Demonstrasi Adalah Bibit Khawarij Jaman Now

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

Masshar2000.Com – Kalau dirata-rata , mungkin setiap detik didunia ini ada demonstrasi entah apapun bentuk dan namanya .
Demonstrasi memang di perbolehkan dalam negara yang yang menganut demokrasi seperti Indonesia .

Demonstrasi atau demo atau menyatakan pendapat dimuka umum baik sendiri maupun bersama-sama memang diperbolehkan dan dilindungi undang-undang .
Tapi jangan salah , yang diperbolehkan adalah menyampaikan aspirasi secara damai , tidak melakukan ujaran kebencian , tidak mengganggu kepentingan umum , secara garis besar demo tidak boleh memecah belah persatuan bangsa .

Seorang tokoh orasi demo , dalam dunia aktivis mungkin dia dibanggakan, namun dalam pandangan Islam dia menghinakan.
Kenapa bisa begitu ?

Mari kita lihat Demonnstrasi dalam Pandangan Islam !

Pertama : Demonstrasi yang brutal maupun dengan cara damai telah terang-terangan menandakan keluar dari ketaatan pada penguasa. Melakukan pembangkangan dari ketaatan kepada penguasa adalah haram dengan kesepakatan para ulama.
Imam Nawawi rahimahullah berkata,

وَأَمَّا الْخُرُوج عَلَيْهِمْ وَقِتَالهمْ فَحَرَام بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِينَ ، وَإِنْ كَانُوا فَسَقَة ظَالِمِينَ.
.
Adapun keluar dari ketaatan pada penguasa dan menyerang penguasa, maka itu adalah haram berdasarkan ijma’ (kesepakatan) para ulama, walaupun penguasa tersebut adalah fasik lagi zholim” (Syarh Muslim, 12: 229).
.
Kedua: Demonstrasi adalah bentuk tidak taat pada penguasa, padahal taat kepada penguasa itu wajib meskipun ia zholim dan fasik.
Jikalau penguasa menaikkan BBM dan itu menyengsarakan rakyat banyak, maka kita tetap wajib taat pada mereka karena ada kemaslahatan yang besar di balik ketaatan tersebut.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَكُونُ بَعْدِى أَئِمَّةٌ لاَ يَهْتَدُونَ بِهُدَاىَ وَلاَ يَسْتَنُّونَ بِسُنَّتِى وَسَيَقُومُ فِيهِمْ رِجَالٌ قُلُوبُهُمْ قُلُوبُ الشَّيَاطِينِ فِى جُثْمَانِ إِنْسٍ ». قَالَ قُلْتُ كَيْفَ أَصْنَعُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ قَالَ « تَسْمَعُ وَتُطِيعُ لِلأَمِيرِ وَإِنْ ضُرِبَ ظَهْرُكَ وَأُخِذَ مَالُكَ فَاسْمَعْ وَأَطِعْ ».

Nanti setelah aku akan ada seorang pemimpin yang tidak mendapat petunjukku (dalam ilmu, pen) dan tidak pula melaksanakan sunnahku (dalam amal, pen). Nanti akan ada di tengah-tengah mereka orang-orang yang hatinya adalah hati setan, namun jasadnya adalah jasad manusia.“ Aku berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang harus aku lakukan jika aku menemui zaman seperti itu?” Beliau bersabda, ”Dengarlah dan ta’at kepada pemimpinmu, walaupun mereka menyiksa punggungmu dan mengambil hartamu. Tetaplah mendengar dan ta’at kepada mereka” (HR. Muslim no. 1847).

Tentu anda berpikir sekarang , apa kaitannya demonstrasi dengan khawarij .
Memang tidak sepenuhnya pendemo adalah pengikut paham khawarij .
Tapi setidaknya ciri-ciri khawarij dari dulu sampai sekarang adalah sama yaitu suka menentang pemerintah yang sah .
Seorang khawarij pasti tidak mau disebut khawarij , seperti halnya pencuri tidak mau disebut pencuri .

Sudah disebutkan diatas bahwa , menentang pemerintah adalah tidak dianjurkan atau dilarang , selagi pemerintah tidak menghalang-halangi rakyatnya untuk beribadah atau jika pemimpinnya memerintahkan rakyatnya untuk bermaksiat .

Jika ada yang melanggar larangan tersebut , apalagi demonya malah menyebut nama Allah kemudian menghujat pemimpinnya lha ini dalil mana yang dipakai .

Ingatlah sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib yang ditentang rakyatnya sendiri dibawah pimpinan Ibnu Muljam .
Bahkan Ibnu Muljam sendiri yang menebas kepala khalifah Ali . Dan perlu anda ketahui Ibnu Muljam adalah ahli ibadah  , hafidz Qur’an yang dijaman khalifah Umar bin Khatab pernah ditugaskan untuk berdakwah mengajarkan Al-Qur’an disuatu wilayah kekuasaan waktu itu .

Dan tahukah anda , bahwa menentangnya Ibnu Muljam kepada Khalifah Ali karena menurutnya Ali tidak mematuhi hukum Allah .
Inilah cikal bakal khawarij yang ada sekarang ini .
Anda bisa membaca buku tentang khawarij atau googling tentang khawarij atau Ibnu Muljam di situs-situs yang anda percayai .
Atau bisa juga anda mencarinya di situs ini dikolom pencarian dengan menyebut kata kunci ” khawarij ” atau ” ibnu muljam ” .

Jadi apakah salah jika kemudian saya menyebut bahwa pendemo adalah bibit-bibit khawarij .

Insya Allah di artikel berikutnya akan kita bahas ciri-ciri khawarij dengan lebih detail .

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum …

Library : rumaysho.com , @sunnahreminders.id

Iklan

One thought on “Demonstrasi Adalah Bibit Khawarij Jaman Now”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s