Mengenal Eric Thohir Ketua Timses Jokowi Yang Tajir Melintir

image

Masshar2000.Com – Eric Thohir memang sedang naik daun saat ini .
Setelah sukses menjadi ketua INASGOC dalam menyelenggarakan Asian Games 2018 , nama Eric Thohir pun semakin mencuat karena saat ini dipercaya menjadi Ketua Timses Jokowi-Maaruf .

Sebelumnya orang hanya mengenal Eric Thohir sebagai pengusaha yang sudah membeli klub bola raksasa Intermilan .
Tapi kini semua mata tertuju padanya .
Untuk mengenal lebih dekat siapa Eric Thohir , M2000 akan memberikan informasi menarik tentang bung Eric ini ,

Nama Lengkap: Erick Thohir
Alias: Erick | Thohir
Profesi: Pengusaha
Agama: Islam
Tanggal Lahir : 30 Mei 1970
Tempat Lahir: Jakarta
Warga Negara : Indonesia
Pendidikan: Glendale University (Bachelor of Arts), Universitas Nasional California (Master of Business Administration)
Ayah: Teddy Thohir
Saudara: Boy Thohir, Rika

Erick Thohir lahir di Jakarta, Indonesia, 30 Mei 1970 adalah seorang pengusaha asal Indonesia, salah satu pendiri Mahaka Media dan pemilik klub sepak bola Italia Inter Milan (2013-2016) .
Erick adalah anak dari Teddy Thohir, salah satu pemilik grup Astra International bersama William Soeryadjaya. Saudaranya, Boy Thohir, adalah seorang bankir investasi. Ia juga memiliki kakak perempuan bernama Rika. Pada tahun 1993 Erick lulus dari program Master untuk Administrasi Bisnis (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat, sebelumnya ia memperoleh gelar sarjana di (Bachelor of Arts) diperoleh dari Glendale University.

Setelah kembali ke Indonesia, bersama Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana dan R. Harry Zulnardy, ia mendirikan Mahaka Group. Perusahaan yang dipimpinnya membeli Republika pada tahun 2001 saat berada di ambang kebangkrutan. Saat itu Ercick belum berpengalaman di bisnis media, ia mendapat bimbingan dari ayahnya serta Jakob Oetama dari Kompas dan Dahlan Iskan dari Jawa Pos. Erick menjadi Presiden Direktur PT Mahaka Media hingga 30 Juni 2008, ia kemudian menjabat sebagai komisioner sejak Juni 2010 hingga kini.

Selanjutnya , Mahaka Group membeli Harian Indonesia dan diterbitkan ulang dengan nama Sin Chew-Harian Indonesia dengan konten editorial dan pengelolaan dari Sin Chew Media Corporation Berhad yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia.
Media ini kemudian dikelola secara independen oleh PT Emas Dua Ribu, mitra perusahaan Mahaka Media.
Erick juga tercatat sebagai Ketua Komite Konten dan Industri Aplikasi untuk Kamar Dagang Industri (KADIN).

Hingga 2009, Grup Mahaka telah berkembang dan menguasai majalah a+, Parents Indonesia, dan Golf Digest. Sementara untuk bisnis media surat kabar: Sin Chew Indonesia dan Republika, Stasiun TV: JakTV, stasiun radio GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio.
Selain di bidang media Erick juga memiliki usaha dibidang periklanan, jual-beli tiket (raja tiket )serta desain situs web.
Ia juga pendiri organisasi amal “Darma Bakti Mahaka Foundation” dan “Dompet Dhuafa Republika” serta menjadi Presiden Direktur VIVA grup, dan Beyond Media.

Erick dikenal sebagai prang yang gemar olah raga bola basket, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERBASI periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Southeast Asian Basketball Association (SEABA) selama dua kali, yaitu periode 2006–2010 dan 2010–2014. Tahun 2012 Erick dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012. Tahun 2012, Thohir dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer, D.C. United Amerika .
Transaksi ini membuat dirinya dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki Tim Basket NBA setelah ia membeli saham dari Philadelphia 76ers.

