Propolis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

image

M2000 – Jaman sekarang , nama Propolis sudah tidak asing lagi bagi dunia kesehatan .
Kasiatnya diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit bahkan yang berat sekalipun seperti menghambat virus HIV.

Sebelum kita membahas kasiat propolis , ada baiknya kita ketahui dulu apa itu propolis.
Propolis adalah zat yang berguna bagi lebah untuk merekatkan dan menambal sarang lebah yang bocor sehingga melindungi sarang dari gangguan luar (lem lebah).

Sebagai disinfektan alami yang digunakan lebah untuk mensterilkan sarangnya, menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri, virus, dan jamur.
Didalam propolis terkandung zat besi, vitamin B kompleks, pro vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam amino, mineral, dan bermacam bioflavonoid.

Bagi manusia, propolis lebah bisa dimanfaatkan untuk memberi perlindungan bagi tubuh, dimana produk ini dapat mengaktifkan kelenjar timus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh, menghalangi infeksi virus, jamur, dan parasit lainnya ke dalam tubuh.
Selain itu, fungsi bagi kesehatan kita adalah bersifat sebagai antiseptik, antibiotik, antijamur, antiradang, dan bermanfaat sebagai detoksifikasi.

Penelitian ilmiah membuktikan propolis efektif melawan bakteri patogen seperti Staphylococcus sp. (penyebab infeksi saluran kencing), Clostridium sp. (penyebab gangguan pencernaan), Corynebacterium diphtheriae (penyebab dipteri), Streptococcus sp. (penyebab infeksi tenggorokan dan sinus), Klebsiella pneumonia (penyebab pneumonia dan bronchitis), dan Pseudomonas sp. (penyebab infeksi pada luka).

Bahkan beberapa ilmuan dari amerika menemukan bahwa propolis dapat berguna untuk menghambat pertumbuhan virus HIV. Pada dasarnya manfaat propolis tidak jauh beda dengan produk lebah lainnya seperti madu, bee pollen dan royal jelly, yang membedakan adalah kekuatan efeknya pada tubuh manusia dapat berkali lipat jika dibandingkan dengan produk lebah lainnya. 

Dan ada kisah dimana propolis ini ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan patah tulang .
Kebetulan dulu admin punya kenalan yang berjualan propolis secara online . Nah pada saat itu dia kecelakaan dan menderita patah tulang .
Atas inisiatif keluarganya , setelah di rontgen dan ternyata tulangnya patah , dia dibawa ke pengobatan alternatif khusus tulang di daerah Sangkal Putung , orang Jawa Tengah , khususnya Solo dan sekitarnya pasti tahu daerah ini .

Ceritanya dia diobati disana dan pada saat tulangnya di betulkan sebelum di gips tradisional (pakai kulit pohon waru/randu) tangannya dioles pakai propolis seperti jualan online nya .
Dia pun bertanya kepada tabibnya , ” pak obatnya pakai propolis ?”
” Kok mbak nya tahu ” kata tabibnya .
” Soalnya saya jualan propolis pak ” , kata teman saya .

Setelah kontrol sekali , yaitu setelah dua minggu gips dilepas , dioles lagi propolis sama tabibnya .
Dan hari-hari setelahnya , teman saya ini diolesin sendiri tangannya pakai propolis dan alhamdulillah sebulan sudah sembuh dan bisa beraktifitas lagi .
Oya , sebagai pengetahuan , tulang patah kalau sudah ditangani dalam jangka 1,5 bulan sudah bisa nyambung namun masih berupa tulang lunak . Untuk jadi tulang keras sempurna setidaknya butuh waktu 4-6 bulan , tergantung kondisi patahnya dan tentunya usia .
Usia muda atau dalam masa pertumbuhan tentu lebih cepat sembuh dibanding orang tua yang usianya diatas 50 tahun .

Semoga bermanfaat ,

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s