Ketika Mobil Sukarno Pemberian Raja Saudi di Bom , Siapa Yang Melakukan ?

image

Masshar2000.Com – Nama Sukarno mungkin tidak akan terlupakan selama negara Indonesia masih ada .
Ya , Sukarno memang fenomenal , pemimpin dari negara yang baru merdeka tapi disegani tokoh-tokoh dunia.

Siapa yang tidak mengenal Pahlawan Proklamator sekaligus Presiden Republik Indonesia yang pertama Ir. Soekarno atau biasa disebut dengan Bung Karno yang menjabat selama periode 1945-1966 dan juga presiden seumur hidup .

Beliau adalah seorang yang sangat berwibawa dan berkarisma serta bijaksana sehingga dapat membuat rakyat Indonesia sangat menjunjung tinggi beliau bukan hanya rakyat Indonesia saja namun seluruh dunia mengangkat topi untuk Bung Karno.

Dibalik dari hal tersebut, ternyata juga menimbulkan pihak-pihak yang tidak menyukai Bung Karno tersebut sehingga ingin menggulingkan kepemimpinan Ir. Soekarno tersebut dengan berbagai cara bahkan dengan menghilangkan nyawa beliau.

Berikut ini adalah salah satu percobaan pembunuhan yang ditujukan langsung pada Bung Karno :

Pada tanggal 30 November 1957, Presiden Soekarno datang ke Perguruan Cikini (Percik), tempat bersekolah putra-putrinya dalam rangka perayaan ulang tahun ke-15 Percik. Guntur dan Megawati adalah murid SD Yayasan Perguruan Cikini.
Bung Karno sempat meninjau berkeliling sekitar 25 menit, dan kemudian Granat tiba-tiba meledak di sekitar mobil ditengah pesta penyambutan presiden. Sembilan orang tewas, 100 orang terluka, termasuk pengawal presiden. Soekarno sendiri beserta putra-putrinya selamat.

Para pelakunya Juyuf Ismail, Saadon bin Mohammad, Tasrif bin Husein, dan Moh Tasin bin Abubakar berhasil dibekuk dan di hadapkan ke pengadilan militer. Mereka di jatuhi hukuman mati pada 28 April 1958. Pelaku merupakan perantauan dari Bima yang dituduh sebagai antek teror gerakan DI/TII.

Dan Tahukah anda , bahwa mobil tersebut adalah hadiah dari raja Saudi saat Sukarno berhaji dan digunakan pula selama berada di Saudi kala itu .

image

View this post on Instagram

. Mobil ini jadi saksi upaya pembunuhan Bung Karno di Cikini. . . Percobaan Pembunuhan terhadap Ir. Soekarno Siapa yang tidak mengenal Pahlawan Proklamator sekaligus Presiden Republik Indonesia yang pertama Ir. Soekarno atau biasa disebut dengan Bung Karno yang menjabat selama periode 1945-1966. Beliau adalah seorang yang sangat berwibawa dan berkarisma serta bijaksana sehingga dapat membuat rakyat Indonesia sangat menjunjung tinggi beliau bukan hanya rakyat Indonesia saja namun seluruh dunia mengangkat topi untuk Bung Karno. Dibalik dari hal tersebut, ternyata juga menimbulkan pihak-pihak yang tidak menyukai Bung Karno tersebut sehingga ingin menggulingkan kepemimpinan Ir. Soekarno tersebut dengan berbagai cara bahkan dengan menghilangkan nyawa beliau. Berikut ini adalah salah satu percobaan pembunuhan yang ditujukan langsung pada Bung Karno. . Yaitu Peristiwa Granat Cikini Pada tanggal 30 November 1957, Presiden Soekarno datang ke Perguruan Cikini (Percik), tempat bersekolah putra-putrinya dalam rangka perayaan ulang tahun ke-15 Percik. Guntur dan Megawati adalah murid SD Yayasan Perguruan Cikini. Bung Karno sempat meninjau berkeliling sekitar 25 menit, dan kemudian Granat tiba-tiba meledak di tengah pesta penyambutan presiden. Sembilan orang tewas, 100 orang terluka, termasuk pengawal presiden. Soekarno sendiri beserta putra-putrinya selamat. Para pelakunya Juyuf Ismail, Saadon bin Mohammad, Tasrif bin Husein, dan Moh Tasin bin Abubakar berhasil dibekuk dan di hadapkan ke pengadilan militer. Mereka di jatuhi hukuman mati pada 28 April 1958. Pelaku merupakan perantauan dari Bima yang dituduh sebagai antek teror gerakan DI/TII. Sumber: Nasinonaltempo dan opini.id. . @info.sejarah #infosejarah

A post shared by INFO.SEJARAH (@info.sejarah) on

Library : Nasinonaltempo dan opini.id. @info.sejarah

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s