Kelemahan Setan atau Jin Kafir

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Tugas setan , iblis atau jin kafir adalah sama , yaitu menyesatkan manusia .
Dengan kata lain mengajak manusia untuk menjadi teman mereka di neraka kelak.

Setan atau jin adalah wujud yang tidak tampak atau gaib , namun sejatinya mereka memang ada bukan seperti hawa nafsu yang sebenarnya tidak berwujud .

Mengenai setan ini , ternyata mereka tidak berani-berani banget kok alias ada takut-takutnya juga , ya seperti kita-kita ini , katanya tidak takut sama apa aja , katanya hanya takut pada Allah saja , tapi nyatanya ada yang takut sama ular , sama pocong atau bahkan ada yang takut sama kecoa .

Nah begitu juga dengan setan yang tugasnya menyesatkan manusia , ternyata mereka ada takutnya juga dengan manusia .
Siapa saja manusia yang ditakuti setan itu , berikut diantaranya :

1. Setan takut dan lari oleh sebagian hamba Allah.
Salah satu yang ditakuti setan adalah Umar bin Khatab .
Dalam sebuah kisah ,
Ada seorang mukmin bertemu dengan setan, lalu ia bergulat melawannya dan berhasil membantingnya. Setan tersebut ditanya oleh teman-temannya, “Mengapa kamu bisa dibantingnya?”
Di antara kawan-kawannya, orang itu benar-benar sangat kuat,” jawabnya.

Siapa orang itu, apakah ia bukan Umar?”
Ya , dia adalah Umar bin Khatab.
Setan sangat takut terhadap Umar, seperti sabda Nabi ,

Apabila Umar berjalan di suatu lorong atau lembah, setan akan mengambil jalan di lorong atau lembah yang lain.”

Bagaimana Umar bisa naik ke peringkat yang seperti itu? Jawabnya karena kesabaran. Ia mengikat syahwatnya dengan mengekang hasrat dan keinginannya.

Dan bukan hanya kepada Umar yang sudah mengalahkannya secara fisik akan tetapi setan (jin kafir) juga akan takut oleh orang-orang beriman yang betul-betul dengan keimanannya.
Dalam al-Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir pernah mengutip sebuah hadits berikut ini: “Sesungguhnya orang mukmin akan dapat mengendalikan (mengalahkan) syaithannya sebagaimana salah seorang dari kalian yang dapat mengendalikan untanya ketika bepergian,” (HR. Ahmad)

2. Tidak bisa mengalahkan orang-orang saleh

Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma’siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka”. (QS. Al- Hijr 15: 39-40).

Dari ayat ini dapat dipahami bahwa yang menyebabkan setan itu dapat menguasai seseorang adalah karena perbuatan dosanya. Ketika seseorang itu dekat dengan Allah, maka setan pun akan lari dan tidak akan pernah berani mendekatinya apalagi menguasainya.

3. Jin atau setan tidak dapat menyerupai Rasulullah.

Setan dan jin tidak dapat menyerupai bentuk dan muka Rasulullah SAW. Oleh karena itu, apabila seseorang bermimpi melihat Rasulullah SAW, maka ia sungguh telah melihatnya. Dalam hadits shahih dikatakan: Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang bermimpi melihatku, maka dia sungguh telah melihatku, karena setan tidak dapat menyerupaiku” (HR. Muslim)

4. Jin takluk dan taat kepada Nabi Sulaiman

Di antara mukjizat Nabi Sulaiman adalah dapat menaklukan jin dan setan sehingga semuanya dapat bekerja atas perintahnya. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam ayat al-Qur’an berikut ini dalam surat Shad ayat 36-38: “Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya, dan (Kami tundukkan pula kepadanya) syaitan-syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam, dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu” (QS. Shad ayat 36-38)

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Library : riau24.com 

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s