Diplomasi Rokok Ala Sukarno

image
Sukarno dan kolega - udud bareng

Masshar2000.Com – Pada suatu kesempatan , Bung Karno dan Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Khruchev dalam sebuah jamuan makan, bertukar api dan menyulut rokok, selepas makan.
Nyaris tak terkesan formal dan sesuai dengan protokoler jika menyaksikan pemandangan seperti ini.

Rokok menjadi simbol kedekatan, keakraban dan diplomasi. Berkat Soekarno, Indonesia menjadi salah satu pendiri negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Non-Blok. Soekarno pun tak begitu risau akan kegalauan blok Barat yang dipimpin Amerika kala itu .
Maka tak jadi soal jika Indonesia akan menjalin hubungan dengan blok manapun–ketika itu konstelasi politik dunia memang tengah berebut pengaruh atau Blok Barat dan Blok Timur.

Mesranya hubungan Indonesia Soviet inipun membuat Amerika terbakar cemburu.  Bahkan dalam sebuah kesempatan, Menlu AS (kala itu) John Foster menyampaikan kritik pedas terhadap Soekarno dengan mengatakan ; “Politik AS bersifat global, aliran netral adalah tidak bermoral”.

Dan dijawab oleh Soekarno dengan; “Sebagai sahabat yang bijaksana dan lebih tua, Amerika memberikan nasihat itu bisa. Akan tetapi jangan mencampuri urusan kami”.

image
Dulu belum ada iklan merokok membunuhmu

Kekhawatiran Amerika akhirnya semakin memuncak, ketika-pada akhirnya, Indonesia mendapatkan perlengkapan militernya dari blok Soviet.  Singkatnya, Indonesia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer yang cukup mencengankan. Kapal penjelajah kelas Sverdlov (KRI Irian) dan selusinan “Siluman Laut-Hiu Kencana” menjadi koleksi TNI. Bahkan kekuatan udara TNI pun tak kalah mengkhawatirkan negara tetangga semacam Australia.
Menyaksikan kekuatan yang sedemikian itu, Belanda akhirnya bersedia untuk membicarakan persoalan Irian ke meja perundingan. .

Library : matapadi

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s