Prabowo Akan Pindahkan Makam Pangeran Diponegoro Jika Jadi Presiden

image

M2000 – Apa yang dilakukan Prabowo kenapa selalu saja menjadi blunder , sebut saja pernyataan tentang Indonesia bubar 2030 , mark up LRT , dan terakhir yang juga viral adalah soal pemindahan makam Pangeran Diponegoro .

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ingin memindahkan makam sejumlah pahlawan jika nanti dirinya menjadi Presiden RI.
Sebab, kata Prabowo, masyarakat perlu mengetahui sejarah langsung perjuangan para pahlawan di daerah mereka masing-masing. Hal itu, kata Prabowo, juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

“Saya ingin sebetulnya mengembalikan, makamnya Pangeran Diponegoro ke rumahnya di Yogyakarta. Kita tahu arwahnya tak di situ lagi. Ini hanya simbol bahwa bangsa asing pernah menangkap, menjajah, perang lawan kita,” ujar Prabowo dalam acara Halal Bihalal di Universitas Bung Karno, Jakarta, Jumat (29/6/2018), dikutip dari Kompas.com.

image
Makam Pangeran Diponegoro di Makasar

Dari sisi agama Islam, rencana Prabowo memindahkan makam tergolong dalam kategori haram.
Dosen pascasarjana Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Idrus Masudi mengatakan, tidak bisa sembarangan memindahkan jasad dari satu makam ke makam lainnya. Bahkan, bila berpotensi merusak jasad tersebut sudah masuk dalam kategori haram.

“Para ulama sepakat tidak diperbolehkan menggali kubur selain tujuan yang disyariatkan agama seperti mengambil benda (harta) yang dikubur bersama mayat. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi: merusak anggota badan mayat hukumnya haram sebagaimana merusak badan orang yang masih hidup,” terang Idrus.

Idrus mengatakan, Islam sangat menghormati jenazah layaknya tubuh orang yang masih hidup. Karena itu, para ulama tidak menyarankan membongkar kubur bahkan memindahkan makam seseorang yang sudah meninggal bila tak ada keadaan darurat. Keadaan darurat disini misalnya komplek pemakaman akan dijadikan jalan raya atau dibangun fasilitas publik lainnya .

“Karena faktor kekhawatiran merusak tubuh mayat, para ulama mengharamkan menggali kuburan. Makanya hanya keadaan darurat yang diperbolehkan secara syar’i saja yang dibolehkan. Sedangkan jika hanya tujuan agar dekat keluarga atau masyarakat belum dianggap sebagai sesuatu yang dibolehkan,” sambungnya.

Idrus menjelaskan, pemindahan mayat dari makam ke makam lainnya harus memenuhi syarat keadaan darurat. Misalnya, makam itu terkena bencana atau untuk keperluan publik .
Atau misalnya jenazah tidak dikubur secara layak ( misalnya kasus pahlawan revolusi di lubang buaya ) .

Jadi memindahkan makam itu bukan soal mampu atau soal biaya saja , namun ada norma agama dan juga kepatutan di masyarakat yang harus diperhatikan .
Lagian hal ini juga harus disepakati ahli warisnya .
Kalau masalah biaya , pasti ahli waris para pahlawan ini juga mampu membiayai sendiri .

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s