Buka Bersama , Bagus Apa Tidak ?

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Di setiap bulan ramadhan , umat muslim memang diwajibkan untuk berpuasa tentu dengan kriteria-kriteria yan telah ditentukan hukumnya .

Salah satu tradisi di bulan puasa adalah ngabuburit dan juga buka bersama .
Beberapa orang setuju dengan buka bersama ini terutama anak-anak muda yang diawali dengan ngabuburit atau jalan ramai-ramai sambil nunggu waktu berbuka .
Bahkan ada yang mengagendakan setiap hari .

Sebenarnya bagus apa tidak buka bersama ini ?
Mari kita kupas satu persatu ,

๐Ÿ”˜ Secara asal bukber merupakan hal yang baik, karena ia membawa pesan yang sangat dianjurkan oleh islam, yaitu menyambung tali silaturrahim atau ukhuwah islamiyah. Akan tetapi kebaikan tersebut akan hilang jika dalam prakteknya dibarengi dengan maksiat-maksiat seperti terlalaikan shalat Maghrib dan terjadinya Ikhtilath
Namun bukan berarti bukber menjadi otomatis terlarang, tergantung kesanggupan kita apakah ketika kita menghadiri acara bukber tersebut kita mampu menjaga shalat kita? Jika iya maka hadirlah.
Kemudian apakah bukber tersebut bebas dari ikhtilath? Jika iya maka tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

๐Ÿ”˜ Akan tetapi jika pada bukber tersebut terdapat kemungkaran-kemungkaran yang mana kita yakin tidak akan mampu mengubahnya ke arah yang lebih baik, maka telah gugurlah kewajiban kita untuk menghadiri undangan tersebut dengan adanya sisi negatif tersebut, karena Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,
.
ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠู’ุฏ ุงู„ู’ุฎูุฏู’ุฑููŠ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู : ู…ูŽู†ู’ ุฑูŽุฃูŽู‰ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑุงู‹ ููŽู„ู’ูŠูุบูŽูŠูู‘ุฑู’ู‡ู ุจููŠูŽุฏูู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุทูุนู’ ููŽุจูู„ูุณูŽุงู†ูู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุทูุนู’ ููŽุจูู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุถู’ุนูŽูู ุงู’ู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู .
.
Dari Abu Saโ€™id Al Khudriย radiyallahu anhuย berkata : Saya mendengar Rasulullahย shallallahu`alaihi wa sallamย ย bersabda: โ€œSiapa yang melihat kemungkaran maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka (tolaklah) dengan hatinya dan hal tersebut adalah selemah-lemahnya iman”.
๐Ÿ“š [HR. Muslim no.49]
.
Dan Allah Taโ€™ala berfirman,
.
ุฃููˆู„ูŽูฐุฆููƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ูููŠ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ููŽุฃูŽุนู’ุฑูุถู’ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุนูุธู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‚ูู„ู’ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู…ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ู‹ุง ุจูŽู„ููŠุบู‹ุง .
.
“Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka”.ย (An Nisaa 63)

Nah , dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya buka bersama itu baik karena menyambung tali silaturahmi , tapi akan menjadi tidak baik jika ” hanya ” karena buka bersama kita malah melewatkan kwajiban kita yaitu sholat magrib .
Apalagi waktu antara magrib dan isya itu kan tidak lama , dan kemungkinan akan terlewat , apalagi jika tempat bukber tersebut tidak menyediakan mushola atau masjid .

Kalau saya pribadi yang beberapa kali buka bersama dengan teman-teman , biasanya yang terlewat adalah sholat tarawih karena memang rata-rata ditempat saya spot-spot untuk berbuka menyediakan mushola .

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

View this post on Instagram

๐Ÿ‘ค Ustadz Ahmad Zainuddin ======= BUKBER (BUKA BERSAMA) ๐Ÿ”˜ Secara asal bukber merupakan hal yang baik, karena ia membawa pesan yang sangat dianjurkan oleh islam, yaitu menyambung tali silaturrahim atau ukhuwah islamiyah. Akan tetapi kebaikan tersebut akan hilang jika dalam prakteknya dibarengi dengan maksiat-maksiat seperti terlalaikan shalat Maghrib dan terjadinya Ikhtilath, namun bukan berarti bukber menjadi otomatis terlarang, tergantung kesanggupan kita apakah ketika kita menghadiri acara bukber tersebut kita mampu menjaga shalat kita? Jika iya maka hadirlah. Kemudian apakah bukber tersebut bebas dari ikhtilath? Jika iya maka tentu sangat sayang untuk dilewatkan. . ๐Ÿ”˜ Akan tetapi jika pada bukber tersebut terdapat kemungkaran-kemungkaran yang mana kita yakin tidak akan mampu mengubahnya ke arah yang lebih baik, maka telah gugurlah kewajiban kita untuk menghadiri undangan tersebut dengan adanya sisi negatif tersebut, karena Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, . ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠู’ุฏ ุงู„ู’ุฎูุฏู’ุฑููŠ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู : ู…ูŽู†ู’ ุฑูŽุฃูŽู‰ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑุงู‹ ููŽู„ู’ูŠูุบูŽูŠูู‘ุฑู’ู‡ู ุจููŠูŽุฏูู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุทูุนู’ ููŽุจูู„ูุณูŽุงู†ูู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุทูุนู’ ููŽุจูู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุถู’ุนูŽูู ุงู’ู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู . . Dari Abu Saโ€™id Al Khudriย radiyallahu anhuย berkata : Saya mendengar Rasulullahย shallallahu`alaihi wa sallamย ย bersabda: โ€œSiapa yang melihat kemungkaran maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka (tolaklah) dengan hatinya dan hal tersebut adalah selemah-lemahnya iman". ๐Ÿ“š [HR. Muslim no.49] . Dan Allah Taโ€™ala berfirman, . ุฃููˆู„ูŽูฐุฆููƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ูููŠ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ููŽุฃูŽุนู’ุฑูุถู’ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุนูุธู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‚ูู„ู’ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู…ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ู‹ุง ุจูŽู„ููŠุบู‹ุง . . "Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka".ย (An Nisaa 63) . ๐ŸŒ hisbah.net . #IndonesiaBertauhid #buber #ngabuburit #tauhid #puasa #hijrah #bukber #bukabersama #shalat #ikhtilat

A post shared by Indonesia Bertauhid [Asli] ๐Ÿ”ต (@indonesiabertauhidofficial) on

Library : hisbah.net

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s