Habib Luthfi Menjelaskan Islam Nusantara

image

M2000 – Salah satu pondasi yang mempersatukan sebuah negara yang penduduknya mayoritas muslim adalah bersatunya ulama dan umaro , yaitu pemimpin umat dan pemerintah .

Salah satu ormas islam terbesar di negri ini adalah Nahdlatul Ulama (NU) .
Oleh NU pemahaman sebuah agama dibedakan setidaknya ada dua , yaitu syariah dan amaliyah .
Syariah sudah jelas bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits .
Untuk urusan amaliyah NU punya pegangan sendiri yang menyebutnya islam nusantara .

Sebenarnya .. Apa maksud islam Nusantara itu sendiri .
Adalah Habib Luthfi bin Yahya yang menjelaskan apa itu islam nusantara .

Yg dimaksud Islam Nusantara yaitu menjaga tradisi Islam Nusantara atau amaliyah Islam nusantara yg dibawa para wali songo, yang dibawa para habaib serta ulama-ulama pendahulu kita sperti tahlilan, rotiban, maulid nabi atau mauludan, ziarah kubur, haul, peringatan nisyfu sa’ban, perigatan nuzulul qur’an dan masih banyak lagi dan itu amaliyah ASWAJA (Ahlussunnah Waljama’ah) yang khas Indonesia atau khas Nusantara.

image

Jadi ada kelompok yang tidak suka bahkan benci terhadap amalan-amalan aswaja yang disebutkan tadi, lihat arab saudi. Dahulu arab saudi seperti Indonesia dipegang oleh ulama-ulama dan para habaib aswaja semua amaliyah di arab saudi sama persis dengan Indonesia ada rotiban, mauludan, tahlil, ziarah kubur, haul.

Namun lihat sekarang arab saudi berubah. Semua amalan-amalan aswaja dihilangkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang sekarang dikuasai wahhabi dan para habaib serta ulama aswaja di arab saudi sebagian dibunuh, maqom-maqom para wali Allah dihancurkan bahkan maqom Nabi saw juga sempat akan dibongkar untuk perluasan masjidil haram .

Alhamdulillah waktu itu NU mengirimkan ulamanya ke arab saudi untuk berdebat langsung.
Yang menolak dan melarang pembongkaran maqom nabi saw yang waktu itu disebut tim hijaz dan Islam Nusantara juga bertujuan melindungi serta menjaga maqom-maqom para wali Allah yang ada di Nusantara ini supaya tetap terjaga.
Jangan sampai seperti arab saudi dan negara-negara arab lainnya ,  maqom-maqom para wali Allah dihancurkan bahkan rumah nabi saw sekarang diarab saudi dihancurkan dan dijadikan toilet umum.
Oleh karena itu jangan berprasangka buruk bahkan sampai berani memvonis sesat, menyesatkan, murtad, kafir.

Jadi sudah jelas Islam Nusantara itu menjaga dan melindungi amaliyah-amaliyah aswaja atau tradisi-tradisi aswaja yang ada di Nusantara ini serta melindungi maqom-maqom para wali Allah di nusantara ini.

Semoga kita semua dibersihkan hatinya oleh Allah SWT yang maha berkasih sayang dan jangan ikut-ikutan mengkafir-kafirkan menyesat-sesatkan.

Hati-hati , yang tidak banyak diketahui masyarakat , bahwa ada kelompok yang sekarang ini gemar memfitnah , menganggap ajaran selain kelompoknya adalah sesat , bid’ah , dan gampang sekali melaknat orang yang bukan kelompoknya .

image

Mereka mulai menyebarkan gerakan anti budaya , kesenian tradisional , amalan para habib dan para ulama yang sebenarnya tidak bertentangan dengan ajaran islam seperti tahlilan , sholawatan , bahkan ziarah kubur pun mereka anggap menyembah kubur .

Ketika kebudayaan lokal sudah bisa dihilangkan dan kebudayaan Arab yang disamarkan sebagai Islam dapat berkuasa, maka orang-orang akan menjadi begitu fanatik buta bahkan fundamentalis dan tidak bisa lagi mengapresiasi agama lain dan budaya lokal. Lalu, bila kebudayaan Nusantara sudah sampai dianggap musyrik atau bid’ah, maka saat itulah NKRI akan bubar.

BACA :
Agenda tersembunyi memecah-belah NKRI

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s