Tahun 2013, Erick Thohir membuat gebrakan dengan membeli kepemilikan 70 Persen saham Klub Sepakbola asal Italia yaitu Inter Milan, dari pemilik sebelumnya, Massimo Moratti senilai senilai 350 juta euro atau setara Rp 5,3 triliun.

image

Erick Thohir lahir dari ayah yang pekerja keras. Ayahnya lah yang menjadi salah satu orang yang menguatkan sistem Astra Internasional hingga menjadi sangat kuat seperti saat ini. Meski ayahnya termasuk salah satu pengusaha yang disegani di Indonesia, tapi ayahnya tidaklah mewarisi asset langsung dari orang tuanya.
Sebelumnya Teddy ikut kepada salah satu pengusaha ternama Indonesia untuk sama-sama membangun bisnis yakni William Soeryadjaya. Pada William lah ayah Erick Thohir ini belajar banyak hal dan bersama-sama membangun bisnis multinasional.

Teddy Thohir memiliki teman seperjuangan yang merupakan salah satu dari dua murid William yang telah meraih kesuksesan yang sangat diperhitungkan yakni TP Rachmat yang juga masuk daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi forbes pada tahun 2012.
Pengusaha Sukses di Sekitar Erick Thohir

Kakak dari Erick Thohir sendiri, Garibaldi Thohir, adalah pengusaha yang sangat disegani di Indonesia. Pada tahun 2012 Garibaldi memiliki jumlah kekayaan yang telah memasukkannya dalam daftar orang terkaya di indonesia versi forbes. Garibaldi ini memiliki 15% saham di Adaro Energy dan saham besar di perusahaan keluarganya TNT Group.

TNT Group adalah perusahaan yang didirikan oleh Teddy Thohir, ayah Erick Thohir. Perusahaan keluarga Erick ini bergerak di bidang sumber daya alam (SDA), properti, otomotif, media, dan restoran.

Di bidang SDA TNT Group memiliki:
1. Adaro Energy Tbk (ADRO), perusahaan batubara terbesar keempat di dunia
2. PT Surya Eka Perkasa Tbk (ESSA), perusahaan gas milik swasta terbesar kedua di Indonesia

Di bidang properti TNT Group memiliki:
1. Taman Laguna
2. Cibubur Residence Permata Kranggan
3. Taman Arcadia Mediterania
4. Permata Arcadia Cimanggis, dan
5. Hotel Amaris Bogor

Di bidang otomotif TNT Group memiliki:
1. PT Wahanaartha Harsaka

Di bidang media TNT Group memiliki:
1. PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan
2. PT Visi Media Asia Tbk (VIVA), memiliki 4,19% melalui Thohir Media Partner

Di bidang restauran TNT Group memiliki:
1. Restoran Hanamasa
2. Pronto Restaurant, dan
3. Yakun Kaya Toast

Tahun 2013 ini, TNT Group mendapat predikat grup bisnis terbesar ke-35 dari 100 grup bisnis terbesar di Indonesia dalam Top 100 Groups versi Globe Asia.

Kiprah Erick Thohir di Dunia Media

Setelah kembali ke Indonesia Erick Thohir bersama temannya mendirikan Mahaka Group yang kemudian membeli Republika pada tahun 2001. Untuk mengelola bisnis media Erick berguru pada Jakob Oetama (Pemilik Kompas) dan Dahlan Iskan (Pemilik Jawa Pos).

Rekam jejak karir Erick Thohir di media

Presiden Direktur Mahaka Media 2001-2008
Direktur Utama TVone 2007-2010
Komisioner Mahaka Media 2010-sekarang
Direktur Utama Harian Republika 2010-sekarang
Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) periode 2010-2013

Media di bawah naungan Mahaka Media
Media Elektronik
* Radio Jak FM
* Radio Delta FM
* Gen FM
* FeMale Radio
* Radio Prambors
* Jak TV
* Alif TV

Media Cetak
* Majalah Golf Digest Indonesia
* Majalah Parents Indonesia
* Surat kabar Harian Republika

Kiprah Erick Thohir di Dunia Olahraga

Tahun 2013 nama Erick Thohir santer diberitakan terkait dengan manuvernya yang membeli mayoritas saham dari Club sepakbola kenamaan asal Italia. Dengan menggandeng kerabatnya Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo membeli 70% saham dari Inter Milan.

Dengan pembelian Inter Milan ini, berarti Erick Thohir telah memiliki 3 club olahraga dari luar negeri, diantaranya:

* Philadelphia 76ers, club basket NBA yang dimiliki Erick Thohir bersama rekannya Jason Levien
* DC United, club sepakbola yang berbasis di Amerika Serikat
* Inter Milan (Internazionale Milano), club sepakbola asal Italia

Kepemilikan Erick Thohir di klub bola basket dalam negeri:
* Satria Muda BritAma
* Indonesia Warriors

Iklan

One thought on “Mengenal Eric Thohir Ketua Timses Jokowi Yang Tajir Melintir”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s