Kronologi Penganiayaan Suporter Jack Mania , Puluhan Orang Ditangkap

image

Masshar2000.Com – Kabar duka kembali mewarnai dunia sepak bola tanah air .
Ternyata perang urat saraf suporter Persib dan The Jack Mania Persija terus berlanjut hingga kini .
Sepakbola yang harusnya bisa menjadi pemersatu anak bangsa , nyatanya malah menjadi pemecah belah generasi muda .

Seperti diberitakan , salah satu suporter persija harus meregang nyawa di sekitar stadion GBLA Bandung karena dianiaya puluhan bobotoh yang menjadi musuh bebuyutannya .
Entah mengapa kedua suporter ini selalu bermusuhan , siapa yang memulai , apa penyebabnya , yang jelas selalu saja ada penganiayaan kepada suporter dimana laga digelar .

Mengenai meninggalnya seorang suporter  Persija Jakarta yang bernama Haringga Sirla (23) , berikut kronologinya ,

Sebelum pengeroyokan itu menimpanya, Haringga Sirla sempat membagikan aktivitasnya melalui media sosial, Twitter dan Instagram.

image

Diketahui, Haringga yang berasal dari Jakarta Barat berangkat dari Ibu Kota menuju Bandung menaiki kereta api Argo Parahyangan sendirian untuk menonton laga Persib vs Persija Jakarta .
Hal itu diketahui dari unggahan Instagram Story Haringga.
Ia sempat mengajak seorang temannya, Hilmi, untuk bersama pergi ke Bandung. Tetapi Hilmi menolak ajakan tersebut karena alasan keamanan.

Kejadian nahas pun menimpa Haringga saat berada di sekitar GBLA. Bukannya menyaksikan tim pujaan, ia justru dikeroyok sejumlah orang.

Menurut penjelasan Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana Marzuki, Haringga bisa ketahuan gara-gara adanya sweeping dari bobotoh di sekitar stadion.

Saat sweeping itulah Haringga ketahuan dirinya tercatat sebagai warga Jakarta, dilihat dari KTP yang dibawanya.

Kejadian ini bermula ketika seorang pengendara (korban) melintas di depan Stadion GBLA dan ternyata dilakukan sweeping oleh anak-anak Bobotoh,” kata Yoris di Bandung, Senin (24/9/2018).

Saat razia, mereka mendapatkan ada satu orang diduga anggota The Jakmania (organisasi suporter Persija) yang memiliki KTP dari Jakarta,” tambahnya.

Yoris melanjutkan, setelah identitas Haringga diketahui, oknum bobotoh lantas melakukan penganiayaan secara brutal menggunakan helm, balok kayu, kaca piring, dan sebagainya.

Dalam video pengeroyokan terhadap Haringga yang beredar di media sosial, pria berperawakan tambun itu diseret dalam kondisi tak sadarkan diri, tubuhnya pun berlumuran darah.

Yoris mengatakan, Haringga kemudian tewas di lokasi kejadian.
Lingkaran hitam merupakan tempat Haringga tewas dikeroyok oknum suporter Persib Bandung. Darah masih terlihat di trotoar dan jalan tempat warga Cengkareng itu meregang nyawa.
Pasca-kejadian tersebut, Satreskim Polrestabes Bandung menangkap sepuluh orang pelaku yang diduga terlibat.

Dari 10 orang tersebut, delapan di antaranya ditetapkan sebagai tersangka.

image

Dari delapan orang pelaku, ada yang masih di bawah umur dan yang tertua berusia 40 tahun.
Pihak kepolisian masih akan memburu sisa pelaku yang terlibat pengeroyokan.

Tersangka dijerat Pasal 170 KHUP dan diancam pidana lebih dari tujuh tahun kurungan penjara.

Sementara dari keterangan saksi lain ditempat kejadian , sebelum pengeroyokan , Harianga sempat selfie didepan stadion GBLA dengan kartu anggota the Jack Mania , beberapa bobotoh yang melihat langsung berteriak dan mengejar Haringga .
Harianga yang ketakutan pun sempat lari dan meminta perlindungan kepada penjual bakso di lokasi GBLA .
Namun apa daya , dia diseret paksa , dipukul , diinjak dan parahnya pada lubang anusnya ditusuk benda tumpul seperti yang terlihat dalam video yang sudah viral .

Parahnya para bobotoh ini meneriakkan kalimat tauhid seperti layaknya kaum muslim yang hendak berjuang memerangi para kafirun munafikun .

Gubenur Jawa Barat yang sebelumnya memposting dirinya bahagia saat Persib mencetak gol pun terperanjat kaget bukan kepalang , karena ternyata diluar stadion ada kerusuhan yang mengakibatkan tewasnya salah seorang suporter .
Dalam akunnya , kang Emil mengungkapkan duka yang mendalam dan mengutuk keras tindakan tersebut , serta menghimbau agar kasus ini segera di selesaikan seadil-adilnya , kalau perlu tidak usah ama Liga sepakbola , karena nyawa lebih berharga dari sepakbola ..tegasnya .

image

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s