Jika Jokowi Mau Menemui Amin Rais , Fix Jokowi Hebat

image

M2000 – Siapa tak kenal dengan Amien Rais , seorang politisi senior yang paling vokal sepanjang sejarah reformasi ini .
Tindak-tanduknya sebagai politisi oposisi sudah tidak perlu diragukan lagi . Di usianya yang sudah 74 tahun , Amien justru makin menjadi-jadi melemparkan isu-isu sensitif kepada Joko Widodo presiden RI , hingga seakan-akan Amien menjadi mentor bagi oposisi muda seperti Fadly Zon dan Fahri Hamzah .

Serangan maut bertubi-tubi yang dilontarkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais selama ini agaknya tak membuat Jokowi tergerak untuk memberikan serangan balik. Mantan Wali Kota Solo itu tetap tidak bergeming. Yang justru tidak tega adalah para politisi pendukung, orang-orang Istana, dan para simpatisannya.

Isu PKI, anti-ulama, anti-Islam, tukang ngibul, Lurah Indonesia, otoriter, fotonya ditunjuk-tunjuk dan dinistakan, dibilang pekok, berbagai caci-maki yang serba kasar dan tanpa adab tak henti-hentinya digelontorkan oleh mantan Ketua MPR itu.
Yang terbaru, Amien Rais membawa-bawa nama Allah dan Malaikat untuk meyakinkan harapannya bahwa Jokowi bakal lengser.

Namun hebatnya , tak sekali pun Jokowi membalasnya. Agaknya, Jokowi sadar dan sudah menduga kalau dirinya bakal dijadikan bulan-bulanan serangan dari lawan-lawan politiknya. Kalau melakukan serangan balik, itu sama saja merendahkan dirinya sendiri sama seperti mereka yang suka mencaci-maki dan merendahkan dirinya.

Nah, ketika muncul usulan agar dua tokoh ini bertemu untuk meredakan ketegangan, Amien Rais dengan congkak mengaku ogah dan tak sudi datang ke Istana meski diundang. Amien justru meminta Jokowi yang harus datang ke rumahnya.

Lantas, bagaimana respons Jokowi?

Ya nanti diatur. Nanti atur waktunya,” begitu jawaban singkat Jokowi usai acara buka bersama di kediaman Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang pada Kamis (31/5/2018).
Hanya saja Jokowi tidak menjawab spesifik ketika ditanya harapannya dari pertemuan tersebut dan belum bisa memastikan waktunya (jpnn.com, 31 Mei 2018).

Saya tak bisa membayangkan wajah Amien Rais begitu mendengar jawaban Jokowi yang amat mengejutkan itu. Bisa jadi, Amien berpikir, mustahil Jokowi yang seorang presiden bakal merespons serius tantangannya yang sangat jumawa darinya .

Saya juga tak bisa membayangkan, apa yang bakal terjadi dalam pertemuan di rumah Amien Rais , apakah seperti Fahri Hamzah yang cengingas-cengingis saat bertemu Jokowi atau pura-pura akrab dengan orang yang diajak Jokowi nanti , yang menurut saya adalah Wiranto , karena antara Amien dan Wiranto memang sudah kenal lama dan tidak pernah ada masalah .

Tapi menurut saya, ketika sowan, Jokowi tak perlu melibatkan siapa pun. Cukuplah Amien Rais dan Jokowi berbicara empat mata dalam pertemuan tertutup , kalaupun mengajak Wiranto pun sebenarnya juga tidak apa-apa supaya suasana lebih cair .

Jika pertemuan itu benar terjadi dan dilakukan di kediaman Amien Rais , saya harus jujur mengatakan Jokowi Hebat , karena tidak marah maupun dendam kepada rakyatnya yang sering melecehkannya secara verbal .

Dan setelah pertemuan, seandainya ada jumpa pers, biarkan Amien Rais yang berbicara. Presiden Jokowi cukup berdiri di samping Amien Rais, agak mundur sedikit untuk menghormati Tuan Rumah. Jokowi cukup manggut-manggut sambil sesekali tersenyum tulus setiap kali Amien Rais berbicara.

Sudah, gitu aja! Jokowi dan rombongan pulang setelah sebelumnya berjabat tangan dan berangkulan layaknya sahabat yang lama tak bertemu , kalau perlu cipika-cipiki , itupun  kalau Amien Rais mau.

Dan selanjutnya rakyat Indonesia akan menilai bahwa Jokowi memang hebat .
Dan memang seharusnya seperti itulah seorang pemimpin, tidak pernah membenci rakyatnya atau Lurah dengan warganya .

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s