Bukit Jokowi …Jejak Cinta Di Perbatasan Papua

image
Jejak cinta di perbatasan

M2000 —Sebagai presiden , Joko Widodo sudah menunjukkan sikap adil kepada warganya .
Sesuai dengan bunyi sila ke lima Pancasila ” Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia ” yang mana pada periode-periode presiden sebelumnya tanah Papua ditelantarkan , di era Jokowi , tanah yang punya kandungan emas terbesar kedua di dunia ini mulai mendapat sentuhannya .

Papua yang dulu tidak mempunyai jalan yang menembus hutan , gunung kini ada . Harga BBM satu harga pun diberlakukan untuk pertama kalinya dari yang seliter bisa 50-70 ribu kini nyaris semua daerah bisa sama .
Banyak yang mencibir kenapa jokowi membangun jalan disana , siapa yang mau lewat .Ini adalah pendapat yang konyol , tidak semua jalan itu peruntukannya hanya untuk sekedar lewat saja , tapi juga untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya . Dengan begitu distribusi pangan bisa tersalurkan dengan baik sehingga harga pangan bisa ditekan dan nyatanya berhasil di papua .

Ya , Papua selalu menyita ruang hati sepanjang kita memandangnya dengan nurani. Logatnya, anekdotnya, papeda, ikan, juga matoa, ubi, singkong, serta talasnya.
Kata orang , kau tidak akan bisa memahami bagaimana rasanya jatuh cinta pada Papua kalau hanya berada di kamar hotel yang membosankan. Atau duduk-duduk di café yang mulai menyebar di beberapa sudut Jayapura.

Pergilah ke pasar mama-mama. Itulah bukti pertama betapa kayanya tanah Papua seperti digambarkan Franky Sahilatua. Tanah yang kaya, surga kecil jatuh ke bumi. Betapa orang Papua harus berterima kasih pada Franky yang tiap kata dalam lagu “Aku Papua” sangat bernyawa. Siapa pun yang mendengarnya akan menitikkan air mata bangga, haru.

image

Dan jejak cinta itu rupanya juga ditorehkan juga di Bukit Jokowi. Dulu dikenal sebagai Bukit Skyline. Empat tahun lalu, ketika Jokowi ingin meninjau pembangunan infrastruktur di Jayapura, aparat memperbaiki bukit skyline yang gersang dan tidak tertata itu.
Ya , kalau di Samarinda di era Suharto di papua ada bukit Jokowi .

image

Wow… dari bukit itu terhampar Samudra Pasifik yang seolah-olah berhimpit-himpitan dengan Teluk Youtefa. Dari kejauhan dua plengkung seperti tangan saling berjabatan erat. Itulah jembatan Holtekam. Jembatan berwarna merah di latar belakang biru langit langsung membuat siapa pun berdecak kagum.

Di sisi sebelah kiri jembatan, seperti sebuah baja lurus yang dilempar begitu saja, ternyata adalah ring road yang akan menghubungkan Skyline dengan pantai Hamadi, tembus ke jembatan merah Holtekamp. Di kawasan Holtekamp ini pun sedang dibangun  PLTU.

image

Bila infrastruktur jalan dan jembatan selesai dibangun, dari Jayapura untuk mencapai perbatasan Indonesia-PNG di Skouw, cukup memakan waktu 30 menit. Sebelumnya bisa memakan waktu berjam-jam.
Jejak cinta di perbatasan. Kelak kawasan Holtekam akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Bukan hanya perdagangan tetapi juga pariwisata.

image
Jejak cinta dari perbatasan untuk Jokowi

Soal Bukit Jokowi yang menjadi titik pandang pembangunan infrastruktur itu pun tak bisa dilupakan. Masyarakat membuat bangunan menyerupai honai. Di situ pengunjung bisa duduk-duduk menikmati indahnya alam sambil minum air kelapa atau apa pun minuman yang disediakan para pedagang. 

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s