Benarkah Timor Leste Ingin Bergabung dengan Indonesia Gara-Gara Jokowi ?

image

M2000 – Seperti kita ketahui , Timor Leste yang dulunya bernama Timor Timur adalah negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia.
Kemudian, daerah ini memutuskan untuk mendirikan negara sendiri alias berpisah dengan Indonesia di era pemerintahan BJ Habibie dan memenangkan referendum .

Seperti kita ketahui juga , Timor Leste pada waktu itu adalah provinsi yang penuh tidak terjamah dan kurang perhatian dari pemerintah pusat dan juga adanya konflik perang saudara , sebagian memilih tetap bergabung dengan Indonesia , dan sebagian ingin memisahkan diri yang didukung oleh Australia dan Portugal .
Konon daerah ini menjadi rebutan karena adanya sumber daya alam yang melimpah .

Kini setelah 20 tahun merdeka dan menjadi negara sendiri , keadaan tidak kunjung membaik bahkan mulai tidak diperhatikan oleh Australia yang dulu bersekutu dengannya .Beredar kabar bahwa kekayaan alam yang dulu direbutkan itu ternyata tidak sesuai harapan . Artinya Timor Leste tidak menarik lagi bagi Australia .
Bisa dikatakan , Timor Leste menjadi negara paling terbelakang di kawasan Asia .

Beberapa waktu lalu , ramai diperbincangkan , bahwa Timor Leste berkeinginan untuk bergabung kembali dengan Indonesia. …Kok bisa ?

Presiden Jokowi pernah melakukan kunjungan di Timor Leste. Menariknya, Presiden Jokowi melakukan blusukan di sana layaknya di negaranya sendiri.
Hal tersebut membuat warga Timor Leste kagum dan takjub terhadap pemimpin Indonesia yang begitu ramah dan sederhana, seperti yang dilansir di tempo.co (18/06/18).

Konon, karena terkesan dengan kebaikan Presiden Jokowi, warga Timor Leste menyampaikan keinginannya untuk bergabung kembali dengan Indonesia. Bahkan dikabarkan, seorang tokoh besar, Xanana Gusmao juga pernah menyampaikan keinginannya untuk bergabung dengan Indonesia karena bisa mensejahterakan, seperti yang dilansir di tempo.co (18/06/18).

image
Salah satu sudut kota di Timor Leste ..masih lengang

Seperti yang sudah di uraikan diatas , keadaan Timor Leste setelah berpisah dengan Indonesia jauh tertinggal. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memulihkan keadaan adalah bergabung dengan negara yang kondisinya lebih baik daripada negara tersebut.
Namun, proses bergabungnya suatu negara dibutuhkan waktu panjang. Harus ada pertemuan dan pembicaraan panjang lebar antara negara dengan negara.

image
Salah satu pasar kota di Timor Leste

Benarkah Timor Leste ingin bergabung dengan Indonesia karena Jokowi ?

Ah…Mungkin saja mereka hanya iri dengan Papua yang kini di anak emaskan Jokowi …karena Papua dulu terabaikan seperti Timor Leste ..

Tapi setujukan anda , mantan saudara kita tersebut kembali ke pangkuan ibu pertiwi ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s