Ini Perbandingan Jumlah Gelar Yang Dimiliki Presiden Indonesia , Siapa Yang Paling Banyak , Jokowi Di Urutan Berapa ?

image

M2000 – Menjadi orang nomor satu di negri ini tentu tidak mudah dan pastilah orang ” hebat ” .
Tidak sedikit orang-orang pintar di negri ini yang ingin sekali menjadi presiden bahkan ada yang berulang kali nyapres namun gagal karena tidak dipercaya rakyat .
Tugas presiden juga tidak mudah , selain memang berat karena mengurusi beribu masalah dan ratusan juta rakyat , presiden juga harus merelakan waktunya untuk tugas-tugas yang menumpuk .
Habibie pernah mengatakan , dirinya tidur hanya beberapa jam saja , tidak lebih dari 5 jam dari 24 jam .

Untuk memimpin bangsa menjadi lebih baik, dibutuhkan sebuah kecakapan, ketekunan, dan kerja keras. Selain itu, seorang presiden juga membutuhkan pengalaman dan landasan ilmu yang cukup.

Bicara soal presiden dan ilmu pengetahuan, ternyata presiden Indonesia memiliki latar belakang pendidikan yang bermacam-macam. Mulai dari yang mengoleksi banyak gelar hingga yang sama sekali tidak mempunyai gelar ada di negeri ini. Meskipun demikian, gelar bukanlah sesuatu yang perlu diagung-agungkan, melainkan kerja nyata dalam membawa bangsanya lebih maju adalah tujuan yang utama.

Nah, berikut ini adalah perbandingan gelar-gelar milik presiden Indonesia dari waktu ke waktu, seperti dilansir dari http://www.boombastis.com (23/04/2018)

1. Bung Karno

image

Presiden pengoleksi gelar doktor paling banyak adalah Sukarno atau bung Karno.
Sebagai bapak bangsa sekaligus presiden pertama Indonesia, Bung Karno adalah salah satu orang yang sadar pendidikan waktu itu.
Bahkan dialah satu-satunya presiden yang bisa menguasai 7 bahasa internasional .

Bung Karno mengawali pendidikannya dengan masuk ke Technische Hoogeschool te Bandoeng yang sekarang dikenal ITB dan mengambil jurusan teknik sipil. Meskipun pernah terhenti, namun akhirnya dapat lulus sebagai seorang insinyur. Tak hanya itu, sosoknya juga mendapatkan gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas, mulai dari dalam hingga luar negeri. Dilansir dari perpusbungkarno.perpusnas.go.id setidaknya Bung Karno memiliki sekitar 26 gelar, 19 gelarnya berasal dari luar negeri dan sisanya dari dalam negeri.

2. Susilo Bambang Yudhoyono

image

Sosoknya pernah memimpin Indonesia selama dua periode dan menorehkan banyak prestasi bagi Indonesia.
Meskipun SBY dikenal berasal dari kalangan militer, ternyata SBY pernah masuk Teknik Mesin di ITS, Surabaya dan dan Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (PGSLP) di Malang.
Akhirnya, SBY lebih memilih untuk menempuh jalur militer hingga pensiun dan menjadi presiden. SBY ternyata mengoleksi hingga 12 gelar doktor kehormatan, bahkan salah satunya dari universitas terkemuka di Amerika.

3. Abdurahman Wahid atau Gus Dur

image

Mantan presiden ke-4 Indonesia yang sekaligus santri yang memberikan kontribusi besar bagi Indonesia.
Gus Dur dikenal sebagai Bapak Pluralisme yang mengesahkan Kong Hu Chu sebagai salah satu agama resmi di Indonesia.
Soal pendidikan , ternyata Gus Dur pernah mengenyam pendidikan di berbagai universitas terkemuka di luar negeri, seperti Mesir dan Belanda.

