Yusril dan Mahfud MD Sepakat Jokowi Tak Harus Mundur

image

Masshar2000.Com – Oposisi di masa pemerintahan Jokowi memang boleh dibilang yang terlucu dalam sejarah perpolitikan tanah air .
Bagaimana tidak , oposisi yang biasanya mengomentari kebijakan pemerintah , tapi saat ini mereka bukannya mengomentari kebijakan Jokowi , tapi malah nyinyir Jokowi naik motor , Jokowi nonton film dan hal-hal remeh lainnya .

Pun begitu , mereka yang katanya orang-orang pintar itu ternyata juga aneh-aneh permintaannya padahal undang-undangnya sudah jelas , misalnya soal petahana harus mundur atau cuti saat masa kampanye .
Terkait Dengan Pemilihan Presiden 2019 Banyak politisi oposisi dan pendukungnya yang meminta Presiden Jokowi mundur Dari Jabatannya, Terutama dari Kalangan Emak-Emak Yang Pernah datang Ke Gedung KPU Menuntut Jokowi Mundur Dari Jabatan Presiden. Dikarenakan Jokowi Menjadi Salah Satu Kandidat Pencalonan Tersebut, Mereka Khawatir Harta Negara Dibuat modal Kampanye.

Ya , banyaknya para politisi pendukung Prabowo Subianto meminta agar Presiden Jokowi cuti dari jabatannya yang menurutnya akan tidak berjalannya pemerintahan dan barang milik negara digunakan kepentingan kampanye , akhirnya memaksa Yusril untuk angkat bicara .
Ahli hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra melalui warta ekonomi , mengatakan Presiden Joko Widodo tidak memiliki kewajiban untuk cuti sepanjang masa kampanye saat menjadi calon presiden petahana. Hal itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Jokowi atau siapapun, demi kepentingan bangsa dan negara, tidak perlu berhenti atau cuti.

Dalam UU tersebut yang tidak mewajibkan capres petahana untuk cuti sudah benar dari kaca mata hukum tata negara. Sebab jika presiden diwajibkan cuti atau mundur, justru akan berdampak buruk pada stabilitas politik.
Ia mencontohkan, dampak buruk apabila presiden wajib mundur atau cuti.
Jika Presiden petahana berhenti setahun sebelum masa jabatannya berakhir, maka Wakil Presiden yang akan menggantikan sampai akhir masa jabatannya. Hal itu diperlukan Sidang Istimewa (SI) MPR untuk melantik Wapres menjadi Presiden. Namun bagaimana jika presiden dan wakil presiden sama-sama maju kembali dalam pilpres.

Yusril menilai akan terjadi kerawanan politik jika semua perumpamaan itu terjadi setiap lima tahun. Menurutnya, negara tidak boleh mengalami vakum kepemimpinan karena berpotensi menimbulkan keadaan kritis yang sulit diatasi. Banyaknya beredar di media sosial soal meme yang bertuliskan Jokowi mesti cuti atau mundur adalah hal yang menyesatkan.

Sebelas dua belas dengan pernyataan Yusril , Mahfud MD pun membuat pernyataan yang membungkam politisi oposisi dan pendukungnya yang menghendaki Jokowi mundur atau cuti saat masa kampanye .
Menurutnya, Presiden Jokowi tidak harus cuti atau mundur dari jabatannya lantaran mencalonkan diri lagi sebagai presiden. Semuanya telah diatur di Undang-Undang yang berlaku, seperti yang dilansir di tribunnews.com (10/09/18).

image

“Sejak dulu (zaman bu Mega, pak SBY dan sekarang) Presiden incumbent itu tidak harus mundur jika mencalonkan diri lagi. Mereka hanya harus cuti saat kampanye. Itu aturannya. Jadi yang begini tak perlu ditanyakan berulang-ulang, sudah jelas sekali,” kata Mahfud MD, seperti yang dilansir di tribunnews.com (10/09/18).

Dari pernyataan Mahfud MD, kita bisa menyimpulkan tiga perihal penting.
Pertama, Mahfud MD tidak setuju jika Presiden Jokowi cuti saat jadi capres (saat ini). Kedua, Mahfud MD tidak setuju jika Presiden Jokowi mundur dari jabatannya. Ketiga, Mahfud MD meminta Presiden Jokowi untuk mengambil cuti pada masa kampanye.

Bagaimana pendapat Anda ? …Maksud saya , komentar anda untuk politisi oposisi yang tidak tahu undang-undang itu ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s