5950 dan Muslim no. 2109).

    BULLSHIT!!! BULLSHIT!!!
    ITU SENI. SENI.
    YA ALLAH. EMANGNYA GAMBARNYA BAKAL HIDUP!? KOK NGAKAK, YA DENGERNYA.
    MUNGKIN ORANG YANG MENGEKSPRESIKAN SENI, MENTERAPI DIRI SENDIRI SECARA PSIKOLOGI, MENAFKAHI DIRI SENDIRI, DAN SEBAGAINYA BAKAL MASUK NERAKA.
    SUBHANALLAH.
    -tepuk tangan sarkastik

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s