Karena alasan tertentu, Gus Dur mengalami kendala dalam studinya. Meskipun demikian, siapa sangka jika Gus Dur mendapatkan gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas dari dalam dan luar negeri, seperti India hingga Korea Selatan.
Tercatat Gus Dur memiliki 10 gelar kehormatan .

4. Megawati Sukarno Putri

image

Seakan tidak mau kalah dengan sosok ayahnya , Megawati Soekarnoputri merupakan satu-satunya presiden perempuan yang memiliki gelar yang tak kalah banyak dari ayahnya.
Sosoknya pernah menempuh pendidikan di Universitas Padjadjaran, Bandung dan Universitas Indonesia. Selain itu, Mega juga dianugerahi setidaknya 7 gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas terkemuka yang kebanyakan berasal dari luar negeri, seperti Rusia dan Jepang.

5. BJ Habibie

image

Meskipun gelar pendidikannya paling banyak , ternyata untuk urusan gelar kehormatan , Habibie tidak banyak mendapatkannya . Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab dipanggil Habibie merupakan seorang jenius yang memfokuskan diri pada perkembangan pesawat di Indonesia.

Sosoknya hanya mendapatkan setidaknya 3 gelar doktor kehormatan yang beliau dapatkan dari Inggris dan dua universitas terkemuka dari Indonesia.
Meskipun demikian, riwayat pendidikan beliau patut diacungi jempol. B.J. Habibie pernah menempuh pendidikan di ITB, Bandung dan juga di Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen, Jerman. Hal menarik lain adalah, meskipun memiliki gelar paling sedikit, ternyata beliau mempunyai banyak hak paten di bidang sains.

6. Soeharto dan Joko Widodo

image

Nah uniknya dua presiden yang sangat-sangat berprestasi dalam pembangunan negri ini malah tidak memiliki gelar kehormatan sama sekali .
Hal ini bukan karena tidak ada universitas yang mau menganugerahkan gelar , tapi keduanya sama-sama menolak gelar doktor kehormatan .

Benar-benar unik ya , jika banyak presiden di Indonesia senang dengan gelarnya dan bangga dengan gelar kehormatannya ,  ternyata Jokowi dan Soeharto justru sama-sama menolak gelar kehormatan.

Hal ini tentunya menempatkan keduanya menjadi presiden Indonesia dengan gelar paling sedikit.
Soeharto sendiri justru menjadi satu-satunya yang sama sekali tidak memiliki gelar akademik.
Saat diminta menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Indonesia, sosoknya menolaknya karena merasa belum pantas. Sebaliknya dengan Presiden Jokowi, beliau menolak gelar doktor kehormatan karena merasa nyaman dengan gelar insinyur yang selama ini disandangnya dari Universitas Gadjah Mada.

Perlu diingat, gelar bukanlah parameter utama yang menentukan keberhasilan seorang presiden dalam membawa bangsanya lebih maju. Namun faktor lain seperti pengalaman, kecakapan dalam memimpin, dan kerja keras justru menjadi hal yang lebih penting.

Terlepas dari gelar yang dimiliki, satu hal yang pasti adalah masing-masing dari mereka telah memberikan kontribusi besar buat bangsa Indonesia. Tentu seorang presiden memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing.
Dan tentu saja banyak yang pro dan kontra , bayangkan saja mengurus ribuan pulau dan ratusan juta penduduk dengan beragam isi otak dan ideologi tentu tak semudah membalikkan telapak tangan .

Dan yang pasti SBY dan Jokowi lah yang secara langsung dipercaya rakyat untuk memimpin negri ini , dengan pemilihan langsung dan suaranya lebih dari setengah jumlah pemilih atau dalam bahasa mudahnya .. Lebih disukai rakyat daripada lawannya saat pilpres.

Iklan

3 tanggapan untuk “Ini Perbandingan Jumlah Gelar Yang Dimiliki Presiden Indonesia , Siapa Yang Paling Banyak , Jokowi Di Urutan Berapa ?”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s